Pengertian Hasil Belajar| Tujuan| Faktor & Hasil Berguru Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Hasil Belajar , Tujuan , Faktor & Hasil Belajar Menurut Para Ahli - SeCaranya umum , pengertian Hasil mencar ilmu adalah kemampuan yang memiliki siswa sehabis ia mendapatkan pengalaman belajarnya.

Menurut Sardiman , AM , (2014: 23) yang menjelaskan bahwa pengertian “belajar ialah perubahan tingkah laris , dan terjadi alasannya ialah hasil pengalaman”.

Setelah suatu proses mencar ilmu berakhir , maka siswa memperoleh suatu hasil belajar. Hasil mencar ilmu memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran.

Tujuan Utama

Tujuan utama yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran ialah hasil belajar. Manfaat dari Hasil mencar ilmu untuk mengetahui sebatas mana siswa sanggup memahami serta mengerti materi tersebut.

Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli

Adapun pengertian hasil mencar ilmu berdasarkan para ahli 

1. Pengertian Hasil Belajar Menurut Hamalik

Menurut Hamalik yang menjelaskan bahwa pengertian hasil mencar ilmu ialah sebagai terjadinya perubahan tingkah laris pada diri seseorang yang sanggup diamati dan diukur bentuk pengetahuan , perilaku dan keterampilan.

2. Pengertian Hasil Belajar Menurut Nana Sudjana

Menurut Nana Sudjana (2009: 3) mendefinisikan hasil mencar ilmu siswa pada hakikatnya ialah perubahan tingkah laris sebagai hasil mencar ilmu dalam pengertian yang lebih luas meliputi bidang kognitif , afektif , dan psikomotorik.

3. Pengertian Hasil Belajar Menurut Dimyati dan Mudjiono

Menurut Dimyati dan Mudjiono (2006: 3-4) juga menyebutkan hasil mencar ilmu ialah hasil dari suatu interaksi tindak mencar ilmu dan tindak mengajar. Dari sisi guru , tindak mengajar diakhiri dengan proses penilaian hasil belajar. Dari sisi siswa , hasil mencar ilmu merupakan berakhirnya pengajaran dari puncak proses belajar.

4. Pengertian Hasil Belajar Menurut Winkel

Menurut Winkel (2009) menjelaskan bahwa pengertian hasil mencar ilmu merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang.

5. Pengertian Hasil Belajar Menurut Nawawi

Menurut pengertian mengenai hasil mencar ilmu dipertegas oleh Nawawi (dalam Susanto , 2013: 5) yang menjelaskan bahwa hasil mencar ilmu diMaknakan sebagai tingkat keberhasilan siswa untuk mempelajari materi pelajaran yang terdapat di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang didapatkan melalui hasil tes wacana sejumlah materi pelajaran tertentu.

Suatu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran ialah dengan melihat hasil mencar ilmu yang dicapai oleh siswa.

6. Pengertian Hasil Belajar Menurut Woordworth 

Menurut Woordworth (dalam Ismihyani , 2000) , yang menjelaskan bahwa pengertian hasil mencar ilmu ialah suatu perubahan tingkah laris sebagai akhir dari proses belajar. Selain itu , berdasarkan Woordworth yang menjelaskan bahwa pengertian hasil mencar ilmu ialah kemampuan nyata yang sanggup diukur seCaranya langsung.

Hasil pengukuran mencar ilmu inilah hasilnya bakal mengetahui seberapa jauh tujuan pendidikan dan pembelajaran yang telah tercapai.

7. Pengertian Hasil Belajar Menurut Nana Sudjana 

Menurut Nana Sudjana bahwa pengertian dari hasil mencar ilmu ialah suatu kemampuan-kemampuan yang memiliki siswa sehabis ia mendapatkan pengalaman belajarnya.

8. Pengertian Hasil Belajar Menurut Purwanto

Menurut Purwanto dalam bukunya yang berjudul Evaluasi Hasil Belajar mendefinisikan bahwa pengertian Hasil mencar ilmu sanggup dijelaskan dengan Menggunakan dua macam kata yang membentuknya , yakni “hasil‟ dan “belajar”. Pengertian hasil (product) menampilkan pada suatu perolehan akhir dilakukannya suatu kegiatan atau proses yang menjadikan berubahnya input seCaranya fungsional.

9. Pengertian Hasil Belajar Menurut Abdurrahman

Menurut Abdurrahman yang menjelaskan bahwa pengertian hasil mencar ilmu ialah kemampuan diperoleh anak sehabis melalui kegiatan belajar.

