Caranya Membuat Kopi Menggunakan Siphon



Siphon dikenal sebagai pembuat kopi dengan metode vakum (sedot) , inspirasi menyeduh kopi ini yakni dengan menyedot dari dua bilik dimana tekanan uap dan vakum tersebut menghasilkan kopi. Seluruh proses membutuhkan kesabaran dan ketelitian tapi jikalau dilakukan dengan benar , maka bakal menghasilkan secangkir kopi yang nikmat dan memuaskan.

Bilik yang dijelaskan terdiri dari komponen atas siphon yang biasa disebut "hopper" dan komponen dasarnya disebut "bulb".

Terdapat ruang kosong di antara hopper dan bulb. Bulb diletakkan di atas sumber panas yang menciptakan tekanan uap. Tekanan ini memaksa air masuk ke dalam hopper dimana ia bercampur dengan bubuk kopi. Ketika sebagian besar air di dalam bulb telah pindah ke dalam hopper , segera ambil sumber panasnya.

Dengan hilangnya sumber panas , bulb bakal menjadi sejuk dan kopi di hopper benar-benar menetes ke bulb dan bulb berisi kopi yang siap Sobat nikmati.

Apa itu sumber panas? sumber panas merupakan pembakar butana kecil (biasanya spirtus) sangat bagus untuk penikmat kopi rumahan , atau jikalau Sobat menginginkan sumber panas yang lebih mahal , Sobat mampu menerima pemanas berbasis halogen. (Banyak model siphon datang dikemas dengan pembakar mereka sendiri.)

Alat-alat yang dibutuhkan:
  • Set Siphon
  • Kopi
  • Sendok Kayu
  • Pemanas
  • Ketel
  • Penggiling Kopi
  • Timer
  • Timbangan Digital

hasil yang diperlukan yakni kopi dengan rasa yang kuat dan bersih dari rasa pahit. Membuat cangkir yang nikmat dan yummy tapi membutuhkan banyak langkah serta diperlukan kesabaran juga ketelitian. Jika Sobat Keliru menyeduh , maka kopi bakal terasa mirip kacang yang dibakar , ugh!.

Instruksi Penyeduhan dengan Siphon:
  1. Ambil perlengkapan Sobat: Kopi , sifon , saring , pemanas (diisi dengan bahan bakar) , air , termometer.

  2. Panaskan dulu dan bilas penggalan bawah sifon Sobat dengan air panas. Pasang saringan pada penggalan atas dan Agarkan sementara.

  3. Ukur dosis kopi mulai dari 21 sampai 26 gram untuk menerima hasil sebanyak 2 cangkir dan giling kopi dengan agak kasar.

  4. Isi bulb dengan air mendidih atau hampir mendidih.

  5. Hidupkan burner Anda dan letakkan di bawah bulb untuk mulai memanaskannya. ingat untuk selalu berhati-hati lantaran yakni teman sedang bermain dengan api!.

  6. Sabar ya sob , tunggu air dalam bulb mulai mendidih. Tempatkan termometer Sobat di dalam hopper pada dikala ini.

  7. Setelah air di dalam bulb mulai membentuk gelembung yang besar , tempatkan posisi hopper sejajar dengan bulb , dan tunggu sampai air Menggunakan sihirnya untuk bergerak ke atas menuju ke hopper. Sobat diharuskan Menggunakan air di sekitar suhu 92 derajat Celcius , jadi jikalau air di hopper tetap panas atau terus mendidih , coba atasi sumber panas atau aduk air di hopper semoga sedikit tenang.

  8. Tambahkan kopi ke air dalam hopper , berikan adukan awal seCaranya perlahan sampai rata.

  9. Agarkan kopi terseduh , dengan sendirinya , selama 1 menit 10 detik.

  10. Dalam satu gerakan cepat , lepaskan siphon dari sumber panasnya dan berikan sepuluh adukan dengan sendok kayu.

  11. Kopi Sobat bakal memakan waktu sekitar satu menit untuk turun ke bawah dan balasannya terisi penuh di bulb.

  12. Lepaskan hopper dan sajikan. Untuk menjamin secangkir kopi yang nikmat , beri kopi beberapa menit semoga suhu turun.

  13. Selamat menikmati kopimu sob!




Kurang lebih trik nya mirip ilustrasi diatas ya sob.

Ingat untuk terus berlatih , jangan patah semangat lantaran yakni gagal sekali atau dua kali.

Kopi yummy itu harus dibuat sob , bukan jatuh dari langit. Kaprikornus jangan malu untuk terus belajar ya.

Saran:
  • Untuk 26 gram kopi di dalam hopper , gunakan 375 gram air di bulb
  • Selalu aduk kopimu saat dicampur dengan air yang telah terisi penuh ke dalam hopper dan pastikan semua bubuk kopi terkena air
  • Setelah tercampur rata , beberapa barista profesional tetap mengaduk semoga tidak adanya gumpalan biji kopi yang terbentuk di dalam hopper

Sumber http://sobatkopi.blogspot.com/
Advertisement

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Caranya Membuat Kopi Menggunakan Siphon"

Post a Comment