Makna Radikal| Radikalisme| Dan Penggunaannya Yg Keliru | Smp Pilpay

Kata radikal identik dengan sebuah gerakan yg bergairah , menangnya sendiri , keras dan suka main hakim sendiri. Itu pemahaman seCaranya sederhana.

Sebelum dijelaskan lebih dalam mengenai Makna radikal , berikut disajikan Makna radikal yg diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi terbaru:

1 Radikal

1. a seCaranya mendasar (sampai kepada hal yg prinsip):
2. a istilah dalam bidang politik yg berMakna: amat keras menuntut perubahan (undang-undang , pemerintahan)  
3. a istilah dalam bidang politik maju dalam berpikir atau bertindak

2 Radikal

n Kim gugus atom yg mampu masuk ke dalam aneka macam reaksi sebagai satu satuan , yg bereaksi seperti satu unsur saja , misalnya CH3- (metil) , C2H5- (etil) , SO4 (sulfat)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , ada dua kata radikal sesuai penejelasan di atas. Istilah yg pertama berkaitan dengan bidang politik , sementara kata radikal yg kedua merupakan istilah bidang kimia.

Kata radikal dalam bidang kimia sering didengar dalam iklan-iklan produk kesehatan , dirangkai dengan kata bebas , radikal bebas. 

Berikut Makna radikal bebas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

1. molekul oksigen dengan atom yg pada orbit terluarnya mempunyai elektron yg tidak berpasangan.

2. Kim molekul yg kehilangan elektron sehingga menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain , dihasilkan dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal , mirip asap rokok dan hasil penyinaran ultraviolet.

3. molekul reaktif dengan satu atau beberapa elektron tidak berpasangan yg mampu merusak membran sel , DNA , lemak , dan protein.

Kaprikornus , radikal bebas adalah zat yg mampu merusak sistem tubuh manusi yg berasal dari pencemaran udara (asap). Karena sesama istilah kimia , frasa radikal bebas diturunkan dari kata radikal  yg kedua.

Bentuk kata lain yg memliki Makna mirip yakni kata radikalisme. Radikalisme yakni istilah yg berkaitan dengan istilah radikal di bidang politik.

Radikalisme dalam KBBI mempunyai tiga penjelasan Makna yaitu:

1. n paham atau pedoman yg radikal dalam politik   

2. n paham atau pedoman yg menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan Caranya kekerasan atau drastis    

3. n sikap ekstrem dalam pedoman politik

Ketiganya yakni nomina (kata benda). Penjelasan Makna yg pertama , berMakna paham atau pedoman politik yg sangat mendasar yaitu ingin mengubah dasar negara.

Makna yg kedua cenderung pada Makna kekerasan , lantaran yakni perubahan yg mendasar biasanya disertai dengan perubahan-perubahan yg diikuti dengan jalan kekerasan. Pengertian yg kedua ini berkaitan dengan pengertian yg ketiga yaitu sikap ekstrem.

Hal yg mendasar dan ekstrem identik dengan jalan kekerasan. Misalnya dengan Caranya angkat senjata dan membuat kerusuhan. Maka , tidak mampu dielakkan bahwa kaum radikal yg menginginkan perubahan mendasar , Keliru satunya ingin Mengubah sistem pemerintahan yg demokratis berdasarkan Pancasila dengan sistem lain , maka disebut kaum radikal.

Kaum radikal , di Indonesia sudah identik dengan kaum teroris , penebar ketakutan (teror) bagi orang lain. Meskipun beberapa pihak tidak mau disebut radikal meskipun ingin mengubah dasar negara.

Sebenarnya , istilah radikal tidak hanya identik dengan hal negatif. Misalnya sikap Nabi Muhammad yg memAgarkan orang yg membencinya mengencingi masjid , yakni tindakan yg radikal. Yaitu tindakan yg mendasar di luar kebiasaan. Biasanya orang yg menghina harus dilawan , Jika perlu dibunuh , tetapi Nabi Muhammad mencontohkan kesabaran yg ekstrem dan radikal.

Mungkin , istilah yg juga perlu diluruskan yakni istilah deradikalisasi yaitu upaya untuk mengubah yg radikal menjadi tidak lagi radikal. Seharusnya tetap radikal , yaitu perubahan yg mencolok , dari yg awalnya suka membuat onar dengan teror dan bom , menjadi orang yg lebih humanis dan menyayangi sesama manusia serta menghargai perbedaan mirip yg dicontohkan oleh Nabi yg notabene yakni junjungan mereka juga.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Radikal| Radikalisme| Dan Penggunaannya Yg Keliru | Smp Pilpay"

Post a Comment