Waktu Sholat Dhuha


Sholat dhuha yaitu sholat sunnah bagi orang islam yang dikerjakan pada waktu dhuha , yakni pada awal dari waktu siang hari. Akan tetapi ada saja masyarakat yang selalu menanyakan berapa waktu yang pasti untuk mengerjakannya.

Dalam hal ini terjadi perbedaan pendapat dari para kalangan ulama mengenai tepatnya waktu memulai sholat dhuha. Sebagian para ulama Syafi’iyah berpendapat bahwa waktu mulai sholat dhuha yaitu tepat Setelah terbitnya matahari.

Namun pada hal ini sebaiknya anda dianjurkan untuk menundanya sekiranya sampai matahari setinggi tombak. Pendapat ini diriwayatkan oleh An Nawawi yang termuat dalam kitab Ar-Raudhah.

Berbeda lagi dengan sebagian ulama syafi’iyah lainnya yaitu yang ditegaskan kembali oleh Ar Rofi’i dan Ibn Rif’ah yang memiliki pendapat bahwa sholat Dhuha mampu dimulai saat matahari sudah berkisar setinggi kurang lebih satu tombak.

Jika anda bertanya-tanya mengenai berapa waktu satu tombak itu , maka pendapat Imam Al-Albani menjelaskan bahwa ukuran satu tombak yakni memiliki ukuran dua meter menurut standar ukuran pada zaman sekarang (Mausu’ah Fiqhiyah Muyassarah , 2/167).

Bahkan ada sebagian dari ulama juga menjelaskan , bahwa ukuran posisi satu tombak jika diukur dengan ketepan waktu maka bakal menghasilkan kurang dari 15 menit Setelah matahari terbit.

Mengenai untuk menentukan batas final untuk waktu sholat dhuha yaitu sebelum waktu memasuki larangan shalat , tepatnya saat ketika bayangan tepat berada persis di atas benda atau sejajar pas titengah-tengah.

Jika anda ingin mencoba menentukan batas final untuk waktu dhuha , maka anda mampu perhatikan bayangan benda dari sinar matahari. Selama bayangan sinar matahari pada benda masih condong ke arah barat , berMakna masih ada waktu kesempatan untuk melakukan sholat dhuha.

Akan tetapi saat bayangan sinar matahari pada benda tegak lurus dengan bendanya , tidak ada bayangan yang condong ke barat atau bahkan ke timur , maka waktu untuk melakukan sholat dhuha telah habis.

Hal tersebut alasannya yaitu matahari telah berada persis di atas benda seCaranya sejajar. Dalam hal ini ada sebagian yang berpendapat bahwa batas final untuk melakukan sholat dhuha yaitu kurang lebih dari 15 menit sebelum memasuki waktu dzuhur.


Sumber https://www.situsislami.net/
Advertisement

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waktu Sholat Dhuha"

Post a Comment