Biografi Singkat Gajah Mada| Candi Trowulan Dan Teks Kisah Fantasi | Smp Pilpay

Teks cerita fantasi bersifat khayali , Maknanya mampu saja sebuah ilusi imajiner hasil karangan pengarangnya tanpa mampu terjadi sama sekali. Namun , dalam sebuah teks cerita fantasi yg berupa teks narasi ada kalanya ada irisan dengan keadaan nyata. Keliru satu teks cerita fantasi yg mempunyai kaitan atau beririsan dengan keadaan aktual yakni cerita yg berjudul Belajar dengan Gajah Mada. 

Hal-hal aktual yg ada dalam teks cerita itu yakni adanya Candi Trowulan , Sumpah Palapa yg diucapkan Gajah Mada , dan adanya tiga anak yg sedang mencar ilmu ke Candi Trowulan.

Berikut ini kekerabatan Cerita tersebut dengan Kenyataan yg pernah terjadi.

Gajah Mada

Gajah Mada yakni Keliru satu tokoh Jawa di zaman kerajaan , tepatnya zaman kerjaan Majapahit. Gajah Mada menjadi maha patih Majapahit saat kerajaan yg berpusat di Jawa belahan timur mendampingi raja yg bernama Hayam Wuruk. 

Gajah Mada yakni tokoh yg mampu menyatukan hampir seluruh wilayah nusantara di bawah kekuasan Majapahit. Bahkan disebut-sebut bahwa luas kerajaan Majapahit di masa kepemimpinan Hayam Wuruk yg diwakili oleh Gajah Mada mencapai seluruh wilayah Asia Tenggara sampai sebagaian wilayah India bahkan sampai ke wilayah afrika belahan timur. 

Oleh lantaran yakni kesuksesannya tersebut , Gajah Mada menjadi patih (wakil raja) kerajaan Majapahit yg paling terkenal. 


Sumpah Palapa

Sumpah palapa (ini juga disinggung dalam cerita Fantasi 'Belajar dengan Gajah Mada') merupakan sumpah (janji) yg diucapkan oleh Gajah Mada yg menyatakan bahwa ia tidak bakal memakan masakan yg enak sebelum mampu menyatukan seluruh wilayah nusantara ke dalam bendera Majapahit.

Candi Trowulan

Kompleks Trowulan yg berada di Mojokerto merupakan pusat pemerintahan kerjaan Majapahit. Diyakini bahwa ibukota kerajaan Majapahit ada di Mojokerto. Dengan pusat istananya terdapat di Trowulan. 

Maka ada kekerabatan kalau dalam cerita teks fantasi disebutkan bahwa saat berada di Trowulan mampu kembali ke masa lalu dan bertemu dengan Gajah Mada.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Singkat Gajah Mada| Candi Trowulan Dan Teks Kisah Fantasi | Smp Pilpay"

Post a Comment