Pengertian Surat Dinas Adalah: Manfaat| Ciri Surat Dinas & Syarat-Syaratnya

Pengertian Surat Dinas Adalah: Manfaat , Ciri Surat Dinas & Syarat-Syaratnya - Sebagai sarana komunikasi tak eksklusif , maka yang fungsi paling utama yaitu surat harus sanggup dipahami dengan gampang dan benar oleh pembaca.

Menyusun surat yang baik yaitu surat yang sanggup mediator wakil pengirim dan sanggup dipahami oleh peserta mirip apa Maksudkan pengirim surat.

Sehingga perlunya , untuk mengetahui ciri , syarat dan format penulisan surat. Alangkah baiknya dan memang semestinya ditulis dalam bentuk dan isi dengan bentuk-bentuk yang menarik.

Selain itu , Agar sanggup dengan gampang membacanya , surat harus disusun seCaranya sistematis sesuai berdasarkan aturan/format atau sistematika yang berlaku dalam penyusunan suatu surat.

Maka dari itu , pengonsep surat hendaknya memiliki pengetahuan dasar terkait surat-menyurat , memahami mekanisme surat menyurat , dan memiliki suatu keterampilan teknik penyusunan surat.

Yang perlu diketahui gotong royong bahwa dalam menyusun surat , tidak terlalu panjang dan bertele-tele yang sanggup menciptakan pembaca jenuh.

Oleh alasannya yaitu itu , pengonsep surat memelurkan memahamai dan mendalami prinsip-prinsip dasar terkait komposisi/bagian-bagian surat dan bisa menerapkannya dengan sebaik-baiknya.

Terlebih lagi yang dinamakan dengan surat resmi. Pengertian surat resmi yaitu surat yang berisi problem kedinasan atau bisnis tertentu.

Dalam pembuatan surat-surat resmi yaitu sesuatu hal yang penting dari pekerjaan administratif yang penting.

Contoh-contoh surat resmi yaitu surat undangan , surat edaran , surat keputusan , surat kiprah , nota dinas , pengumuman , dan surat panggilan.

Sejalan dengan hal itu , kali ini penulis bakal membahas mengenai surat dinas. Apa sih Maksud dengan surat dinas itu?

Pengertian Surat Dinas: Apa itu?

Sebelum membahas mengenai definisi surat dinas. Pertama-tama , apa sih Makna dari surat. Pengertian surat yaitu suatu alat komnikasi tertulis untuk mengirimkan pesan baik untuk sesorang , oraganisai/lemabaga kepada seseorang , organisai , atau lemabaga lain atau instansi.

Sedangkan berdasarkan para mahir dalam hal ini Mustofa. Menurut Mustofa (2003:65) bahwa Maksud dengan definisi Surat yaitu suatu sarana komunikasi yang dipakai oleh suatu pihak untuk memberikan informasi tertulis kepada pihak lain.

Ketika surat ditujukan yang menyangkut mengenai kepentingan kiprah atau dinas , surat tersebut dikenal dan dinamakan dengan "surat dinas". Apa sih Maksud dengan surat dinas itu?

Pengertian Surat Dinas - SeCaranya umum , pengertian surat dinas adalah alat komunikasi kedinasan dalam manajemen untuk memberikan gosip berupa pemberitahuan , klarifikasi , ajakan , pernyataan , dan lain-lain seCaranya terulis antara instansi atau instansi kepada perseorangan.

Berdasarkan dari pengertian dan klarifikasi diatas , maka sanggup disimpulkan bahwa Maksud dengan surat dinas merupakan sarana komunikasi tertulis yang berisi problem kedinasan , baik yang berupa pemberitahuan , klarifikasi , ajakan , penyataan , maupun penugasan , dari instansi yang satu ke instansi yang lain atau dari instansi tertentu kepada perseorangan.

Sedangkan pengertian surat dinas berdasarkan para mahir dalam hal ini Soedjito dan Solchan dan Mustakim.

Menurut Soedjito dan Solchan (1994:14) bahwa pengertian Surat dinas yaitu surat yang dikirimkan oleh kantor pemerintah atau swasta kepada kantor pemerintah atau swasta dan sebaliknya.

Menurut Mustakim (1994: 163:642) bahwa pengertian surat dinas yaitu alat komunikasi tertulis yang menyangkut kepentingan kiprah dan aCaranya dinas instansi.

