Tugas Dan Manfaat Customer Service Bank

Manfaat institusi perbankan ialah sarana penghubung dari pihak pemilik dana dengan pihak yang memerlukan dana. Hal ini lah yang mengakibatkan kebanyakan orang pernah berurusan dengan bank apakah itu untuk menyimpan uang maupun mengajukan pinjaman. Sejalan dengan tumbuhnya dunia bisnis di Indonesia maka fungsi perbankan pun makin beragam. Kini di bank masyarakat pun bisa melaksanakan investasi jangka panjang atau bank pun bisa berfungsi sebagai daerah penukaran uang valuta asing.


Pasti anda pun pernah bekerjasama dengan forum bank baik dalam waktu bersahabat ini atau di waktu lalu. Seseorang yang pertama anda temui di sana biasanya ialah customer service bank. Memang meja kerja customer service bank diposisikan sehingga bisa dijangkau pertama kali oleh nasabah yang memasuki kantor bank. Tugas dan fungsi customer service bank cukup banyak dan tak sekedar "penerima tamu nasabah" saja. Customer Service ialah serpihan suatu organisasi bank yang ditempatkan di front office dengan kiprah utama menjadi pemberi info dan mediator pihak bank dengan nasabah yang bermaksud memperoleh produk dan layanan bank.

Dari meja kerja customer service bank inilah nasabah bakal dihubungkan dengan unit kerja bank yang lain yang dibutuhkannya. Dengan begitu layanan prima dari customer service bakal memilih tingkat kepuasan para nasabah dari bank tersebut. Lalu apa saja fungsi dan kiprah dari seorang customer service bank? Berikut ialah fungsi dari customer service bank :

- Menjadi petugas front line bank sehingga gambaran sebuah bank ikut pula dipengaruhi oleh kemampuan customer service melayani nasabahnya.
- Petugas penghubung nasabah dengan bank. Setiap nasabah atau masyarakat yang bakal berurusan dengan pihak bank niscaya harus menemui pihak customer service ini.
- Petugas pemberi informasi. Informasi mengenai produk dan service bank yang ditanyakan pihak nasabah harus bisa dijelaskan seCaranya detil oleh customer service.
- Petugas penjual produk dan layanan bank. Dan seorang customer service pun harus bisa mensugesti calon nasabah sehingga mau membuka rekening atau memanfaatkan layanan dari bank bersangkutan.
- Petugas yang menangani komplain dari nasabah.
- Konsultan keuangan bagi nasabah yang bisa menjelaskan kepada para nasabah produk atau layanan yang paling sesuai dengan rencana keuangan mereka.

Dan berikut yang menjadi bidang tugasnya :

- Menyediakan layanan untuk nasabah yang berkenaan dengan pembukaan rekening tabungan , deposito , giro dan kebutuhan nasabah lain di bidang keuangan. Kecuali itu juga harus bisa menjelaskan dengan detil ragam produk dan layanan yang ditanyakan nasabah atau masyarakat umum.

- Menampung , melayani dan menangani problem yang dialami nasabah yang berkaitan dengan layanan perbankan.

- Membuat manajemen daftar hitam Bank Indonesia maupun daftar rehabilitasi nasabah sekaligus data nasabah.

- Membuat manajemen resi undangan dan pengembalian buku cek dan bilyet giro maupun surat kuasa.

- Menyediakan info mengenai saldo dan mutasi rekening yang dimiliki nasabah.

- Membuat manajemen buku buku tabungan , cek , giro dan bilyet.

- Mengenalkan dan mengatakan produk dan layanan yang dimiliki bank kepada nasabah sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
Advertisement

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Dan Manfaat Customer Service Bank"

Post a Comment