Majas Personifikasi | Pengertian| Contoh| Dan Caranya Membuatnya | Smp Pilpay

Pengertian Majas dan Majas Personifikasi


Majas yakni gaya bahasa yg digunakan untuk memperlihatkan maksud dengan memperhatikan keindahan pilihan kata dan penguatan makna. Ada banyak jenis majas , Keliru satu majas yg sering digunakan oleh penutur bahasa Indonesia yakni majas personifikasi.

SeCaranya sederhana majas personifikasi mampu diterjemahkan menjadi majas peng-orangan. Person Maknanya insan atau orang , sementara afiks –fikasi Maknanya yakni ‘dibuat jadi’. Maka , personifikasi Maknanya dibuat jadi orang.

Dari Makna kata di atas , mampu dijelaskan bahwa pengertian majas personifikasi adalah majas atau gaya bahasa yg menggambarkan sesuatu (benda mati) yg bertingkah mirip menjadi manusia.

Penggambaran mirip sebagai insan ini berkaitan dengan tingkah laris , maupun sifat yg dimiliki. Bakal tetapi penggunaan sifat insan atau tingkah insan kepada benda mati atau tumbuhan tidak tidak sama jauh dengan makna asalnya , masih mempunyai kemiripan bentuk.

Misalnya teladan majas personifikasi: pohon kelapa melambai.

Kalimat tersebut merupakan majas personifikasi alasannya yakni kata melambai biasa digunakan untuk orang. yg mampu melambai yakni insan , yaitu mengangkat dan menggerak-gerakkan tangan. Intinya , ada gerakan. Pohon kelapa , yg ditiup angin , mirip mirip orang yg sedang melambaikan tangan. Maka , pohon kelapa dipersonfikasikan pohon kelapa melambai , mirip pohon kelapa mirip manusia.

Majas personifikasi banyak digunakan dalam bait dan baris puisi. Tidak sebatas penggunaan dalam puisi , majas jenis ini juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Banyak pula lagu yg menggunakan majas personifikasi , Keliru satunya yakni lagu Rayuan Pulau Kelapa karya Ismail Marzuki.

Judul lagu rayuan pulau kelapa menunjukkan bahwa sebuah pulau mampu merayu. Merayu yakni tindakan membujuk , yg mampu membujuk yakni manusia. Maka , dari judulnya saja lagu tersebut terang mengandung majas personifikasi. Pulau kelapa yg dipersonfikasikan mirip insan yg mampu merayu.

Baris dalam lagu tersebut yg mengandung majas personifikasi adalah:
Melambai-lambai nyiur di pantai

Baris di atas menggambarkan nyiur (pohon kelapa) di pantai yg mampu melambai-lambai. Seperti yg telah dijelaskan di atas , melambai yakni tindakan yg mampu dilakukan oleh insan , maka ini termasuk pengorangan (personikasi).

Majas personifikasi juga mampu ditemukan dalam meme dan kata-kata indah yg beredar di dunia maya , Keliru satunya yakni kutipan yg sangat terkenal ihwal hujan: Hujan bakal tetap tiba lagi meski jatuh berkali-kali.

Penggunaan kata datang lagi seolah-olah mempunyai sifat insan yg pantang menyerah. Pantang mengalah dan bakal selalu tiba meskipun sudah jatuh berulang kali.

Majas personifikasi juga mampu digunakan sebagai Caranya memunculkan humor dalam percapakan. Perhatikan teladan berikut:

A: Mengapa sih kamu takut sama hujan?
B: Aku sih gak takut kalo satu-lawan satu. Masalahnya hujan beraninya keroyokan.

Jawaban dari B yg memberikan bahwa hujan beraninya keroyokan mengandung personifikasi. Personfikasi yg dirangkai dengan ‘keterkejutan’ membuat sebuah kalimat menjadi lucu dan menggelikan. yg mampu mengeroyok adalah manusia. Misalnya dalam amuk masa atau tawuran. Nah , dalam kalimat di atas , hujan dianggap mirip insan dan mempunyai sifat manusia.

Caranya Membuat Majas Personifikasi


Makara , yg mampu disebut majas personifikasi yakni segala kata kerja yg mampu dan biasa dilakukan oleh insan dilekatkan kepada benda mati atau tumbuhan atau hewan.

Berikut contoh-contoh majas personifikasi dalam kalimat:

Kumbang menari-nari bersama bunga di taman.

Mentari sudah menyapa dengan senyumnya.

Buku terdiam di perpustakaan , tanpa ada yg sudi menemani.

Pohon kelapa ditemani pohon mangga di tepi jalan.

Kamu itu tidur , justru teve yg menontonmu.

Burung bernyanyi riang di dahan.

Motornya meliuk-liuk mengikuti irama deru jalanan.

Mendung sedang murung , mencoba memperlihatkan kesedihannya.

Bunga berdansa bersama angin.

Masing-masing kalimat di atas mengandung majas personifikasi. Semua kata kerja yg biasa dilukan oleh insan dilakukan olen binatang burung bernyanyi , juga dilakukan oleh tumbuhan bunga berdansa. Benda mati juga bertingkah mirip insan teve menonton.

Benda mati juga mampu merasa mirip insan , mentari menyapa; mendung murung.

Demikian contoh-contoh majas personifikasi. Semoga mampu membuat kalimat yg lebih kreatif lagi.


Salam sastra , salam Pustamun!

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Majas Personifikasi | Pengertian| Contoh| Dan Caranya Membuatnya | Smp Pilpay"

Post a Comment