Perihal Ucapan 'Terima Kasih' Dalam Bahasa Indonesia | Makna| Penulisan Dan Penggunaan | Smp Pilpay

'Terima Kasih' adalah sebuah ungkapan yg menunjukkan rasa hormat , rasa syukur , terhadap pihak yg telah menunjukkan sesuatu kepada yg mengucapkan. Ucapan terima kasih mampu disampaikan dari makhluk kepada Khalik (Tuhan) atau kepada sesama makhluk , biasanya sesama manusi.

Berikut ini penjelasan kata 'Terima Kasih' dalam bahasa Indonesia berkaitan dengan makna , pengunaan dan penulisan.

Makna Ucapan Terima Kasih

Makna atau Makna terima kasih ada bermacam-macam , bergantung pada konteks situasinya. Berikut ini daftar makna ucapan terima kasih sesuai dengan konteks dan intonasi pengucapan.

1. Terima kasih = rasa hormat

Contoh dalam kalimat: "Terima kasih sudah sudi meminjamkan kawasan kepada saya."

ucapan di atas diucapkan dalam nada yg sangat sopan , dan diucapkan oleh orang yg telah dibantu kepada orang yg membantu.

2. Terima kasih = horee kita pulang

Kata terima kasih yg bermakna 'selesai' dan segera pulang adalah ucapan terima kasih yg terdapat pada slide terakhir sebuah pemaparan yg sangat lama dan membosankan. Biasanya dalam kegiatan seminar dan pembinaan 'harus' yg terlalu lama. Begitu peserta melihat tayangan 'terima kasih' maka dalam hati , bahkan dalam verbal , sontak berteriak , horee selesai....

3. Terima kasih = "oke saya terima , kamu sekarang segera pergi"

Biasanya terima kasih dengan makna di atas diucapkan oleh atasan yg judes , saat mendapatkan laporan dari bawahannya dan mengharap bawahan segera pergi. Pihak atasan biasanya enggan bercakap-cakap terlalu lama dengan bawahannya sebab adalah takut dimintai ini dan itu terlalu banyak. 

5. Terima kasih ="Aku gak papa , kok. Saranmu gak berguna"

Makna terima kasih mirip ini mampu muncul dari konteks begini: seorang cewek yg sedang dikasih saran oleh orang lain , tapi yg memberi saran itu bekerjsama yg membuat masalah. Jadi diucapkan saja , makasih!

6. Terima kasih = ayolah datanglah ya....

Makna terima kasih di atas terdapat dalam surat undangan. Biasanya ada di belahan simpulan (penutup surat) , atas kehadirannya saya ucapkan terima kasih. Ya Jika mampu datanglah , masak gak datang. Jika perlu bawa angpao yg banyak.

7 terima kasih = ayo terus habiskan uangmu di sini!

Makna terima kasih di atas mampu muncul dalam sebuah ucapan dalam tempat-tempat belanja. Atau tempat-tempat persewaan lainnya.

8. terima kasih = seharusnya kamu tahu , awas Jika tidak.

Makna di atas adalah bentuk kegarangan dari himbauan-himbauwan di ruang publik , misalnya di ruang berpendingin ruangan terdapat ukiran pena 'Terima Kasih Telah Tidak Merokok" , jikalau diterjemahkan dalam bentuk larangan mampu sangat sadis himbauan tersebut.

Makn-makna terima kasih di atas , berkaitan langsung dengan penggunaannya baik dalam ragam tulis maupun dalam ragam lisan.

Selanjutnya kita bahas wacana penulisan terima kasih. Mirip dengan padanannya dalam bahasa Inggris , thank you , terima kasih mempunyai bentuk-bentuk penulisan yg beragam. Miskipun lebih bermacam-macam dalam bahasa Inggris , misalnya thank you , thank you very much , thanks a log , thanks.

Dalam bahasa Indonesia juga ada bentuk-bentuk terima kasih yg beragam. Bisa berupa terima kasih banyak , mengucapkan banyak terima kasih , berterima kasih sekali. Dalam bentuk non-formal bentuknya mampu dipotong menjadi 'makasih' , 'makasih banget' dalam bentuk tulis mampu hanya ditulis 'trims'. Berbeda dengan bentuk 'thanks' dalam bahasa Inggris , kata trims hanya mampu ditulis (digunakan dalam bentuk tulis) tapi tidak mampu jikalau digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Itulah sedikit penjelasan wacana kata 'terima kasih' supaya mampu menunjukkan manfaat bagi yg memerlukan.

Sekian dan terima kasih hehehehe.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perihal Ucapan 'Terima Kasih' Dalam Bahasa Indonesia | Makna| Penulisan Dan Penggunaan | Smp Pilpay"

Post a Comment