Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi



Halo semua , apa kabar?

Lama nih ga ketemu , pertama-tama kita lebaran dulu yak , hehe.

Minal aidzin wal faidzin , Mohon maaf lahir dan bathin.

Yang kedua kita langsung masuk aja nih sob ke topik utama , yaitu wacana Kapan sih waktu yang tepat untuk minum kopi?

Sebenernya ini udah saya bahas seCaranya singkat sih di Page FB nya , tapi banyak yang minta Agar dikupas tuntas nih ceritanya , makanya langsung aja sekarang kita bahas disini Agar makin nambah ilmu dalam dunia perkopian.

Pas pembahasan yang di Page FB kemaren saya udah menjelaskan sedikit banyak wacana kortisol , apa hubungannya dan pengaruhnya untuk tubuh.

Jadi gini sob , Puncak produksi kortisol terjadi antara jam 8:00-9:00 pagi (dalam keadaan normal). Ini berMakna bahwa pada ketika itu banyak orang memiliki secangkir kopi pertama mereka dalam perjalanan untuk bekerja , kuliah , dagang , olahraga , dll.

Padahal bersama-sama badan kita ini "menghasilkan kafein seCaranya alami" yang dinamakan hormon kortisol dan ternyata efektif untuk badan sob!.

Apa sih kortisol itu?

Kortisol yaitu hormon yang dhasilkan seCaranya alami oleh badan kita sendiri yang berfungsi sebagai penambah semangat , yang membuat kita tidak mengantuk dan bikin tetap melek.

Kortisol juga dianggap memiliki kekerabatan dengan hormon stress dan konsumsi kafein telah terbukti sanggup meningkatkan produksi kortisol , dan sanggup berdampak negatif pada ketika periode kortisol sedang memuncak.

Peningkatan toleransi terhadap kafein sanggup mengakibatkan tingkat kortisol meningkat dan sanggup mengganggu jam biologis badan , serta memiliki efek yang merugikan bagi kesehatan Sobat.

Apa dampak merugikannya? yaitu kalo Sobat sering minum kopi disaat kortisol sedang memuncak nanti toleransi badan terhadap kafein semakin menguat , jadi badan kita tidak bakal bereaksi apa-apa Jika kita nantinya meminum kopi.

Ketika badan tidak merespon kafein , maka hal yang bakal dilakukan oleh peminum kopi yaitu menambah dosis kafeinnya , Agar makin nendang tuh efeknya , padahal bukannya tidak kerasa sob , tapi badan kita yang makin kebal sama kafein , apalagi hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Baik ke hal yang paling awal dulu deh , jadi pada dasarnya semua orang itu beda-beda , itu sih udah niscaya , tapi masing-masing badan kita itu sanggup menghasilkan beragam hormon dengan sendirinya selama 24 jam.

Hal ini sudah terprogram seCaranya alami tanpa adanya unsur buatan maupun pelengkap , nah walaupun hormon tersebut sudah terprogram tetapi kita sebagai manusia itu sendiri sanggup mengacaukan siklus-siklus hormon yang ada dengan melalui gaya hidup , kebiasaan detiap langsung menjalankan hidupnya ibarat begadang , tidur larut , makan dan minum yang ga sehat , serta masih banyak faktor lainnya.

Keliru satu faktornya yaitu meminum kopi.

Kalo sahabat udah pada susah tidur malem , atau tidur tapi bangunnya cepet , gelisah pas tidur bolak balikin badan terus , apalagi sampe butuh pil tidur hanya untuk sanggup tidur di malam hari.

BerMakna kafein dalam kopi udah mengganggu siklus tidur Sobat , kalo siklus tidur udah keganggu sanggup merembet ke faktor kesehatan Sobat.

"Hah , Trus gue gaboleh minum kopi lagi dong?".

Eits , tenang dulu sob , masih boleh kok minum kopi asal waktunya tepat , sesuai dengan kortisol yang dihasilkan badan kita.

Kapankah waktu yang tepat dengan irama kortisol itu?

Waktu meningkatnya level kortisol hingga mencapai puncak yaitu pada pukul 8:00-9:00 pagi , 12:00-1:00 siang dan 5:30-6:30 sore.

Pic from ilovecoffee

Oleh lantaran yaitu itu , waktu "istirahat kopi" Sobat ada diantara pukul 9:30-11:30 Pagi , 1:30 Siang dan 5:30 Sore dengan menimbang dari meningkatnya kadar kortisol disaat Sobat menerima injeksi hormon ini paling banyak.

Jadi kesimpulannya yakni , minum kopi paling tepat itu pas di selesai pagi dan awal-awal sore , setelah sore lebih baik tidak mengkonsumsi kopi lantaran yaitu bakal mengganggu waktu tidur Sobat.

Jangan sampe ritual ngopi mu mengganggu kesehatanmu ya Sob!

Selamat ngopi...

Sumber http://sobatkopi.blogspot.com/
Advertisement

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi"

Post a Comment