Uas Semester Lima Serpihan Kedua

Setelah empat mata kuliah (matkul) sudah di bahas di bagian pertama , waktunya kita melanjutkan matkul sisanya.

Akuntansi Keuangan Lanjutan

Seperti yang pernah kubilang di serpihan sebelumnya , sejak semester satu saya sudah dicecoki dengan pelajaran akuntansi mirip Pengantar Akuntansi dan Akuntansi Keuangan Menengah. Tentunya dengan teman-temannya. Tidak mirip matkul sebelumnya yang berpedoman pada buku Kieso , kali ini lebih berfokus pada PSAK.

Dosen mata kuliah ini berasal dari universitas lain. Beliau sangat keibuan , trik mengajarnya pun sangat terlihat begitu kalem. Keliru satu yang kusuka ialah di beberapa kali kesempatan ia mengakhiri kelas dengan memperlihatkan presentasi motivasi.

AKSK (Audit Keuangan Sektor Komersial)

Mata kuliah audit ialah matkul yang mengetes pemahamanmu mengenai berbagai mata kuliah di semester sebelumnya. Di sini bakal dipelajari asal muasal dari opini auditor (Wajar Tanpa Pengecualian , Wajar Dengan Pengecualian , Tidak Wajar , Disclaimer).

Materi satu semester dipadatkan di pertengahan sebelum semester , Setelah Ujian Tengah Semester (UTS) saya diajarkan trik menjadi auditor. Ada satu paket buku praktik audit yang berisi satu siklus audit. Sehabis UTS sampai pertemuan terakhir , setiap pertemuan diisi dengan presentasi masing-masing kelompok mengenai penyelesaian kasus dalam tahap-tahap audit.

PPnBM dan PTLL (Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Tidak Langsung Lainnya)

Sebagai anak perpajakan , tentunya mata kuliah pajak ialah pelajaran yang mesti saya pelajari dengan detail. Setelah belajar PPN pada semester sebelumnya , kali ini dilanjutkan dengan PPN khusus untuk barang glamor dan pungutan lain. Di matkul ini , selain belajar mengenai tarif dan barang-barang glamor , ada juga fasilitas-fasilitas PPN dan penjelasan mengenai Bea Materai.

Dosenku ialah Kaprodi D3 Pajak , trik mengajar ia cukup menarik. Penjelasan mengenai konsep yang dipaparkan dapat kutangkap dengan baik. Hal lain yang kusuka ialah pertunjukkan di pertemuan terakhir. Setelah mereview materi sebentar , sisa perkuliahan pertemuan terakhir ialah bersenang-senang. Mahasiswa menyuguhkan berbagai penampilan mirip menyanyi dan komedi. Sebelum menutup perkuliahan , ia juga memperlihatkan petuah mengenai jalan hidup ke depan , mengingat saya ialah mahasiswa tingkat akhir. Tinggal satu semester menuju finish.

OTK (Organisasi dan Tata Kerja)

Ini ialah mata kuliah terakhir semester ini. Matkul ini berbiCaranya mengenai instansi tempat saya bekerja , Kementerian Keuangan. Melalui OTK , saya jadi tau struktur organisasi yang sekarang dibawahi Ibu Sri Mulyani. Masalah mengenai ASN juga seCaranya umum dipelajari di sini.

Keliru satu peran di matkul ini ialah Studi Lapangan ke kantor-kantor yang berada di bawah Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Ada yang pergi ke Kantor Pusat DJP , Kantor Wilayah (Kanwil) , dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Aku dan sahabat kelompok ditugaskan ke KPP Gambir Tiga. Tugas ini menjadi landasan dikala saya pada awal semester enam nanti bakal menjalani (Praktek Kerja Lapangan) , lantaran ialah di sini saya terjun langsung melihat pekerjaan di tempat saya nanti PKL.

Alhamdulillah , delapan matkul pada semester ini telah kulewati. Maknanya saya sudah merampungkan lima semester di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Waktu yang tidak sebentar , sudah banyak hal yang kulewati. Tinggal satu semester lagi untuk berjuang menghadapi berbagai tantangan di sini.

Mata kuliah semester enam bahu-membahu hanya ada empat , ialah Lab. PPN , Pemeriksaan Pajak , Analisis Laporan Keuangan , dan Bahasa Indonesia. Tapi ada komplemen peran simpulan yang bernama KTTA (Karya Tulis Tugas Akhir) dan juga PKL sebelum nanti masuk. Doakan saya dapat terus bertahan sampai Wisuda ya!
Sumber http://www.coretanrifqi.com/
Advertisement

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Uas Semester Lima Serpihan Kedua"

Post a Comment