Slogan Hut Ri Ke-72 Mengapa 'Kerja Bersama' Bukan 'Kerja Sama' | Smp Pilpay

Tulisan ini terinspirasi oleh postingan pemilik akun facebook 'Raja Adia'. Akun tersebut menanyakan perbedaan antara 'Kerja Sama' dan 'Kerja Bersama'. Inilah penjelasan wacana slogan HUT RI ke-72 tahun 2017 ini.



Jokowi memang identik dengan kata 'kerja' yg selalu menjadi jargonnya sejak kemunculan fenomenalnya dengan menjadi jawara pilkada Jakarta. Sebenarnya , sebelum Jokowi dikenal di seluruh Indonesia dengan semboyan 'kerja'nya. Tokoh yg terlebih dahulu dikenal dengan kata 'kerja! kerja! kerja!' yakni Dahlan Iskan. Setidaknya , keduanya (Jokowi dan Dahlan) memang identik dengan kata tersebut. Lagi pula , kata 'kerja' bukan hanya milik mereka berdua. Siapapun di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia berhak menggunakan kata tersebut.



Pada tahun 2016 , dalam peringatan HUT RI ke 71 , dan ke-70 selalu ada kata 'kerja' yaitu 'Ayo Kerja' di peringatan HUT RI ke 70 , dan  'Kerja Nyata' pada HUT RI ke-71. Untuk tahun ini , 'Kerja Bersama'. Pertanyaannya Mengapa bukan 'Kerja Sama' Mengapa harus 'Kerja Bersama'.

Sepintas , keduanya sama saja , antara 'Kerja Sama' dan 'Kerja Bersama' , lantaran yakni sama-sama disusun oleh dua kata dasar yg sama yaitu 'kerja' dan 'sama'. Namun , bekerjsama keduanya mempunyai dimensi makna yg tidak sama. Bahkan perbedaannya cukup mencolok.

Kerja sama dalam kamus besar bahasa Indonesia mempunyai Makna 'kegiatan atau usaha yg dilakukan oleh beberapa orang (lembaga , pemerintah , dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama'

Dalam kata 'kerja sama' terdapat makna bahwa usaha yg dilakukan oleh beberapa orang atau beberapa lembaga. Tidak harus sama-sama bekerja. Misalnya , kerja sama antara A yg menyediakan modal , kemudian B yg bekerja. Itu juga termasuk 'kerja sama' meskipun A tidak sedang bekerja. 'Hanya' menyediakan alat.

Sementara , dalam kata 'Kerja Bersama' seluruh warga bangsa Indonesia diharapkan sama-sama bekerja. Dalam susunan kata tersebut , mengandung Makna , yg besar yg bau tanah , yg kaya , yg miskin , semuanya ikut bekerja. Tidak hanya menyediakan alat dan modal , tetapi semua harus turun tangan tidak hanya urun angan saja.

Makara , dalam kata 'Kerja Bersama' terkandung makna 'Gotong Royong' bukan sekadar 'sama-sama kerja' tapi benar-benar memang sama-sama mampu dan mau bekerja. Untuk apa? Untuk kejayaan masa depan Indonesia.

Sekali Merdeka! Merdeka Sekaliiii!!!

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Slogan Hut Ri Ke-72 Mengapa 'Kerja Bersama' Bukan 'Kerja Sama' | Smp Pilpay"

Post a Comment