Caranya Memperbaiki Kipas Angin Rusak (Terbukti Ampuh)

Tidak sedikit orang yang belum paham mengenai trik memperbaiki kipas angin , memang pada kenyataannya tidak semudah menyerupai yang teknisi lakukan , karna untuk mengetahui kerusakan kipas angin dan memperbaikinya diperlukan kemampuan khusus dalam bidang elektronik , tetapi sesungguhnya praktis jikalau Anda membaca Maknakel ini sampai selesai.

Kipas angin masih menjadi Keliru satu barang elektronik yang memiliki kiprah penting , walaupun sudah ada pendingin yang lebih modern yakni AC , tetap saja masih banyak yang menganggap bahwa kipas angin menjadi Keliru satu barang elektronik yang wajib ada , oleh karna itu jikalau rusak tidak sanggup berputar atau mati total mungkin ini menjadi problem serius.

Bagi Anda yang sudah terbiasa Menggunakan kipas angin , tetapi ada problem baik itu putarannya lambat , berdengung atau mati total pasti tidak bakal betah dan ingin segera memperbaikinya , untuk itu saya bakal mengatakan tutorial lengkap dibawah ini:

Caranya Memperbaiki Kipas Angin


Tidak sedikit orang yang belum paham mengenai  Caranya Memperbaiki Kipas Angin Rusak (Terbukti Ampuh)

Ada beberapa kerusakan umum yang sering terjadi pada kipas angin , saya bakal membahas penyebab dan trik memperbaikinya , semoga Anda lebih praktis paham maka harus menyimaknya baik baik.

Kipas Angin Mati Total Tidak Berputar


Kerusakan pertama ini sering sekali terjadi , ntah Mengapa ketika kita sedang asik Menggunakan kipas angin karna cuaca diluar sedang panas , tiba tiba kipas angin mati dan tidak berputar , kira kira apa yang menimbulkan problem ini terjadi?

Kami sudah sering mengatasi kerusakan kipas angin menyerupai ini , beberapa penyebab yang bisa membuat kipas angin menjadi tidak berputar yakni sebagai berikut:

  • Kabel putus sehingga dinamo tidak menerima tegangan.
  • Kerusakan pada saklar
  • Kerusakan komponen kapasitor didekat dinamo.

Dari ketiga penyebab diatas , sesuai pengalaman saya , yang sering terjadiu yakni karna komponen kapasitor yang rusak sehingga dinamo tidak bisa berputar , bagi Anda yang belum mengetahui fungsi komponen ini bisa pribadi membaca Maknakel yang sebelumnya sudah saya buat berikut:
Manfaat Kapasitor Pada Kipas Angin

  • Kabel Putus


Pertama bisa jadi karna problem kabel yang putus sehingga kipas angin mati total , Anda bisa mengecek permasalahan ini dengan memanfaatkan alat elektronika yakni multitester , jikalau Anda sudah paham bisa pribadi mengeceknya kini , tetapi bagi Anda yang masih mencar ilmu , bisa membaca Maknakel dibawah ini:

Caranya Menggunakan Multitester

  • Kerusakan Saklar


Tidak jauh berbeda , kerusakan yang kedua ini juga bisa Anda ketahui Menggunakan multitester baik itu analog ataupun digital , jadi ini bisa menjadi Keliru satu penyebab Mengapa kipas angin Anda rusak , biasanya karna terlalu sering dinyalakan dan dimatikan sehingga saklar praktis rusak.

  • Kerusakan Kapasitor


Ini yakni kerusakan yang sering saya temukan dan tergolong praktis untuk diperbaiki , pada umumnya kapasitor pada kipas angin terletak akrab dengan dinamo dan dibungkus plastik keras , jadi sebelum mengeceknya Anda harus membuka bungkusan tersebut terlebih dahulu , untuk trik mengukur dan mengecek apakah masih dalam keadaan normal atau tidak , Anda bisa pribadi membaca Maknakel sebelumnya mengenai trik Menggunakan multitester.

Kipas Angin Putarannya Lambat


Pernahkan Anda merasakan putaran kipas angin semakin hari semakin melambat? tentunya jikalau hal ini terjadi berMakna tingkat angin yang dihasilkan bakal berkurang dan menjadi tidak maksimal , tentunya Anda harus segera memperbaiki kerusakan menyerupai ini.

Pada umumnya penyebab Mengapa putaran menjadi lambat yakni biasanya bukan karna kerusakan pada komponen didalamnya , tetapi hanya karna ada kotoran pada dinamo yang menimbulkan putaran melambat karna terhalang oleh kototan , bisa juga karna sudah lama tidak dibersihkan sehingga banyak abu yang masuk kebagian dinamo.

Tips praktis mengatasi problem ini yakni dengan membersihkan abu disekitar dinamo , namun terlebih dahulu Anda harus membuka baling-baling kipas , kemudian bisa mengoleskan bensin , oli , atau minyak semoga putaran tidak lambat lagi.

Tetapi jikalau hal tersebut sudah dilakukan dan abu dipastikan sudah bersih namun tetap masih berputar lambat , berMakna komponen kapasitor yang sudah lemah dan harus Anda ubah dengan ukuran yang sama , atau yang lebih tinggi lagi , tetapi jikalau Anda mengganti Menggunakan ukuran yang lebih tinggi , kipas angin bakal praktis rusak tetapi putaran menjadi lebih cepat.

Kipas Angin Berdengung


Bukan mati total , masih hidup tetapi hanya mengeluarkan suara dengung dan sedikit getaran saja , dari pengalaman yang pernah saya alami , problem menyerupai ini biasanya disebabkan oleh hal hal berikut ini:

  • As Motor Kotor
  • Gear Box Swing Rusak
  • Kapasitor Nonpolar Rusak

Tetapi Anda bisa terlebih dahulu mengecek apakah ada kotoran pada as motor atau tidak , jikalau memang Ada harus dibersihkan terlebih dahulu kemudian dioles Menggunakan oli semoga menjadi licin kembali , tetapi Anda juga harus mengecek keadaan kapasitor jikalau masih tetap berdengung.


Demikian Maknakel mengenai trik memperbaiki kipas angin , semoga bermanfaat , kesimpulannya yakni ada beberapa kerusakan dan trik memperbaikinya , jangan lupa juga untuk membaca Maknakel menarik lainnya hanya disini , terimakasih sudah berkunjung...

Sumber https://jandelatv.blogspot.com/
Advertisement

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Caranya Memperbaiki Kipas Angin Rusak (Terbukti Ampuh)"

Post a Comment