Latar Waktu Dalam Teks Kisah Fantasi | Smp Pilpay

Teks Cerita Fantasi yaitu teks kisah yg berisi kisah dengan tokoh , latar , dan insiden yg gila , tidak masuk nalar , tapi menarik. Sama halnya dengan kaarya sastra lain yg berupa dongeng , ada rangkaian insiden atau insiden yg dialami oleh para tokohnya.

Latar waktu yg digunakan dalam sebuah teks kisah fantasi ada dua jenis. Latar waktu yg pertama yaitu latar waktu yg sezaman. Latar waktu yg kedua yg digunakan dalam teks kisah fantasi yaitu latar lintas waktu.

Latar waktu sezaman dalam teks kisah fantasi berMakna , insiden atau insiden yg dialami oleh para tokohnya hanya dalam satu waktu. Misalnya dalam kisah fantasi 'Kekuatan Ekor Biru Nataga' latar waktu yg digunakan yaitu latar waktu sezaman. Alasan atau buktinya yaitu seluruh rangkaian kejadian , mulai Saat Pasukan Siluman Serigala menyerang hingga dikalahkan oleh kekuatan api ekor Nataga terjadi dalam satu waktu.

Selanjutnya , jenis kisah fantasi berdasarkan latar yg kedua yaitu lintas waktu. Dalam kisah fantasi yg mempunyai latar waktu lintas zaman , ditunjukkan dengan adanya insiden perpindahan dari zaman sekarang ke zaman dahulu atau sebaliknya. Bahkan mampu juga pindahwaktunya ke masa depan.

Contoh latar waktu lintas zaman terdapat pada teks kisah fantasi yg berjudul 'Anak Rembulan'. Bukti bahwa kisah tersebut menggunakan latar lintas zaman yaitu adanya perpindahan waktu yg dialami tokoh Nono.


Pada mulanya , Nono yaitu seorang anakbl biasa yg sedang berlibur ke rumah kakeknya. Saat bermain di Kali Njari tiba-tiba ia ada di zaman penjajahan Belanda. Tidak hanya itu , Nono bahkan menjadi pemimpin perang.


Demikian penjelasan jenis kisah fantasi berdasarkan latar waktu yg menjalin rangkaianperistiwa. Senoga bermanfaat. Salam pustamun.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latar Waktu Dalam Teks Kisah Fantasi | Smp Pilpay"

Post a Comment