Drama Dan Teater | Pengertian Dan Perbedaan Keduanya | Smp Pilpay

Drama dan Teater | Pengertian dan Perbedaan Antara Drama dan Teater dari segi bahasa dan istilah seni sastra


Pernah mendengar kata drama? Pernah juga mendengar kata teater? Tapi apakah kalian mengerti perbedaan antara drama dan teater?


Berikut ini penjelasan mengenai Makna drama dan Makna teater sekaligus perbedaan antara keduanya.

Drama itu Naskah Dialog , Drama yg Dipentaskan disebut Teater


Sebelum mengulas perbedaan teater dan drama , ada baiknya dijelaskan dulu persamaannya. Teater dan Drama yaitu sama-sama bentuk kesenian , keduanya berkiatan dengan seni kiprah dan seni pertunjukan. Kaprikornus , drama dan teater sama-sama pecahan dan berkaitan dengan sastra.

SeCaranya bahasa pengertian teater ada tiga ,  yaitu 1) gedung pertunjukan film atau sandiwara; 2) ruangan  besar dengan deratan kursi untuk mengikuti kuliah; 3) pementasan drama sebagai suatu seni atau profesi. Pengertian teater ini ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (Lihat KBBI Pusat Bahasa Edisi Keempat halaman 1414).

Sementara itu , pengertian drama yaitu 1) komposisi syair atau prosa yag mampu menggambarkan kehidupan dan susila melalu tingkah laku berupa kiprah dan obrolan yg dipentaskan; 2) dongeng atau kisah , terutama yg melibatkan konflik atau emosi , yg khusus disusun untuk pertunjukan teater. Pengertian drama yg ketiga yaitu 3) peristiwa yg menyedihkan. Khusus untuk pengertian yg ketiga ini , merupakan pengertian drama yg digunakan dalam ragam percakapan.

Kaprikornus , teater berkaitan dengan dengan gedung pertunjukan dan pertunjukannya , sementara drama berkaitan dengan naskahnya.

Karena berupa naskah yg utuh , tanpa dipentaskan pun sebuah naskah mampu dipahami oleh pembaca. Berikut ini pola analisis naskah drama: Analisis Masalah Sosial Teks Drama Lit.

Mudahnya begini , naskah yg ditulis yg berupa obrolan antar-tokoh yg berisi kisah , itulah drama. Kemudian , naskah drama itu dimainkan , diperankan , itulah yg disebut dengan teater.

Naskahnya disebut naskah drama , pertunjukannya disebut teater.
Berangkat  dari pengertian di atas yg sekaligus mampu diketahui perbedaannya , maka kata yg digunakan dalam menyebut kesenian tradisional yaitu teater rakyat bukan drama rakyat.

Dalam seni pertunjukan tradisional , tidak ada naskahnya , tidak ada teks dialognya. yg ada hanya garis besar kisah , maka tidak disebut drama rakyat.

Demikian penjelasan mengenai persamaan dan perbedaan antara drama dan teater dalam bidang seni.

Semoga bermanfaat , Salam Pustamun!

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Drama Dan Teater | Pengertian Dan Perbedaan Keduanya | Smp Pilpay"

Post a Comment