Contoh-Contoh Cerita Fantasi Singkat Sesuai Dengan Struktur Teksnya | Orientasi| Komplikasi| Resolusi | Smp Pilpay

Struktur Teks Cerita Fantasi minimal ada tiga yaitu:

ORIENTASI
KOMPLIKASI
RESOLUSI

Jika diterjemahkan seCaranya sederhana , Orientasi ialah potongan pengenalan. Pada potongan ini dikenalkan tokoh , latar , dan gambaran umum masalah. Komplikasi ialah potongan munculnya permasalahan-permasalaha. Pada potongan ini biasanya diakhiri dengan duduk kasus yg memuncak. Resolusi ialah penyelesaian duduk kasus dari potongan komplikasi hingga risikonya kisah selesai.

Untuk lebih jelasnya mampu dilihat langsung dalam beberapa teladan kisah fantasi berikut ini:

Cerita Fantasi 1: Bangkitnya Raksasa Ular di Watu Ulo

Watu ulo ialah sebuah lokasi wisata di potongan selatan Jember. Ababal dan temannya , Fajri sedang berwisata ke sana. Mereka berdua bermalam bersama rombongannya. Hari itu , malam cerah. Rembulan bersinar dengan sempurna. Malam purnama. Tiba-tiba terdengar bunyi dengkuran yg sangat keras. 


Ababal dan Fajri terbangun dari tendanya , mereka segera mencari sumber suara. Sementara sedikit orang yg ada di pantai wisata itu mulai panik dan meninggalkan pantai. 

"Lihat! Batu itu bergerak!" Ababal berteriak seraya berlari ke arah Batu Karang yg diyakini ialah ular yg bertapa.

"Aaarkkgg.... Mana Ajisaka? Aku ingin memakannya! Dia telah menipuku." Batu karang itu telah berubah wujud menjadi ular sanca raksasa.

Fajri berusaha menjelaskan kepada ular raksasa bahwa Ajisaka telah mati. Bukannya mendapatkan , ular raksasa justru ingin memakan semua insan yg ada di situ. Gagal bernegosiasi , ular langsung menyerang Ababal dan Fajri dengan ekornya. Mereka berdua melompat menghindar.

Fajri mengeluarkan piano ajaibnya , ia memainkan instrumen yg membuat ular raksasa terbuai dan tertidur. Seketika Ababal mengambil tongkat pramuka dari tenda kemudian menghantamkannya sambil mengeluarkan mantra 'Sudah Jatuh Kejatuhan Tangga'. Seketika tangga dari langit menghantam kepala ular. Ular raksasa mampu dikalahkan.

Saat pagi menjelang , Fajri dan Ababal mengajak seluruh pengunjung untuk membersihkan pantai Watu Ulo. Mereka memberikan bahwa , Ular Raksasa itu bakal berdiri lagi jikalau tempatnya bertapa tidak terjaga.

Cerita fantasi di atas dibuat berdasarkan inspirasi dari Pantai Watu Ulo yg ada di Jember. Pantai itu mempunyai legenda bahwa watu yg menjorok ke laut ialah ular yg bertapa. Cerita Komplit legenda Watu Ulo mampu dibaca dalam: Cerita Rakyat Asal-Usul Watu Ulo Kabupaten Jember

Teks kisah fantasi yg berjudul Bangkitnya Raksasa Ular di Watu Ulo di atas mengandung tiga strukturnya. Bagian Orientasi terdapat pada dua paragraf pertama. Sementara potongan Resolusi yaitu dua paragraf terakhir. Selain potongan itu , teladan teks kisah fantasi di atas merupakan potongan komplikasi.


Bagian Orientasi teks kisah diatas menjelaskan keadaan  dua tokoh yaitu Ababal dan Fajri yg sedang berlibur di watu ulo , pada malam hari , dan keadaan sedang bulan purnama cerah. Hal ini membuktikan latar.

