Makna Alhamdulillah Dan Alhamdulillahi Rabbil Alamin Dan Beberapa Variasinya | Smp Pilpay

Postingan ini saya tulis saat ramadan. Harapannya sederhana , mengembangkan pengetahuan yg sedikit. Semoga bermanfaat penjelasan alhamdulillah dalam Maknakel bebas ini.

Alhamdulillah merupakan serapan dari bahasa Arab. Tulisan dalam bahasa Arab terdiri dari dua kata yaitu alhamdu (tulisan arabnya: الحمد) dan lillahi (لله). Kata ini sudah diserap menjadi milik bahasa Indonesia dan terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Kata dasar alhamdulillah sama dengan kata dasar muhammad yaitu hamada. Penjelasan Makna muhammad dapat dibaca dalam tabrakan pena ini: Makna Nama Muhammad dan Penggunaannya

Makna alhamdulillah (al.ham.du.lil.lah) dalam KBBI ada dua yaitu:

Penjelasan alhamdulillah yg pertama adalah ungkapan untuk menyatakan rasa syukur alasannya ialah mendapatkan karunia Allah (Maknanya segala puji bagi Allah’).

Penjelasan alhamdulillah yg kedua adalah pengungkapan kebanggaan kepada Allah Swt. yg dibaca sebagai rangkaian zikir (Subhanallah , Alhamdulillah , Allahuakbar) sesudah salat.

Dalam pengertian dari KBBI , alhamdulillah adalah pMaknakel ditandai dengan aba-aba p , dan merupakan istilah dalam laras Islam (ditandai kode: Isl).

Inti Maknanya yaitu segala puji bagi allah.

Saat saya mengaji di langgar dulu , guru ngaji menjelaskan kepada saya bahwa segala puji itu mengandung makna empat hal. Yaitu:

pujian dari yang kuasa kepada yang kuasa (ini ada dalam kitab suci yg merupakan kalam Tuhan yg memuji Tuhan sendiri).

pujian dari yang kuasa kepada makhluk (contohnya saat Tuhan memuji makhluk yg paling terpuji yaitu Nabi Muhammad).

pujian dari makhluk kepada yang kuasa (sering kita sebagai makhluk , memuji keagungan Tuhan).

pujian dari makhluk kepada makhluk (adalah saat kita kagum dan memuji makhluk Tuhan yg lain , misalnya pemandangan , atau manusia alasannya ialah kepandaiannya).

Makara , segal puji , baik kebanggaan dari Tuhan kepada Tuhan , dari Tuhan kepada makhluknya , dari makhluk kepada Tuhan , maupun dari makhluk kepada sesama makhluk pada dasarnya yaitu milik Allah. Karena semua makhluk yaitu ciptaan Allah.

Itu yaitu inti Makna alhamdulillah.

Pada dasarnya , alhamdulillah tidak semata dipakai oleh orang muslim. Orang yg majemuk selain Islam juga menggunakan pMaknakel alhamdulillah untuk menyeru rasa syukur karen mendapatkan sesuatu atau mendapatkan kenikmatan.

Baca Juga: Makna Subhanallah dalam Bahasa Indonesia

Makara , ada pergeseran Makna alhamdulillah dari segala puji yaitu milik Allah menjadi puji Tuhan. Karena memang Maknanya serupa.

Selanjutnya , kata alhamdulillah biasanya dirangkai dengan rabbil alami yaitu alhamdulillahirabbil alamin (الحمد لله رب العالمين). Kata alhamdulillahi rabbil alamin merupakan ayat kedua dalam surat alfatihah , surat pertama dalam kita suci Alquran.

Maknanya yaitu segala puji milik Allah yang kuasa alam semesta.

Ada pula rangkaian yg sering kita dengar yg mengandung kata alhamdulillah yaitu kalimat alhamdulillah ala kulli hal.

alhamdulillah Maknanya segala puji milik Allah.

ala (على) Maknanya ke , kata hubung. Dalam konteks ini , lebih pas diMaknakan atas.

kulli (كلّ) Maknanya segala atau semua.

hal (حال) Maknanya sesuatu. 

Makara , Makna alhamdulillah ala kulli hal (kada dibaca: kulli haalin) adalah segala puji milik Allah atas segala hal (yg diterima).

Selain sebagai penyeru alasannya ialah mendapatkan nikmat , alhamdulillah juga biasa dipakai untuk menutup sebuah kegiatan. Seperti dalam lagu nasyid yg cukup terkenal:

diawali dengan bismillah
diakhiri dengan alhamdulillah

Baca Juga: Makna Bismillah dan Penjelasan Makna Katanya

Alhamudillah tulisan ini selesai juga. Demikian penjelasan singkat perihal kata alhamdulillah.  Jika ada kesalahan mampu dikoreksi oleh pembaca melalui komentar. Salam Pustamun!

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Alhamdulillah Dan Alhamdulillahi Rabbil Alamin Dan Beberapa Variasinya | Smp Pilpay"

Post a Comment