Pengertian Majas Dan Misalnya | Smp Pilpay

Majas ialah rangkaian kata dan kalimat yg tidak masuk kebijaksanaan tetapi mempunyai makna. Ini ialah pengertian majas yg paling sederhana yg sanggup disampaikan kepada anak-anak di sekolah.

Berikut penjelasan sederhananya.

Majas itu selalu berisi hal yg berlebihan , contoh:



Pohon kelapa menari bersama angin.

Apakah masuk kebijaksanaan 'pohon kelapa menari' tentu jawabannya tidak. Tapi lantaran ialah kalimat di atas ialah majas , kalimat di atas tetap mempunyai makna , yaitu 'bergerak'. Jadi Maknanya ialah pohon kelapa yg bergerak lantaran ialah tertiup angin.

Begitu juga dengan contoh-contoh majas berikut ini:

darahnya mengucur deras menganak sungai.
mampirlah ke gubukku.

Dua kalimat di atas ialah kalimat yg tidak masuk akal. Tidak mungkin darah yg mengucur hingga mirip anak sungai yg mengalir. Sebelum itu terjadi pasti orangnya sudah mati dan akhirnya darah tidak lagi mengalir.

Penggunaan kata 'gubuk' pada dasarnya juga sesuatu yg tidak masuk akal. Tidak mungkin orang tinggal di gubuk. Gubuk ialah tempat berteduh di sawah yg berfungsi untuk melindungi diri dari sengatan matahari saat istirahat , atau berlindung dari hewan liar dan hawa dingin saat menjaga tanaman di malam hari.

Sejelek apapun , Maksud gubuk dalam majas di atas bukan gubuk , melainkan rumah.

Adapun pengertian majas yg terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah Caranya melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yg lain. (lihat KBBI , 2008 halaman 859).

Pengertian majas , baik yg pertama seCaranya sederhana di atas maupun yg  dalam kamus , mempunyai keterbatasan. Tidak selamanya majas benar-benar tidak masuk akal. Tidak selamanya majas juga dibandingkan (disamakan) dengan dengan hal lain yg mempunyai hal yg mirip atau berupa kiasan.

Mari kita perhatikan majas repetisi berikut ini ,

"Sekali Merdeka , Tetap Merdeka!"

Kalimat di atas ialah Keliru satu bentuk majas , yaitu termasuk jenis majas repetisi. Majas repetisi ialah majas yg mengandung pengulangan beberapa kata yg sama. Dalam pola majas di atas , kata yg sama ialah kata 'merdeka'. Majas di atas tidak disamakan dengan kalimat atau sesuatu yg lain. Majas di atas juga berupa kalimat yg masuk akal.

Sekali lagi , dua pengertian sebelumnya tidak sepenuhnya benar. Maka pengertian majas perlu disempurnakan lagi supaya mengakomodasi (mencakup) semua jenis majas yg dipelajari dalam bahasa Indonesia.

Alternatif Pengertian Majas yg Komprehensif

Pengertian majas yg komprehensif maksudnya yakni , pengertian majas yg sanggup mengakomodasi semua jenis majas. Maka alternatif pengertian majas yg tepat adalah:

Gaya bahasa atau Caranya menggunakan dan menyusun kalimat yg bertujuan untuk memperindah Makna dan mempertajam maksud sesuai dengan kehendak penyusunnya , baik dengan Caranya menggunakan kalimat yg tidak masuk kebijaksanaan atau membandingkan (menyamakan) dengan sesuatu hal yg lain.

Dengan pengertian yg luas tersebut , majas sanggup dipahami dengan lebih Praktis pengertiannya. Jika sudah dimengerti , maka pembelajaran majas di sekolah sanggup berjalan dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Majas Dan Misalnya | Smp Pilpay"

Post a Comment