Makna Kata Desentralisasi Dan Otonomi Daerah | Penjelasan Singkat Dan Komplit | Smp Pilpay

Makna Kata Desentralisasi dan Otonomi Daerah | Penjelasan Singkat dan Komplit


Istilah Desentralisasi mencuat seiring tumbangnya Orde Baru. Selama Orde Baru , sistem ekonomi , politik , dan pemerintahan Indonesia yaitu sistem terpusat. Keterpusatan segala hal di Indonesia mengakibatkan tempat tidak mampu membangun dengan cepat. Maka dari itu muncul wacana untuk desentralisasi kebijakan. Wujud dari desentralisasi inilah yg kemudian masing-masing tempat mempunyai otonomi untuk mengatur wilayahnya.


Makna Desentralisasi dalam Sudut Pandang Bahasa

Desentralisasi merupakan istilah bahasa Indonesia yg diserap dari istilah abstrak (Inggris). Desentralisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa terdapat pada halaman 319 dengan penjelasan maknanya sebagai berikut:

De.sen.tra.li.sa.si: n 1 Sistem pemerintahan yg lebih banyak mengatakan kekuasaan kepada pemerintah lokasi; 2 penyeerahan sebagian wewenang pimpiinan kepada bawahan (atau pusat kepada cabang dsb.)

Berdasarkan Makna akar katanya , desentralisasi berasal dari dua kata yaitu de- dan sentralisasi. Kata de dalam istilah abstrak berkaitan dengan tidak atau bukan. Misalnya kata dekonstruksi berMakna yaitu lawannya konstruksi. Jika konstruksi adalah membangun maka makna atau Makna dekonstruksi adalah merusak bangunan alias menghancurkan.

Begitu pula dengan desentralisasi , sentral Maknanya terpusat , apa-apa terserah pada pusatnya. Jika dalam sistem pemerintahan berMakna semua kebijakan di tempat harus menunggu keputusan pusat. Maka makna desentralisasi adalah tidak lagi terpusat , sehingga tempat mempunyai wewenang.

Kewenangan yg dimiliki oleh tempat itulah yg disebut dengan Otonomi Daerah. Otonomi tempat – juga biasa disingkat otoda- yaitu kewenangan pemerintah untuk mengambil kebijakan berkaitan dengan wilayahnya.

Makna Otonomi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ada dua kata yg berkaitan dengan otonomi dalam KBBI , yaitu otonom dan otonomi.

Oto.nom a 1 berdisi sendiri; dengan pemerintahan sendiri; 2 kelompok sosial yg mempunyai hak dan kekuasaan menetukan arah tindakannya sendiri.

Oto.no.mi n Pol pemerintahan sendiri.

Kaprikornus , Makna otonomi adalah mempunyai pemerintahan sendiri. Ada frasa otomoni tempat dalam KBBI , (lihat KBBI halaman 992).

Otonomi Daerah: hak , wewenang , dan kewakban tempat untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yg berlaku.

Makna otonomi tempat dibatasi oleh peraturan perundang-undangan yg berlaku. Karena dalam otonomi tempat tidak segala yg ada di tempat menjadi kewenangan lokasi. Ada hal yg harus ditetapkan oleh pemerintah pusat , misalnya teladan yg paling sederhana yaitu kebijakan ihwal pendidikan. Daerah berwenang mengatur kebijakan-kebijakan yg bersifat lokasi , tetapi kebijakan pendidikan tetap seCaranya terpusat.

Apa Perbedaan istilah otonomi tempat dan lokasi otonom. Meskipun dibentuk oleh dua kata yg sama namun mempunyai susunan yg tidak sama , maka Makna atau maknanya juga tidak sama.

Otonomi tempat yaitu sistem , sementara tempat otonom yaitu penyebutan suatu wilayah yg merdeka.

Masih berkaitan dengan otonomi lokasi , ada istilah otsus atau otonomi khusus. Otonomi khusus yaitu istilah untuk menyebut otonomi tempat yg khsusu diberikan kepada beberapa wilayah Indonesia. Otonomi khusus diterapkan di Papua dan Aceh. Kedua wilayah ini diberikan otonomi khusus lantaran latar belakang politik dan keamanan yg tidak sama dengan wilayah lainnya.

Selain lokasi , mirip yg telah dijelaskan di atas ada pula badan otonom yg juga biasa disingkat banom. Istilah banom atau badan otonom biasa digunakan di organisasi yg menjadi ‘anak’ dari organisasi lain. Misalnya organisasi IPNU merupakan badan otonom organisasi induknya yaitu NU. Tetapi IPNU mirip halnya tubuh otonomnya yg lain , mempunyai kewenangan mengatur rumah tangganya sendiri tanpa harus mengikuti aturan dan isyarat dari NU. Sehingga mempunyai struktur pengurus sendiri dan mempunyai peraturan sendiri.

Semoga penjelasan singkat ihwal otonom , otonomi , dan otonomi tempat ini mampu bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Kata Desentralisasi Dan Otonomi Daerah | Penjelasan Singkat Dan Komplit | Smp Pilpay"

Post a Comment