Aplikasi Penyusunan Acara Pelajaran Ms Excel Siap Pakai | Smp Pilpay

Aplikasi penyusunan Jadwal mutlak diharapkan oleh guru yg bertugas menyusun jadwal. Meskipun tidak memudahkan seratus persen , penggunaan aplikasi pembantu penyusunan acara pelajaran sekolah memiki andil besar dalam proses penyusunan jadwal.

Banyak jenis aplikasi yg ditawarkan di internet dengan aneka macam dasar pembuatannya. yg ditawarkan di sini ialah aplikasi penyusunan acara pelajaran berbasis microsoft excel (Ms Excel). Aplikasi Ms Excel dipilih dengan aneka macam alasan:

1. Saya hanya mampu excel , tidak paham acara yg lain. Ini alasan utama alasannya yaitu ialah aplikasi ini saya susun sendiri untuk kepentingan sekolah saya. Sekalian saja saya bagikan melalui blog ini. Mungkin mampu dimanfaatkan oleh rekan-rekan sesama guru.

2. Aplikasi excel sangat Praktis diedit. Memang aplikasi penyusunan acara ini saya protect beberapa bagiannya. Bukan untuk meminta sumbangan , tetapi untuk melindungi beberapa rumusnya. Maka saya beri bocoran password 'protect sheet'nya yaitu: "pustamun" (tanpa petik).

3. Aplikasi Ms Excel merupakan aplikasi standar bawaan dekstop maka pasti mampu dibuka di hampir seluruh komputer di sekolah.

4. Hampir semua guru paham dan mampu menggunakan Excel , maka ini ialah tabel yg biasa dipakai tapi memliki keadaan-keadaan tertentu yg memudahkan.

Sebelum Mengunduh (Download) Aplikasi Penyusunan Jadwal Pelajaran , berikut dijelaskan belahan dan Caranya kerja bagian-bagiannya:

Aplikasi Penyusunan Jadwal Pustamun Siap Pakai

Ini ialah nama file aplikasi Excel yg saya buat. Tampilannya sederhana.

Berikut ini bagian-bagian MS Excel dan keterangan singkat wacana aplikasi penyusunan acara yg saya buat.

Perlu diketahui bahwa , aplikasi ini siap pakai , alasannya yaitu ialah sudah saya beri referensi penggunannya , saya gunakan di sekolah saya , dan efektif.

Tapi perlu diketahui bahwa , aplikasi ini menyediakan sembilan kolom (9 Rombel) alasannya yaitu ialah di sekolah saya , hanya ada 7A sampai 9C. Jika sekolah anda mempunyai banyak rombel , perlu adaptasi sedikit.

Tampilan Muka Apilkasi Penyusunan Jadwal Siap Pakai

Di bagiah 'Muka' atau 'Beranda' Aplikasi terdapat beberapa tombol  yg mengarah ke belahan yg perlu diisi (berwarna Hijau) , dan tombol yg disediakan untuk pengguna apliksi penyusunan acara yg mungkin membutuhkan sumbangan dan berita lain , atau mempunyai pertanyaan (tombol biru)

Untuk memulai menggunakan aplikasi , silahkan klik tombol 'Isi Identitas' hal ini mampu dipakai mampu tidak. Bisa disiisi Komplit , atau sekenanya alasannya yaitu ialah acara dipakai di internal sekolah.

setelah identitas diisi , silahkan kembali ke 'Home' kemudian klik tombol 'Kode Guru'. Kode guru mampu dilihat pada gambar di bawah ini:

Isi Kode Guru dan Jumlah Jam Mengajara di Masing-Masing Kelas
Dalam tampilan aplikasi jadwal , mirip pada gambar di atas , yg perlu diisi ialah nomor urut , nama guru , isyarat guru , mata pelajaran , jumlah JP (Jam Pertemuan) dalam satu kelas. Misalnya dalam kelas 7A pelajaran Bahasa Indonesia ada 6 JP , maka ditulis 6. Dan seterusnya.

Kolom jumlah jam di tiap-tiap kelas disesuaikan dengan beban mengajar masing-masing guru.