Menurut Badudu (1986:92) yang menjelaskan mengenai sistematika terhadap bagian-bagian surat dinas dalam hal ini yaitu bahasa surat dinas.

Menurutnya bahwa bahasa surat dinas yaitu bahasa yang dipakai dalam surat , khususnya bahasa dalam penggalan inti surat.

Dalam tata trik menciptakan surat , perlu diperhatikan bahasa yang digunakan. Menggunakan bahasa dalam surat dinas harus tunduk kepada semua aturan , sistematik atau format yang berlaku , baik seCaranya struktur kata dan kalimat maupun dalam penggunaan gejala baca , pemakaian alinea atau paragraf , dan lain-lain.

Selain itu , surat dinas dalam strukturnya harus Menggunakan bahasa bahasa baku. Hal itu segimana yang diungkapkan oleh Soedjito dan Solchan.

Menurut klarifikasi Soedjito dan Solchan (1999:30) bahwa yang dimaksud dengan bahasa baku adalah bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baik ihwal ejaan , pemilihan kata , maupun kalimatnya.

Bahasa yang dipakai dalam bahasa surat merupakan bahasa yang efektif. Maksudnya ialah sederhana , ringkas , terang , sopan , dan menarik.

Manfaat Surat Dinas

Bagi beberapa kalangan , kiprah surat dinas tentu merupakan hal yang biasa. Akan tetapi , dengan berjalannya suatu fungsi instansi atau kedinasan terutama dalam pemerintahan yang baik , surat dinas mengambil posisi yang teramat strategis.

Sebab , kedinasan atau instansi membutuhkan suatu jalinan kolaborasi yang baik dan sanggup dipercaya.
Mendapatkan hal itu , dibutuhkan instrument atau alat sebagai fungsi untuk mengirimkan maksud dan tujuan yang diikat.

Hal yang mengikat itulah , maka fungsi surat dinas hadir ditengah-tengah menyerupai sebagai jembatan yang menghubungkan satu dengan yang lainnya.

Ketika jembatan atau surat dinas itu , tidak terang dan bahkan tidak memenuhi kriteria serta pesan tidak sanggup tersampaikan.

Maka jalinan kolaborasi atau sinyal jalinan kolaborasi baik dikirimkan kepada perorangan atau ke instansi terlebih lagi kepada perusahaan tidak sanggup tercapai.

Melihat peranan surat dinas yang mengisi jalannya pemerintahan atau suatu kedudukan , surat dinas memiliki fungsi yang begitu besar. Adapun macam-macam fungsi surat dinas yaitu:
  1. Wakil pribadi , instansi , atau forum pengirim surat.
  2. Surat dinas bertujuan sebagai sarana komunikasi yang lain , surat juga memiliki kelebihan.
  3. Surat dinas berfungsi sebagai bukti tertulis yang sah seCaranya hukum.
  4. Surat dinas berfungsi sebagai dasar atau anutan untuk menjalan dan melaksanakan sesuatu , contohnya yaitu surat kiprah ataupun surat keputusan.
  5. Dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.
  6. Dapat menghindari kesalahpahaman.
  7. Surat dinas berperan sebagai sebagai alat yang mengingatkan setiap pihak terkait yang diarsipkan dan sanggup ditinjau atau dilihat kembali saat dibutuhkan.
  8. Surat dinas memiliki manfaat sebagai dokumen historis yang memiliki nilai kesejarahan.
  9. Surat dinas memiliki biaya relatif murah.
  10. Surat dinas berfungsi sebagai sebagai alat atau instrument bukti tertulis yang otentik dan yang pastinya memiliki kekuatan aturan yang mengikat , rujukan dalam hal ini yaitu surat perjanjian.
  11. Dapat menjangkau kawasan yang luas.

Ciri-Ciri Surat Dinas

Dalam menjalakan fungsi surat dinas segimana diatas tadi dan menselaraskan dengan definisi surat dinas , maka dibutuhkan peranan pengirim yang mengetahui karakteristik dalam surat dinas.

Apabila hal itu tidak diketahui segimana dalam pengantar dalam informasi ini , maka fungsi surat sebagai alat komunikasi tidak sanggup tercapai. Hal itu sanggup diketahui saat pengirim atau pembuat surat dinas mengetahui dan memahami ciri-ciri surat dinas.

Ciri-ciri dalam menciptakan surat dinas dan sebagai instrument atau alat untuk mengindetifikasi jenis tersebut yaitu surat dinas.

