Caranya Membuat Kopi Menggunakan Metode V60





'Mas kok bikin kopi nya pake gelas?'

'Ini namanya V60 , alat untuk bikin kopi' saya jawab kaya gitu.

Pernah ada saudara saya nanya kaya gitu ke saya ketika melihat saya sedang menyeduh kopi.

Memang ga semua orang kenal alat ini , tapi alat yang ibarat kaya gelas ini yaitu Keliru satu alasan terciptanya kopi yang enak.

V60 yaitu sebuah benda berbentuk kerucut yeng terbuat dari keramik (ada juga yang terbuat dari plastik) dan memiliki lubang kecil di penggalan bawah. Lubang itu tujuannya Agar bubuk kopi beserta air yang sobat tuang mampu meresap dan menetes ke bawah , di mana sobat bakal menerima hasil seduhannya.

Alat ini dibuat oleh sebuah perusahaan bernama hario dan sangat populer di kalangan barista profesional dan amatir.

Rahasia menyeduh kopi dengan v60 bekerjsama ga susah sih , cukup dengan teknik yang diaplikasikan ketika menuangkan air panas ke dalam V60 saja. Tapi , Sobat sekalian gabisa hanya menuang semua air dan diAgarkan menetes begitu saja.

Hasilnya ga bakalan enak!

Teknik yang disarankan yaitu dengan menuangkan air seCaranya perlahan dalam gerakan melingkar di sekitar bubuk kopi pada penggalan atas v60.

Hario juga menjual ketel terpisah yang disebut ketel buono yang memiliki verbal ramping yang panjang untuk mengontrol arah penuangan air dalam gerakan melingkar menjadi lebih mudah.

Setelah air panas disiram keatas bubuk kopi , maka tinggal waktunya sobat untuk menunggu sampai tetesan air berakhir.

Mirip dengan metode membuat kopi dengan Chemex , Sobat harus melakukan "blooming" untuk menerima kualitas rasa kopi yang nikmat. Trik untuk melakukan blooming yaitu menyiram air panas seCaranya merata pada bubuk kopi.

Bahkan ketika blooming sudah terjadi , Sobat harus menuangkan air panas dengan perlahan dalam teladan melingkarmsaat menambahkan air panas ke dalam v60.

Ada satu rahasia lagi nih sob , waktu yang dibutuhkan dalam proses blooming yaitu 30-45 detik , jadi jangan lupa untuk bawa stopwatch!

Alat-alat yang dibutuhkan:
  • V60 Hario Dripper
  • Kertas Penyaring
  • Ketel/Teko Leher Angsa
  • Penggiling Kopi
  • Timer
  • Timbangan Digital


Instruksi Penyeduhan dengan V60:
  1. Selalu pastikan bahwa alat dan air yang digunakan selalu bersih.

  2. Rebus air mencapai suhu 95 derajat celcius , jangan lupa untuk melebihkan air rebusan alasannya bakal digunakan untuk membasahi kertas penyaring.

  3. Giling biji kopi sebanyak 24 gram.

  4. Letakkan v60 diatas gelas atau teko (untuk menampung hasil seduhan).

  5. Taruh kertas penyaring diatas v60 , setelah itu siram dengan air panas ke seluruh permukaan kertas. langkah ini dibutuhkan Agar tidak ada kedaluwarsa kertas yang menempel pada seduhan kopi.

  6. Letakkan diatas timbangan , dan jangan lupa untuk mengatur timbangan diangka 0.

  7. Tambahkan kopi yang sudah digiling kedalam v60 , ratakan bubuk kopi dengan trik digoyang perlahan.

  8. Tuangkan air panas seCaranya lembut dan perlahan keatas bubuk kopi , tujuannya yaitu Blooming , tuangkan secukupnya sampai air merata diatas bubuk kopi dan tunggu selama 30- 40 detik.

  9. Lanjutkan dengan siraman air panas dengan gerakan melingkar , usahakan jangan terkena paper filter. langkah ini dilakukan sekitar 2 menit 30 detik sampai 3 menit

  10. Ketika mencapai berat timbangan yang diinginkan , maka angkat v60 dan tuangkan kopi ke dalam gelas yang telah anda siapkan.

  11. Selamat menikmati kopimu sob!



Yaa kurang lebih langkahnya ibarat digambar ini (yg bentuk kopi nya menggelembung itu disebut proses blooming).

Hasil yang diharapkan yaitu rasa yang seimbang dengan keharuman dan ciri khas masing-masing kopi yang menonjol , metode ini banyak dipilih oleh para barista alasannya mampu menyajikan kopi yang nikmat dan tidak berlumpur dengan ampas kopi dikarnakan penggunaan kertas penyaring.

Sekian trik membuat kopi dengan Menggunakan metode v60 , ingat kuncinya jangan langsung mengalah , berguru dan terus belajar.

Emang butuh latihan kok sob untuk menyelaraskan hasil gilingan yang pas , suhu yang pas bahkan waktu seduh yang pas!

Intinya seduh terus aja sob!

Sampai ketemu lagi di metode seduh berikutnya.

Saran:
  • Gunakan rasio 1:15 , yaitu 1 gram kopi untuk 15 gram air. jadi Jika sobat Menggunakan 24 gram kopi maka jangan lupa untuk menambahkan air sekitar 360 gram
  • Selalu gunakan kopi yang segar untuk hasil yang terbaik , diutamakan kopi yang berusia 4 hari setelah proses pemanggangan (roasting)
  • tingkat kekasaran untuk gilingan kopi yaitu medium to fine

Sumber http://sobatkopi.blogspot.com/
Advertisement

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Caranya Membuat Kopi Menggunakan Metode V60"

Post a Comment