10. Pengertian Hasil Belajar Menurut Suprijono

Menurut Suprijono bahwa pengertian hasil mencar ilmu ialah pola-pola perbuatan , nilai-nilai pengertian-pengertian , sikap-sikap , apresiasi dan keterampilan. Hasil mencar ilmu berupa hal-hal sebagai berikut.
  • Informasi Verbal. Pengertian info verbal ialah kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa , baik mulut maupun tertulis.
  • Keterampilan Intelektual. Pengertian keterampilan intelektual bahwa penjelasannya ialah kemampuan mempresentasikan konsep dan lambang.
  • Strategi Kognitif. Pengertian taktik kognitif yang menjelaskan bahwa taktik kognitif ialah kecakapan menyalurkan dan mengarahkan kegiatan kognitifnya.
  • Sikap. Menjelaskan bahwa perilaku ialah kemampuan mendapatkan atau menolak objek bahwa berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut.

Manfaat Hasil Belajar

Pada hakekatnya bahwa Maksud dengan Hasil mencar ilmu ialah suatu perubahan tingkah laris seseorang yang terkait dengan kemampuan kognitif , afektif , dan psikomotor sehabis mengikuti suatu proses mencar ilmu mengajar tertentu.

Pendidikan dan pengajaran dikatakan sanggup berhasil dikala terdapat suatu perubahan-perubahan yang tampak pada siswa merupakan hal yang menjadi akhir dari proses mencar ilmu mengajar yang dialaminya.

Dengan demikian bahwa proses yang ditempuhnya melalui aCaranya dan kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru dalam proses pengajarannya.

Manfaat Hasil Belajar

Berdasarkan hasil mencar ilmu siswa , sanggup diketahui kemampuan dan perkembangan sekaligus tingkat keberhasilan pendidikan.

Dalam Maknaan bahwa Hasil mencar ilmu menampilkan perubahan keadaan menjadi lebih baik , sehingga bermanfaat untuk:
  1. Menambah pengetahuan
  2. Lebih memahami sesuatu yang belum dipahami sebelumnya
  3. Lebih menyebarkan keterampilannya ,
  4. Memiliki pandangan yang gres atas sesuatu hal.
  5. Lebih menghargai sesuatu daripada sebelumnya.
Dapat disimpulkan bahwa istilah hasil mencar ilmu merupakan perubahan dari siswa sehingga terdapat perubahan dari segi pengetahuan , perilaku , dan keterampilan.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Terdapat dua faktor yang mendasari dalam mensugesti hasil belajar. Dua macam faktor itu dikenal faktor internal dan faktor eksternal. Adapun Maksud dari kedua faktor ini dalam mensugesti hasil mencar ilmu yaitu: 
  1. Faktor internal ialah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar. Faktor internal meliputi: faktor jasmaniah dan faktor psikologis.
  2. Faktor eksternal ialah faktor yang ada di luar individu. Faktor eksternal meliputi: faktor keluarga , faktor sekolah , dan faktor masyarakat.
Selain itu , lebih terperinci dalam mendalami faktor internal dan faktor eksternal terkait hal yang mensugesti proses dan hasil mencar ilmu yakni: 

Faktor Internal

a. Faktor Fisiologis atau Jasmani Individu sebagai hal yang bersifat bawaan maupun yang memiliki melihat , mendengar , struktur badan , cacat badan dan sebagainya.
b. Faktor Psikologis yang memiliki sifat bawaan maupun keterunan yang terdiri dari:
  • Faktor Intelektual
  • Faktor kematangan baik fisik maupun psikis
  • Faktor non-intelektual

Faktor Eksternal

a. Faktor sosial yang didasarkan dari:
  • Faktor lingkungan masyarakat.
  • Faktor lingkungan keluarga.
  • Faktor kelompok.
  • Faktor lingkungan sekolah.
b. Faktor lingkungan fisik contohnya , akomodasi mencar ilmu , akomodasi rumah , dan iklim.
c. Faktor spritual atau lingkungan keagamaan. Maksud dengan hal ini ialah suatu faktor yang saling berinteraksi yang sifatnya pribadi atau tidak pribadi yang sanggup mensugesti hasil mencar ilmu capai seseorang.

 kemampuan yang memiliki siswa sehabis ia mendapatkan pengalaman belajarnya Pengertian Hasil Belajar , Tujuan , Faktor & Hasil Belajar Menurut Para Ahli
Ilustrasi Gambar: Pengertian Hasil Belajar , Tujuan , Faktor & Hasil Belajar Menurut Para Ahli

d. Faktor budaya contohnya teknologi , tabiat istiadat , kesenian dan ilmu pengetahuan.

Macam-Macam Hasil Belajar 

Menurut Horwad Kingsley membagi tiga macam hasil mencar ilmu , yakni :
  1. Keterampilan dan kebiasaan.
  2. Pengetahuan dan pengertian.
  3. Sikap dan cita-cita.
Menurut Gagne membagi kedalam lima kategori terkait macam-macam hasil mencar ilmu , yaitu:
  1. Informasi verbal
  2. Keterampilan intelektual
  3. Strategi kognitif
  4. Sikap
  5. Keterampilan motoris.
Demikianlah info mengenai Pengertian Hasil Belajar , Tujuan , Faktor & Hasil Belajar Menurut Para Ahli. Semoga info ini sanggup bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Advertisement

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Hasil Belajar| Tujuan| Faktor & Hasil Berguru Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment