Makna Riziq| Rich| Dan Rijik Penjelasan Makna Dan Kemiripannya | Smp Pilpay

Jadi tertarik menulis Makna kata. Kata yg tertarik saya tulis ialah kata riziq dalam bahasa Arab (رزق) yg (menurut saya) mempunyai kemiripan dengan rich dalam bahasa Inggris. Sementara dalam bahasa Indonesia rejeki. Dalam bahasa Jawa juga ada kata rijik.

Dalam bahasa Arab rizq diturunkan ke dalam bahasa Jawa menjadi rejeki dan juga dalam bahasa Indonesia. Maknanya santunan dari Tuhan berupa nikmat dalam banyak hal.

Orang mampu bernafas , hidup , dan merasakan kebahagian itu ialah rejeki. Dalam Makna yg sempit , rejeki diMaknakan sebagai harta , uang , benda , dan kekayaan. 

Penulisan rejeki dalam bahasa Indonesia memliki banyak sekali variasi , apalagi penulisan rizq sebagai nama. Banyak sekali variasinya.

Tokoh yg terkenal menggunakan nama ini ialah Habib Rizieq Shihab ketua FPI. Adapun variasi nama lainnya adalah:

rizki
riska
riski
risky
rizik
rizki

Pada dasarnya merujuk pada kata yg sama. Misalnya ada nama teman saya yg bernama alfin riska. Pada dasarnya ialah Bahasa Arab yg ditransliterasikan ke dalam bahasa Indonesia sehingga menjadi kata yg ramah dan Praktis diucapkan oleh orang Indonesia.

Alfin Maknanya seribu.
Riska Maknanya rejeki.

Jadi , alfin riska Maknanya seribu rejeki.

Sementara dalam bahasa Inggris , ada kata rich yg Maknanya mewah atau kaya raya. Kata rich dan kata rizq dalam bahasa Arab mempunyai kemiripan bentuk pengucapan.

Selain itu juga mempunyai kemiripan bentuk dengan risk yg berMakna risiko. Ada kaitannya.

Kekayaan yg besar mampu didapat dengan risiko usaha yg besar pula. Sementara dalam pemahaman agama , rejeki (kekayaan) yg besar juga mempunyai risiko yg besar. Jika mampu mengelola dengan amanah maka itu menjadi rejeki yg barakah dan mengantarkan ke jalan surga. Sementara rejeki yg tidak mampu diamalkan dan dijalankan dengan benar menjadi risiko yg mengantarkan pemiliknya ke neraka.

Jadi , rejeki , rizq , dan risk memliki keterkaitan akar kata dan maknanya.

Hal ini menegaskan bahwa bahasa di dunia pada dasarnya merupakan satu bahasa yg sama yg kesudahannya menjelma bahasa yg tidak sama-beda. Dalam pedoman agama , orang di dunia merupakan keturunan orang yg sama yaitu Adam dan Hawa , jadi bahasanya juga satu.

Lalu , bahasa mana yg lebih dulu ada , Arab atau Inggris , saya tidak mampu menjawab. Setidaknya penejelasan di atas menyampaikan bahwa ada keterkaitannya.


Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Riziq| Rich| Dan Rijik Penjelasan Makna Dan Kemiripannya | Smp Pilpay"

Post a Comment