Penjelasan Makna Kata 'Buka Puasa' Dalam Bahasa Indonesia Dan Bahasa Arab | Smp Pilpay

Hal yg paling ditunggu-tunggu oleh orang yg sedang berpuasa ialah waktu berbuka. Yaitu waktu yg diperbolehkan untuk makan dan minum sesudah lebih dari 12 Jam menahannya sejak waktu Imsak. Waktu berbuka puasa ialah saat azan magrib.

Sebenarnya , buka puasa merupakan simpulan dari menahan lapar dan haus , ditutup dengan buka puasa. Nah , Mengapa ditutup dengan buka. Ini sepetinya berlawanan makna.

Jika tidak ditelisik lebih lanjut , seakan-akan kata buka dalam frasa buka puasa adalah kata buka yg antonimnya ialah tutup. Padahal dalam bahasa Indonesia ada dua kata buka. BerMakna kata buka merupakan kata yg berhomonim.

Kata buka yg pertama mempunyai tiga Makna:

1.  v ark jarak; antara; lebar. Maksudnya kode ark menunjukkan bahwa Makna buka pada masa lalu yg kini sudah jarang digunakan lagi ialah jarak , antara dan lebar. Misalnya dalam contoh:
 jalan yg bukanya 5 m , Maknanya jalan yg lebarnya 5 meter.

2. v cak membuka; terbuka: Dalam ragam percakapan , Makna buka ialah terbuka yaitu kondiei tidak menutup. Contoh kalimat: Dia tidak berani buka lisan    maksudnya , tidak berani berbiCaranya ihwal suatu hal.

3. v berjualan atau bekerja: Makna yg ketiga ini digunakan untuk menyebut jam kerja sebuah toko atau kantor. Kaprikornus , buka mempunyai Makna membuka aktivitas. Contoh kalimat: kantor pemerintah mulai buka pukul 08.00 , tutup pukul 15.00

Kata buka yg kedua mempunyai satu Makna yaitu:

v Isl minum atau makan pada petang hari (biasa ditandai dengan masuknya magrib) untuk membatalkan puasa setelah berpuasa .

Berdasarkan penjelasan Makna di atas , mampu diketahui bahwa istilah buka yg kedua digunakan untuk menyebut hal dalam laras agama Islam (ditandai kode Isl). Yaitu memakan atau meminum pada waktu magrib yg bertujuan untuk membatalkan puasa.

Kaprikornus , buka puasa hanya mampu dilakukan saat sudah magrib. Jika makan dan minumnya orang yg sedang puasa dilakukan sebelum magrib , maka disebut buka duluan bukan buka puasa.

Istilah lain yg berkaitan dengan ini ialah mokel juga disebut motel (untuk beberapa pelafalan yg lain) menyebut orang yg membatalkan puasa sebelum waktunya.

Dalam masayarakat Indonesia juga dikenal istilah poso beduk (puasa setengah hari). Poso Beduk adalah puasa yg dilakukan oleh anak kecil. Hal ini bertujuan untuk melatih sang anak supaya besar lengan berkuasa dan terbiasa berpuasa.

Dari penjelasan kedua kata buka  di atas mampu diketahui bahwa ada dua kata yg tidak sama. Sebagai bandingan kita telisik makna buka dan buka puasa dalam bahasa Arab , sebagai bahasa awal penyebar Islam.

Makna buka yg pertama (antonimnya tutup) dalam bahasa Arab disebut fataha (فتح). Maknanya buka dan membuka. Misalnya , Nabi Muhammad pernah mengadakan perang fathul makkah yaitu perang untuk membebaskan Makah dari penguasa yg memerangi Nabi.

Sementara Makna buka yg kedua yg berkaitan dengan puasa , dalam bahasa Arab disebut iftar (الافطار). mampu juga dibaca al.iftar. Jika الافطار diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris , Maknanya ialah the breakfast. Maknanya iftar adalah sarapan.

Antara iftar dan breakfast mempunyai kemiripan Makna akar katanya. breakfast tersusun dari kata break (istirahat) dan fast (cepat). SeCaranya sederhana mampu dimaknai istirahat lebih awal. Mengapa diperlukan istirahat lebih awal , untuk mengisi perut yg dalam bahasa Indonesia disebut sarapan.

Sama halnya dengan iftar dalam puasa. Sunnahnya ialah menyegerakan membatalkan puasa saat sudah magrib.

Bentuk Turunan Kata buka.

Karena merupakan dua kata yg tidak sama , masing-masing mampu dilekati imbuhan atau afiks yg tidak sama pula. Kata buka yg pertama mampu dilekati dengan imbuhan meN- menjadi membuka. Sementara kata buka yg kedua tidak mampu dilekati imbuhan meN- tetapi mampu dilekati oleh ber- menjadi berbuka.

Istilah lain yg berkaitan dengan buka puasa ialah bubar dan buber ada juga yg menulis bukber. Bubar adalah kependekan dari buka puasa bareng. Sementara buber dan bukber adalah kependekan dari buka puasa bersama. 

yg terang , istilah ini tidak berkaitan dengan Justin Bieber meskipun katanya mirip.

Selamat berpuasa dan selamat berbuka pada waktunya. Salam Pustamun!



Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Makna Kata 'Buka Puasa' Dalam Bahasa Indonesia Dan Bahasa Arab | Smp Pilpay"

Post a Comment