Selain itu , dengan mengetahui ciri-ciri surat dinas sanggup berfungsi dan bermanfaat dalam membedakan jenis surat lainnya adalah. Adapun ciri-ciri surat dinas yaitu:
  1. Ciri yang pertama yaitu Menggunakan instrument yang sesuai , contohnya ukuran , jenis , dan warna kertas , warna tinta , serta bentuk goresan pena (ketika Menggunakan mesin ketik atau computer).
  2. Warna kertas untuk surat dinas Yang Biasanya Menggunakan warna putih.
  3. Menggunakan bentuk surat yang standar.
  4. Hal yang paling penting yaitu ciri surat dinas dengan bahasa Indonesia baku yang disampaikan dengan singkat , lugas , terang , dan santun , serta tidak lupa untuk memberikan fakta yang benar saat dibutuhkan.
  5. Menghindari kata-kata dan abreviasi yang tidak umum contohnya surat disingkat sr , penting disingkat pt , dan lain-lain.
  6. Memperhatikan kerapihan dan kebersihan.
Selain bahasa dan ciri-ciri yang memilih sebagai sesuatu hal yang membedakan surat dinas dengan yang lainnya. Terdapat faktor penting diantaranya yaitu format surat dinas.

Menurut Mustakim (1994:167) bahwa Maksud dengan Format surat Maksud di sini yaitu bentuk dan ukuran serta tata letak atau posisi bagian-bagian surat , mirip penempatan tanggal , alamat surat , salam pembuka , dan salam penutup.

Setiap surat terdiri atas beberapa penggalan surat. Tiap penggalan surat itu memiliki peranan tertentu yang perlu diketahui si pembuat surat.

Faktor penting yang membedakan surat pribadi seCaranya umum dengan surat dinas yaitu surat pribadi hanya memberikan sesuatu yang dianggap penting saja.

Berbeda dengan surat dinas , surat dinas dala hal ini memberikan isi surat itu lebih lengkap.

Hal ini sejalan dengan pendapat atau gagasan Finoza (2002: 110). Menurut Finoza bahwa yang menjelaskan bahwa surat dinas harus memiliki format atau bagian-bagian surat yang lengkap.

Maksud dari finoza dalam hal ini yaitu struktur/sistematika atau format yang biasa dalam surat dinas contohnya bagian-bagian surat dinas yaitu (1) kepala surat , (2) pembuka surat , (3) isi surat , dan (4) penutup.

Syarat-Syarat Surat Dinas

Surat resmi atau surat dinas merupakan surat yang dibentuk seCaranya resmi oleh seseorang , perusahaan , atau forum untuk kepentingan dinas.

Sehingga sangat penting untuk diperhatikan bagi semua orang yang berkerja dalam surat menyurat atau penggalan pengarsipan dalam instansi pemerintahan atau perusahaan. 

Hal itu yaitu syarat-syarat surat dinas. SeCaranya umum , syarat-syarat surat dinas yaitu: 
  1. Syarat Surat  dinas harus disusun dengan teknis penyusunan surat yang benar , yaitu penyusunan letak bagian-bagian surat , pengetikan yang benar , terang , higienis , dan rapi , pemakaian kertas yang sesuai.
  2. Syarat surat dinas dalam hal ini Isi surat harus dinyatakan seCaranya ringkas , terang , dan eksplisit. Dengan trik ini peserta surat bakal memahami isi surat dengan sempurna dan tidak ragu-ragu , dan pengirim surat mendapat tanggapan seCaranya sempurna , mirip yang dikehendaki.
  3. Syarat surat dinas dalam hal ini yaitu Bahasa yang dipakai hendaklah bahasa yang benar dan baku sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Bahasa surat resmi haruslah logis , masuk akal , ekonomis , cermat , sopan , dan menarik.
  4. Selain ketiga hal di atas itu sebagai syarat surat dinas , terdapat syarat surat dinas lain yang harus dipenuhi dalam menyusun surat yang baik ialah memahami kedudukan problem yang dikemukakan; memahami peraturan-peraturan yang terkait dengan problem itu; mengetahui posisi dan bidang tugasnya; hal-hal yang terkait dengan ketatausahaan.
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Surat Dinas Adalah: Manfaat , Ciri Surat Dinas & Syarat-Syaratnya. Semoga informasi ini sanggup bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

Advertisement

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Surat Dinas Adalah: Manfaat| Ciri Surat Dinas & Syarat-Syaratnya"

Post a Comment