Penggunaan Kode usahakan sama , Jika satu guru menggunakan dua kode , misalnya dalam Contoh Budi Hermanto menggunakan Kode A1 dan A2 , ini menyulitkan untuk mendeteksi acara yg benturan bagi guru yg bersangkutan.

setelah semua isyarat guru dan beban mengajar di tiap-tiap kelas selesai diisikan , dan dianggap benar maka mampu melangkah ke tahap selanjutnya yaitu tombol "ISI Tabel". Untuk mengecek apakah jumlah jam sudah sesuai untuk masing-masing kelas mampu dilihat di baris terakhir yaitu Total Jam. Untuk sekolah yg menerapkan K13 , jumlah jam mengajar ialah 38 JP (masih belum termasuk muatan lokal).

Tahap selanjutnya , mengisi tabel aplikasi. Pastikan isi ke dalam kolom kelas. Untuk belahan yg awal isikan seCaranya acak saja , tinggal menyeseuaikan dengan jam atau hari yg diinginkan oleh yg bersangkutan.

catatan tambahan: Ingat pelajaran Penjaskes harus diletakkan di awal pelajaran.

Dalam proses pengisian pastikan tidak menggunakan teknik Copy-Paste alias Salin-Tempel. Penggunaan Caranya ini mampu merusak rumus keadaan yg sudah terdapat dalam aplikasi penyusunan acara pelajaran otomatis ini.

Jika jumlah jam yg diisikan masih dua , padahal yg diminta ialah empat , maka warna kolomnya ialah hijau. Sementara Jika jumlah isyarat guru yg dimasukkan melebihi jumlah yg seharusnya maka isyarat tersebut bakal berubah menjadi kuning.

Sementara , Jika ada isyarat guru yg sama yg lurus dalam satu waktu , maka keduanya bakal berubah menjadi merah. Tinggal menggeser , supaya tidak kres.


Kode Warna yg Membantu Penyusunan Jadwal Pelajaran
Dalam tahap ini , penyusun acara pelajaran harus jeli dan berhati-hati , open , dan telaten. Karena harus mengisi satu persatu selama sekian jam sekian hari.

Jika semua tabel sudah diisi , tidak ada yg hijau , tidak ada yg kuning , maka acara itu sudah pas sesuai dengan jumlah beban JP dalam kurikulum dan Jumlah JP masing-masing guru.

Untuk membantu mengetahui hal itu , misalnya kita mengentri isyarat M untuk pelajaran Agama , maka dalam kolom di samping , bakal muncul keterangan. Jika masih kurang maka ada keterangan  "Kurang" Jika lebih maka bakal muncul seCaranya otomatis keterangan "Lebih" , Jika jumlahnya sesuai maka bakal muncul keterangan "fix". Pada baris sesuai dengan isyarat guru dan mapelnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut ini:

Untuk kolom "Cari Kode" yg berwarna biru-putih di atas , befungsi untuk mencari isyarat guru yg tampil dalam tabel aplkasi jadwal.

Kolom yg disediakan ada tiga , untuk berjaga mungkin ingin membandingkan satu guru dengan guru yg lain.


Tabel dalam Aplikasi Penyusunan Jadwal untuk Mengetahui Jam Kosong

Dalam tabel di atas , juga terdapat dua warna yaitu hijau dan oranye. Kolom  hijau menandakan bahwa pada hari tersebut guru yg bersangkutan tidak memliki jam mengajar , alias libur.

Sementar isyarat warna putih menyampaikan bahwa guru yg bersangkutan hanya mempunyai satu JP di hari yg sesuai dengan kolom.

Tampilan Jadwal yg Siap Cetak 
Dalam aplikasi juga disediakan tombol 'Cetak Jadwal' Tombol tersebut merujuk pada tampilan acara yg 'enak dibaca' oleh siswa dan guru. Dalam cetak acara juga disediakan tombol pencarian yg mampu dipakai oleh guru mencari kodenya yg memunculkan warna yg tidak sama di antara acara yg lain sehingga Praktis untuk ditemukan.

Sebelum mengunduh , ada baiknya kita tonton terlebih dahulu video tutorial pengisian aplikasi acara tersebut. Tolong juga subscribe channel youtube saya ini.

Memang aplikasi ini tidak dibuat oleh orang yg profesional dan mempunyai lisensi di bidang komputer , maka sangat memungkinkan terjadi kekurangan di sana-sini. Namun tidak ada salahnya pula membagikan , seiapa tahu yg membutuhkan.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Penyusunan Acara Pelajaran Ms Excel Siap Pakai | Smp Pilpay"

Post a Comment