Caranya Dan Langkah-Langkah Menulis Cerita Fantasi Yg Benar| Paling Mudah| Dan Singkat | Smp Pilpay

Cerita fantasi merupakan Keliru satu jenis karya sastra. Pada dasarnya sama saja dengan cerpen maupun novel. Namun , di dalamnya ada hal atau bencana yg tidak masuk akal. Sedikit tidak sama dengan dongeng fiksi yg juga mempunyai Makna tidak nyata.

Jika dongeng fiksi kebanyakan masih masuk kecerdikan , kecuali fiksi ilmiah dalam film-film produksi Hollywood. Maka dongeng fantasi pasti berisi hal yg sama sekali tidak masuk akal. Ketidak-masuk-akalan dongeng fantasi mampu berupa perjalanan lintas waktu , kekuatan super , dan berkunjung ke tempat-tempat misterius lain. Atau mampu juga berupa hal-hal tidak masuk kecerdikan yg sangat tidak terbatas.


Nah , untuk mempermudah menulis dongeng fantasi , perlu dilakukan tahapan atau langkah-langkah menulis dongeng fantasi yg bakal dijelaskan dalam Maknakel ini.

Memang ada langkah-langkah menulis dongeng fantasi yg terdapat dalam buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII yg menggunakan kurikulum 2013 revisi 2016. Namun , langkah-langkah menulis dongeng fantasi tersebut tidak aplikatif , terlalu bertele-tele bahkan cenderung membingungkan siswa dan guru.

Langkah-langkah menulis dongeng fantasi yg sederhana dan Praktis dipahami yaitu sebagai berikut:

Pertama , berangkat dari pengalaman.

Cerita fantasi yg diambil , yg paling Praktis yaitu dongeng fantasi irisan. Cerita fantasi irisan yaitu ada kepingan yg mungkin terjadi di kehidupan nyata , ada pula dongeng yg sama sekali tidak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata. Kita ambil saja teks dongeng fantasi yg irisan. Jadi mampu berangkat dari hal nyata yg pernah kita alami.

Misalnya , kita pernah berkunjung ke sebuah tempat wisata. Maka kita mampu menggunakan pengalaman itu untuk menulis dongeng fantasi. Buka saja dongeng dengan pengalaman pribadi kita masing-masing.

Kedua , beri sentuhan fantasi.

Maksudnya , buat atau belokkan alur dongeng dari pengalaman kita. Jika hanya menulis pengalaman berkunjung ke tempat wisata , itu bakal menjadi cerpen atau cerit pada umumnya , bukan dongeng fantasi. Maka perlu diberi hal yg tidak masuk kecerdikan yg terjadi dalam cerita.

Misalnya , saat berkunjung ke museum tiba-tiba mampu kembali ke masa kemudian sesuai dengan benda yg sedang dilihat. Misalnya lagi saat berkunjung ke tempat wisata , hubungkan dengan legenda yg ada dalam tempat wisata tersebut. Bisa juga dihubungkan dengan masa depan. Misalnya menjadi tempat pendaratan makhluk luar angkasa. yg mampu membawa jalan-jalan ke planet lain.

Ketiga , munculkan masalah.

Inti dari sebuah dongeng mampu dikatakan menarik lantaran yaitu adanya masalah. Masalah ini yg menjadi daya tarik cerita. Maka perlu dimunculkan perkara berkaitan dengan hal aneh yg mampu terjadi.

Misalnya dongeng ihwal legenda sebuah tempat wisata. Maka mampu ditampilkan hubungannya. Misalnya bangkitnya Malin Kundang yg hendak balas dendam. Pasti menjadi masalah. Jika jalan-jalan keluar angkasa , perkara yg ditampilkan mampu berupa pertemuan dengan alien jahat , atau kesulitan kembali ke bumi lantaran yaitu pesawat rusak.

Keempat , selesaikan masalah.

Masalah yg sudah muncul dalam teks dongeng fantasi harus diselesaikan sehingga mampu menjadi kepingan penutup dongeng alias menjadi kepingan resolusi. Untuk memudahkan menutup dongeng , buat saja dongeng kita mampu kembali ke kehidupan nyata yg normal yg sudah tidak ada hal yg fantasi atau khayali.

Kelima , sunting teks.

yg perlu disunting dalam teks dongeng fantasi yg lebih utama yaitu penggunaan tanda petik. Tanda petik selalu digunakan dalam perkataan seseorang. Pastikan bahwa , ucapan tokoh dalam dongeng fantasi diberi tanda petik.

Demikian langkah-langkah menulis dongeng fantasi ala pustamun. Selamat menulis karya Anda sendiri. Untuk melihat teladan teks dongeng fantasi karya saya mampu dilihat di sini ya.....

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Caranya Dan Langkah-Langkah Menulis Cerita Fantasi Yg Benar| Paling Mudah| Dan Singkat | Smp Pilpay"

Post a Comment