Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan [Pkb] Guru

Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan [PKB]. Perubahan kegiatan pemerintah yang terdahulu 'Guru Pembelajar' menjadi 'Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan [PKB]' akan dilaksanakan.

Perubahan ini bersama-sama bukan tidak mendasar, lantaran dengan melihat apa yang disampaikan pada latar belakang buku Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru dikeluarkan pada tahun 2010 oleh Kementerian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, disampaikan bahwa:

Sejatinya, guru yaitu bab integral dari organisasi pendidikan di sekolah secara menyeluruh. Agar sebuah organisasi termasuk organisasi pendidikan di sekolah bisa menghadapi perubahan dan ketidakpastian yang menjadi ciri kehidupan modern, Peter Senge [2000] mengingatkan perlunya menyebarkan sekolah sebagai sebuah organisasi pembelajar.

Di antara abjad utama organisasi pembelajar yaitu senantiasa mencermati perubahan internal dan eksternal yang diikuti dengan upaya adaptasi diri dalam rangka mempertahankan eksistensinya. Syarat mutlak terciptanya organisasi pembelajar yaitu terwujudnya masyarakat pembelajar di badan organisasi tersebut.

Ini sanggup dengan gampang difahami mengingat kinerja organisasi secara tidak eksklusif yaitu produk kinerja kolektif semua unsurnya termasuk Sumber Daya Manusia.

Oleh alasannya itu, dalam konteks sekolah, guru secara individu maupun secara bersama-sama dengan masyarakat seprofesinya harus didorong untuk menjadi bab dari organisasi pembelajar melalui keterlibatannya secara sadar dan sukarela serta terus menerus dalam banyak sekali kegiatan berguru guna menyebarkan profesionalismenya.

Dengan menyimak beberapa paragraf diatas sanggup kita simpulkan bahwa program-program pemerintah intinya memiliki tujuan yang sama baik. Hanya saja pemerintah yang berkuasa memberikan dengan cara yang berbeda, sehingga terjadilah perubahan 'judul' pada program-program yang dilaksanakan.

Sebagai seorang guru bagaimana kita menyikapi perubahan-perubahan kegiatan pemerintah pastinya dengan berpikir layaknya bagaimana seorang guru yang positif.

Perubahan kegiatan Guru Pembelajar menjadi Peningkatan keprofesian Berkelanjutan [PKB] mengembalikan kita kepada kegiatan pemerintah sebelumnya yaitu Pengembangan Keprofesian Guru [PKB]. Pada ketika kegiatan Pengembangan Keprofesian Guru dilaksanakan pemerintah mengeluarkan buku Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru yang terdiri dari lima buku, yaitu;
  • Buku 1 - Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan [PKB] [Unduh]
  • Buku 2 - Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru [PKG][Unduh]
  • Buku 3 - Panduan Penyelenggaraan Diklat Calon Tim Penilai Jabatan Fungsional Guru [Unduh]
  • Buku 4 - Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan [PKB] Dan Angka Kreditnya [Unduh]
  • Buku 5 - Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan [PKB] [Unduh]
Buku-buku diatas juga diperoleh ketika aku menerima Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan [PKB] Two in One dengan teladan in-on-in yang dilaksanakan oleh PPPPTK Matematika.

Semoga buku-buku diatas bermanfaat yang sanggup kita gunakan untuk peningkatan keprofesian kita sebagai guru.

Paling tidak kita tidak menyerupai apa yang disampaikan oleh Bapak Profesor Hendra Gunawan pada facebooknya yaitu "Kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang sebetulnya bukan kiprah kita 😥, dan sebaliknya Kita tidak mengerjakan hal-hal yang sesungguhnya merupakan kiprah kita 😂". Mari berbuat yang terbaik 👍 untuk profesi kita.

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Apa arti perubahan berdasarkan Anda;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan [Pkb] Guru"

Post a Comment