Perbedaan Makna Kata ‘Buat’ Dan ‘Untuk’ Serta Penggunaannya | Smp Pilpay

Banyak sinonim dalam bahasa Indonesia , hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor , di antaranya karena sifat bahasa Indonesia yg terbuka terhadap bahasa asing. Karena bahasa Indonesia terbuka , maka dapat dan dapat mendapatkan kata serapan dari aneka macam bahasa. Misalnya , kata cinta mempunyai sinonim yg sangat banyak yg berasal dari aneka macam bahasa abstrak di dunia , tentu melalui proses penyerapan yg otomatis melalui penyesuian makna dan pelafalan. Untuk para penutur bahasa Indonesia pemula , tentu kesulitan menggunakan masing-masing kata tersbut.

Contoh lain adalah kata sekolah yg bersinonim dengan madrasah. Sekolah lebih akrab dengan bahasa dari Eropa , school (inggris) , sementara madrasah adalah serapan bahasa Arab.


Dalam bahasa Indonesia , sinonim juga berkaitan dengan kebakuan kalimat. Misalnya kata ‘saya’ dan kata ‘gue’ mempunyai Makna yg sama , tapi mempunyai perbedaan juga. Perbedaan yg meliputi penggunaan. Kaprikornus , selain karena adanya penyerapan dari bahasa aneh , sinonim yg majemuk dalam bahasa Indonesia dikarenakan adanya kata baku dan tidak baku.

Berkaitan dengan kata baku dan tidak baku itu , pembahasan ihwal kata ‘untuk’ dan kata ‘buat’ ini berpijak.

Penjelasan Perbedaan antara Kata Buat dan Kata Untuk



Makna Kata ‘untuk’ dan ‘buat’

Kata’untuk’ dalam bahasa Indonesia ada tiga. Lihat di KBBI Pusat Bahasa Edisi Keempat halaman 132. Ada tiga lema ‘untuk’ dengan Makna yg tidak sama-beda. Kata ‘untuk’ yg pertama mempunyai 6 klarifikasi , yaitu kata ‘untuk’ yg berkedudukan sebagai pMaknakel.

Masing-masing Makna kata untuk sebagai pMaknakel adalah sebagai berikut:
1. kata depan untuk menyatakan bagi ....; bagian;. Contoh kalimat: ini untukku , itu Buatmu.

2. alasannya adalah atau alasan. Contoh kalimat: untuk kesalahan itu , ia dihukum selama dua bulan; untuk semua itu , ia mau bekerja keras.

3. tujuan atau maksud; bagi; Contoh kalimat: lemari untuk (menyimpang) perhiasan; tontonan untuk semua umur;

4. penggantian (sebagai ganti ....); (disediakan , dipakai , diapakai) sebagai..... Contoh kalimat: Kardus itu dipakai untuk meja belajar; diberi topi untuk menutupi kepala.

5. selama. Contoh kalimat: untuk lima hari ke depan kamu harus selalu berkunjung ke blog ini.

6. sudah. Contoh kalimat: untuk kedua kalinya kamu saya peringatkan.

Selain kata ‘untuk’ yg pertama di atas , kata untuk juga diserap dari bahasa Minangkabau yg memliki Makna: bagian dari milik yg dibagik-bagikan.

Sementara itu , ada pula kata untuk yg berkedudukan sebagai nomina kata benda yg mempunyai Makna kemaluan perempuan. Kata ‘untuk’ ini dimaksudkan untuk memperhalus sebuatan untuk alat kelamin.

Baca Juga: Penjelasan kata ‘untuk’ yg Komprehensif

Sementara itu , kata ‘buat’ memang di Keliru satu maknanya mempunyai Makna yg bersinonim dengan ‘untuk’. Tapi , Makna kata ‘buat’ terang tidak sama dengan kata ‘untuk’.

Berikut ini Makna ‘buat’ dalam Kamus Besar Besar Bahasa Idonesia Pusat Bahasa. Lihat KBBI halaman 213.

Ada dua kata ‘buat’ dalam KBBI. Kata buat yg pertama berposisi sebagai ‘verba’ alias kata kerja. yg mempunyai dua Makna yaitu: 1. Kerjakan; lakukan; dan Makna yg kedua 2. Bikin.

Sementara kata ‘buat’ yg kedua dalam KBBI adalah kata buat yg ada pada kelas kata ‘pMaknakel’. Makna kata ‘buat’ ini yg bersinonim dengan ‘untuk’.

Perbedaan Kata ‘buat’ dan ‘untuk’

Karena yg sedang dibahas adalah perbedaan antara kata buat dan untuk , tentu Maksud adalah kedua kata tersebut dalam posisi sebagai ‘pMaknakel’. Jika kata ‘untuk’ adalah kata yg dapat dipakai dalam ragam formal atau ilmiah , kata ‘buat’ meskipun mempunyai Makna yg sama dengan ‘untuk’ tidak dapat dipakai dalam bahasa ragam formal , karena kata ‘buat’ merupakan kata dalam ragam percakapan.

Maka dari itu , kata ‘buat’ dan kata ‘untuk’ tidak dapat saling sulih (saling menggantikan) dengan sekenanya. Harus dilihat konteks kalimatnya.

Misalnya dalam kalimat:

Surat cinta untuk starla bisa digantikan oleh ‘buat’ menjadi surat cinta buat starla.

Tetapi dalam kalimat berikut ini , kata buat tidak dapat diganti untuk:

Buatlah sebuah kalimat aktif.

Tidak dapat disulih (diganti) Untuklah sebuah kalimat aktif **

Begitu pula dengan kalimat berikut ini , kata ‘untuk’ tidak dapat digantikan oleh kata ‘buat’:

Lemari ini dibuat untuk menyimpan baju.

Tidak dapat diganti Lemari ini dibuat buat menyimpan baju **

Dengan mengetahui Makna masing-masing kata ‘untuk’ dan kata ‘buah’ maka kita dapat dengan Praktis mengetahui perbedaan antara keduanya. Sekaligus dapat menggunakannya dalam konteks kalimat yg sesuai.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Makna Kata ‘Buat’ Dan ‘Untuk’ Serta Penggunaannya | Smp Pilpay"

Post a Comment