Di Dan Ke Yg Dipisah | Penjelasan Pengertian Dan Contoh Dalam Kalimat | Smp Pilpay

Pelajaran dan penggunaan kata depan di  dan ke acapkali (sering) mengakibatkan kebingungan bagi siswa. Kapan harus dipisah , dan kapan harus disambung. Sebenarnya di- dan ke- yg disambung alias digabung sangat tidak sama dengan di dan ke  yg dipisah.

Lihat saja penulisan di atas , ada yg ditulis di- dan ke- yg disertai dengan tanda hubung (-) , dan di dan ke yg tanpa disertai tanda hubung. Apa beda maksud penulisan tersebut.

Kaprikornus , ketiga ditulis di dan ke tanpa tanda hubung mirip ini , maka keduanya (di dan ke) di sebut dengan kata. Definisi kata yakni kata yg mampu bangun sendiri dan mempunyai makna. Sementara yg ditulis disertai tanda hubung , (di- dan ke-) bukan sebuah kata , malaikan sebuah imbuhan. Posisi dan sifatnya sama dengan imbuhan lain , harus ditulis melekat dengan kata dasarnya.



Untuk lebih memudahkan penjelasan mengenai kata di dan ke yg digabung maupun yg dipisah , perlu dijelaskan dalma rujukan berikut ini.

saya dipanggil ibu di dapur.

Dalam kalimat di atas , terdapat kata dipanggil dan di dapur. Kata dipanggil merupakan kata berimbuhan , yg mempunyai kata dasar panggil. Sementara kata di dapur terdiri dari dua kata , ditantai dengan adanya spasi di antara keduanya.

Dari rujukan di atas , mak adapat diketahui bahwa kata di dipisah saat diikuti dengan kata benda atau kata tempat. Sementara di- yg digabung saat melekat pada kata kerja (panggil) , sesuatu yg mampu dikerjakan oleh orang.

Begitu pula dengan kata ke dan imbuhan ke-. Kata depan ke penulisannya harus dipisah saat diikuti dengan kata benda. Misalnya: Saya sudah pulang ke rumah.

Dalam kalimat di atas , ada frasa ke rumah. Ada dua kata. Bandingkan dengan kalimat berikut ini: kita tidak boleh mengungkit-ungkit keburukan orang di kala lalu.

DAlam kalimat di atas , ada kata keburukan. Hal ini tidak mampu dipisah. Kata dasarnya adaah jelek , mendapatkan imbuhan ke- -an. 

Dalam kalimat di atas terdapat  pula kata di kala lalu. Kok dipisah? Karena masa kemudian adalah kata benda. Masa kemudian tidak mampu diwujudkan. Tapi kala kemudian itu ada , maka tersmasuk kata benda. Karena merupakan kata benda , mka di yg ada di situ yakni kata depan , bukan imbuhan.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di Dan Ke Yg Dipisah | Penjelasan Pengertian Dan Contoh Dalam Kalimat | Smp Pilpay"

Post a Comment