Makna Kata Romantis| Penggunaan Dan Persamaan Katanya Dalam Bahasa Indonesia | Smp Pilpay

Pernah menggunakan kata ‘romantis’? Sudah paham Maknanya ataukah masih bertanya-tanya apakah Maksud dengan romantis? Berikut penjelasan Komplit tentang kata romantis.

Kata Romantis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai Makna:
a bersifat ibarat dalam kisah roman (percintaan); bersifat mesra; dan mengasyikkan. (Lihat KBBI , 2008 halaman 1180).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai standar contoh , juga ada kata romantik. Masih di halaman yg sama , kata tersebut dirujuk ke kata romantis. Jadi , Maknanya sama. Hal ini sama dengan perbedaan fonem (huruf) s dan k pada fanatik – fanatis; fonetik – fonemis; romantik – romantis. Perbedaan s dan k tidak mengubah Makna.


Kata romantis merupakan istilah yg menduduki kelas kata sebagai adverbia diberi arahan a dalam KBBI. Adverbia yaitu istilah linguistik yg mengatakan keterangan pada verba , adjektiva , nomina predikatif , nomina predikatif. Adverbia mampu dirangkai menjadi frasa yg diawali dengan kata sangat; lebih; tidak. Jadi , romantis mampu menjadi penjelasan. Misalnya Dia sangat romantis.

Makna romantis dalam KBBI dijelas sebagai seperti roman. BerMakna kata romantis asal-usul istilahnya berasal dari kata (akar kata) roman. Sementara kata roman dalam bahasa Indonsia ada empat yaitu:

Roman yg berMakna raut muka
Roman yg berMakna cerita
Roman yg berMakna sekam (kulit padi)
Roman yg berMakna jenis huruf = Times New Roman.

Berdasarkan Makna dari kata romantis , kata romantis berasal dari kata roman yg kedua , yaitu yg berMakna cerita khususnya kisah tentang percintaan.

Kata lain yg masih berkaitan dengan romantis yg terdapat dalam bahasa Indonesia adalah: romanistik; romansa; romantika; romantikus; romantisme.

Berikut ini Makna masing-masing kata di atas yg terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Romanistik n pengetahuan tentang bahasa dan kesusastraan Latin , Prancis , Spanyol , Italia , Portugis , dan Romania.

Mungkin asal kata roman dan romantis diambil dari nama negara Romania atau Rumania. Kode n pada penjelasan Makna kata di atas mengatakan bahwa kata romanistik merupakan nomina atau kata benda.

Romansa n novel atau kisah prosa lainnya yg mempunyai ciri khas tindakan kepahlawanan , kehebatan , dan keromantisan dengan latar historis (sejarah) atau imajiner.

Dari penjelasan Makna di atas , kata romansa juga berkaitan dengan percintaan yg membalut kisah perjuangan.

Romantika a  lika-liku atau seluk-beluk yg mengandung sedih dan gembira.

Dilihat dari Maknanya , romantika ini sama dengan peribahasa pahit elok kehidupan atau asam garam kehidupan.

Romantikus n 1. Penganut roman romantik; 2 pengarang kisah roman.

Kaprikornus , Maksud romantikus yaitu satu orang sekaligus yaitu pengarang kisah roman yg isi romannya yaitu roman percintaan.

Rmantisisme n 1 haluan kesusastraan tamat kala ke-18 yg mengutamakan perasaan , pikiran , dan tindakan spontanitas; 2 aliran dalam seni khususnya drama yg mengutamakan imajinasi , emosi , dan sentimen idealisme.


Persamaan Kata Romantis

Dilihat dari penjelasan Makna romantis yg Komplit di atas , mampu diketahui bahwa kata romanti mempunyai Makna yg sama dengan mesra dan cinta. Jadi , sama juga dengan kata indah. Juga sama Maknanya dengan kata rayuan meskipun dalam beberapa batasan romantis belum tentu merayu.

Penggunaan Kata Romantis

Kata-kata romantis acap kali identik dengan percintaan. Sehingga , yg biasanya romantis yaitu antara pasangan kekasih , baik yg masih bermesra-mesraan dengan pacar atau sepasang suami istri.

Pada dasarnya kata romantis juga mampu digunakan oleh keluarga , misalnya relasi antara orang anyir tanah dengan anak. Bukankah dalam keluarga juga ada rasa saling cinta antara orang anyir tanah dan anaknya. Bakal tetapi , dalam keluarga istilah yg paling sering digunakan yaitu serasi , bukannya romantis.

Berikut ini contoh kata romantis yg tidak menggombal:

Ijinkanlah saya menyapamu di pagi ini , bersama mentari yg selalu tersenyum pada dunia.

Ini yaitu kata-kata romantis yg mampu diucapkan kepada pasangan saat pagi hari.

Malam boleh tiba , bintang boleh menghilang , dalam langit mendung , tetapi sayang. Tetaplah jiwamu bersamaku supaya jiwaku tetap terang.

Ini yaitu kata-kata romantis yg mampu diucapkan pada malam hari.

Kata-kata romantis yg biasa diucapkan Cak Rat kepada Ning Rat justru sangat gila , begini:

Ning , tetaplah menggila bersamaku.

Menurut Cak Rat dan Ning Rat , kata-kata itu sangat romantis , sangat mesra. Menurut mereka menggila itu menjadi diri sendiri , tidak perlu malu. Misalnya tidak perlu malu saat masih belum mampu beli barang ibarat tetangga. Tidak perlu malu dengan keadaan yg masih pas-pasan. Tidak perlu malu juga saat dianggap bodoh lantaran yaitu harus melakukan hal yg benar. Kaprikornus , menurut mereka menggila yaitu keadaan paling mesra di antara mereka.

Bagaimana kata-kata paling romantis menurut kalian?

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Kata Romantis| Penggunaan Dan Persamaan Katanya Dalam Bahasa Indonesia | Smp Pilpay"

Post a Comment