Siapa Yg Keliru Siapa Yg Minta Maaf | Makna Dan Penggunaan Kata 'Maaf' | Smp Pilpay

Pernah mendengar kata Maaf? Pernah menggunakan kata maaf juga kan? Tapi apakah sudah tahu Makna maaf?

Berikut ini penjelasan kata maaf seCaranya Komplit. Ditinjau dari makna epistimologis dan makna leksikal  (Makna berdasarkan pengertian yg sesuai dengan penjelasan dalam Kamus). 

Kata maaf  dibaca ma.af  atau ma'af adalah serapan dari bahasa Arab , ma'fu مَعْفُ. yg berasal dari kata dasar عفو (afwun). Maknanya sama saja. Jika afwun adalah kata bendanya , ma'fu adalah kata kerjanya (fi'il). Kaprikornus , seCaranya epistimologis , kata maaf adalah memberi ampunan. Penjelasan perihal korelasi kata maaf dan ampun mampu dibaca dalam: Afwan , Maaf , dan Ampun

Sementara seCaranya leksikal , makna yg ada dalam kamus , kata maaf mempunyai tiga dimensi makna. Kamus yg dipakai dalam gesekan pena ini yakni KBBI alias Kamus Besar Bahasa Indonesia dari Pusat Bahasa yg diterbitkan seCaranya daring dalam kbbi.kemdikbud.go.id/.

Dalam KBBI , hanya ada tiga Makna kata maaf yaitu:

  1. n pembebasan seseorang dari sanksi (tuntutan , denda , dan sebagainya) sebab yakni suatu kesalahan; ampun: Contoh kalimat: minta maaf.
  2. n ungkapan permintaan ampun atau penyesalan: Contoh kalimat: Maaf , saya datang terlambat.
  3. n ungkapan permintaan izin untuk melakukan sesuatu: Contoh Kalimata: Maaf , bolehkah saya bertanya?
Makara hanya ada tiga dimensi makna. yg Jika dipikirkan , bekerjsama ketiga tawaran Makna kata 'maaf' yg ada dalam KBBI di atas tidak mampu mencakup dan menjelaskan semua makna yg sangat mungkin disandang oleh kata 'maaf' dalam konteks penggunaannya.

Contohnya mirip kata maaf yg terdapat dalam isu sebuah lokasi wudu di sebuah masjid di Kecamatan Jenggawah , Kabupaten Jember berikut ini:

Maaf Bukan Tempat Kencing
Dalam foto di atas , tampak terang penggunaan kata maaf di sebuah dinding lokasi wudu sebuah masjid. 

Pertanyaannya , kata maaf dalam susunan maaf bukan lokasi kencing  di atas mempunyai Makna yg mana? Jika didasarkan pada makna kamus.

Apakah bermakna: minta maaf? Jadi , (saya minta) maaf (ternyata ini) bukan lokasi kencing. Nah , Jika begini yg Keliru yakni yg menulis pengumuman tersebut.

Apakah bermakna penyesalan. Jadi maaf , (saya menyesal) ini bukan lokasi kencing , (seharusnya ini yakni lokasi kencing.). Begitukah? Tentu tidak lah.

Apakah bermakna meminta izin? Jadi , (saya minta izin meskipun) bukan lokasi kencing (saya tetap kencing). Tentu juga tidak begini makna Maksud pengumuman di atas.

Ada makna yg tidak tercakup dalam kamus. Padahal kata maaf dalam susunan mirip di atas banyak dipakai dalam masyarakat Bahasa Indonesia. 

Seharusnya kamus juga mencatat makna kata maaf yg keempat , yaitu "Asal kau tahu" jadi , kalimat di atas mampu dipahami dengan Praktis saat dicari Maknanya dalam kamus. Sehingga , mempunyai makna , "ASAL KAU TAHU , INI BUKAN TEMPAT KENCING!"

Dalam berbahasa saja , sepertinya orang Indonesia masih belum beres. Siapa yg Keliru siapa yg minta maaf Jika begini. Menurut Anda , adakah makna lain kata maaf selain tiga (yg ada di kamus) dan satu tawaran di atas?

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapa Yg Keliru Siapa Yg Minta Maaf | Makna Dan Penggunaan Kata 'Maaf' | Smp Pilpay"

Post a Comment