Permasalahannya ialah Saat ular raksasa bangun. Permasalahan kedua ialah Saat ular tidak mau mendapatkan penjelasan Fajri bahkan ingin membunuh semua manusia. Permasalahan ketiga dan puncak masalahnya ialah Saat ular itu mulai menyerang Fajri dan Ababal.

Bagian resolusi terdapat pada Saat Fajri berhasil membuat ular raksasa tertidur dengan alunan piano ajaibnya sementara Ababal mampu membunuh ular raksasa dengan kekuatan dari tongkat pramukanya. Pada potongan final teladan teks kisah fantasi di atas disebutkan bahwa semua pengunjung harus menjaga kebersihan pantai Watu Ulo supaya ular raksasa tidak berdiri lagi.

Visualisasi kisah 'Bangkitnya Raksasa Watu Ulo'

Bisa Juga dilihat melalui Youtube | Tonton Video

Contoh Cerita Fantasi 2: KSP MULIA dari Masa Depan

Jatmiko sedang asyik berjalan di alun-alun kota Jember. Malam itu langit cukup gelap , mendung. Tidak tampak bintang satu pun. Tapi di kejauhan terlihat sekelebat cahaya dari langit yg jatuh di atas gedung tertinggi di Kabupaten Jember. Atap sebuah mall yg masih dibangun.

Tak lama kemudian , ada terdengar sirine kebakaran. Mobil pemadam kebakaran melintas meraung-raung. Gedung tertinggi yg masih dibangun terbakar oleh api yg berwarna biru. Jatmiko berpikir , ini pasti ulah pelintas waktu yg telah mengambil kekuatan api biru kawah Ijen.

Segera Jatmiko menelepon Abdikos , temannya dari masa depan. Di masa depan , Abdikos ialah prajurit KSP Mulia (Ksatria Super Puma Mulia) yg bertugas menjaga perdamaian masa lalu. Abdikos yg sedang mengalahkan monster masa depan di Vietnam segera pulang ke Jember.

Dengan kostum KSP Mulia Abdikos memindahkan Monster api biru ke Pantai Naggelan menggunakan portal lintas ruang. Di sana mereka bertempur. Melihat  sahabatnya bertempur , Jatmiko menghubungi Nonana yg mempunyai kekuatan Spidol ajaib. Dengan kekuatan spidolnya Nonana segera menyusul Abdikos ke naggelan. Abdikos hampir kalah alasannya yaitu ialah monster api biru membawa pasukan yg banyak.

Akhirnya Nonana menggambar pasukan doodle yg berwujud menjadi monster yg ikut melawan monster api biru. Monster api biru dan pasukannya mampu dikalahkan alasannya yaitu ialah terdesak dan tercebur ke pantai selatan. Nonana dan Abdikos sudah dalam keadaan pingsan alasannya yaitu ialah kehabisan kekuatan. Jatmiko mampu menyusul ke Pantai Nanggelan menggunakan motornya yg bernama Tromins. Jatmiko mampu menyelamatkan kedua sahabatnya dan membawa pulang ke rumah masing-masing. Sekali lagi , dunia mampu diselamatkan.

Contoh kisah fantasi yg berjudul KSP Mulia dari Masa Depan merupakan teks kisah fantasi irisan yg berlatar lintas waktu. Diceritakan dari zaman dahulu. Ada potongan yg nyata yaitu adanya kabupaten Jember , dan pantai Nanggelan di potongan selatan Jember. Ada pula potongan yg tidak masuk bakal yaitu potongan fantasi yg berupa kekuatan api biru , monster dari masa depan , serta doodle yg mampu bermetamorfosis monster.

Demikian contoh-contoh teks kisah fantasi dengan judul-judul yg sederhan. Pembaca mampu membuat kisah sendiri dengan judul-judul yg sederhana tapi bersifat khayali. Bisa juga menggunakan bencana sehari-hari kemudian mengakibatkan kekuatan super. Sudah merupakan kisah fantasi. Selamat berkarya!

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh-Contoh Cerita Fantasi Singkat Sesuai Dengan Struktur Teksnya | Orientasi| Komplikasi| Resolusi | Smp Pilpay"

Post a Comment