Manfaat Dioda Zener Pada Rangkaian Elektronika

Manfaat Dioda Zener memang tidak jauh berbeda dengan jenis yang lainnya , sebelumnya saya sudah membahas Maknakel mengenai jenis dan fungsi umum dari setiap dioda , lantaran adalah pada dasarnya terbagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing memiliki kegunaan berbeda.

Menurut wikipedia , zener diode adalah komponen elektornika yang unik , lantaran adalah mampu menyalurkan tegangan listrik ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diterima  terlalu besar atau melampaui batas maksimal , Anda mampu dengan simpel menemukan jenis dioda yang satu ini pada beberapa barang elektronik , ibarat mesin hp , rangkaian regulator dan lain lain.

Selain itu , Keliru satu komponen ini penting dan mampu dikenal dengan simbol khusus yang sebelumnya sudah saya bahas pada Maknakel lain , pada umumnya dioda zener memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai berikut:

Manfaat Dioda Zener


 memang tidak jauh berbeda dengan jenis yang lainnya Manfaat Dioda Zener Pada Rangkaian Elektronika

Dibawah ini ada beberapa fungsi dari zener dioda yang jarang diketahui , selain itu juga saya bakal membahas ulasan suplemen adalah mengenai bentuk dan prinsip kerja dari komponen penting yang satu ini.

Dioda Zener Membuat Tegangan Stabil


Manfaat utama dari komponen ini adalah sebagai penstabil tegangan , oleh lantaran adalah itu ini adalah Keliru satu alasan Mengapa dioda jenis ini masih dibilang berperang penting pada sebuah rangkaian elektronika.

Pada umumnya dioda zener memiliki prinsip kerja menyalurkan tegangan arus listrik ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diterima terlalu besar atau bahkan melampaui batas maksimal , ini adalah Keliru satu alasan Mengapa dioda zener berfungsi sebagai penstabil tegangan , tanpa komponen ini mungkin sebuah rangkaian tidak bakal mampu berjalan dengan baik.

Selain itu juga , ada fungsi lain yang memang jarang diketahui adalah sebagai pengatur tegangan baterai atau power supplay , jadi tidak heran jika Anda menemukan dioda zener pada beberapa rangkaian , lantaran adalah memang Keliru satu komponen yang penting.

Sifat Dioda Zener


Setiap komponen pada dasarnya memiliki sifat masing masing , tidak terkecuali zener dioda , bahu-membahu tidak jauh berbeda dengan jenis dioda yang lainnya , menurut wikipedia , dioda zener memiliki p juntion yang memiliki doping berat , yang memungkinkan cuilan elektron mampu tembus melewati pita velensi material tipe P ke dalam konduksi material tipe N.

Baca Juga:




Diatas adalah beberapa fungsi dioda zener , pengertian dan juga sifatnya , saya harap Maknakel kali ini mampu bermanfaat untuk Anda dan pembaca lainnya , bagi penggemar elektronik tentunya harus mengetahui pengertian dan fungsi dasar dari setiap komponen , terimakasih sudah berkunjung dan selamat membaca Maknakel lainnya...
Sumber https://jandelatv.blogspot.com/
Advertisement

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Dioda Zener Pada Rangkaian Elektronika"

Post a Comment