Analisis Makna Lagu Surat Cinta Untuk Starla | Smp Pilpay

Analisis Makna Lagu Surat Cinta untuk Starla

Lagu yg berjudul ‘Surat Cinta untuk Starla’ pertama kali saya dengar Saat menemani belum cukup umur berlatih untuk penampilan perpisahan di sekolah , di Jenggawah Jember. Dalam latihan itu , judul lagu ‘Surat Cinta untuk Starla’ diajukan oleh Keliru satu pengurus OSIS yg ingin tampil menyenyikan lagu itu.

Sejak Saat itu , saya menjadi tidak asing dengan lagu yg dianggap paling romantis oleh belum cukup umur muda ini. Sampai Saat perpisahan , lagu surat cinta untuk starla sudah berkali-kali saya dengarkan. Sekilas saya pikir maknanya lumayan dalam juga.


Baru kemudian , saya memahami surat cinta untuk Starla lebih dalam lagi maknanya Saat istri menanyakan Caranya membuat parafrase kok mampu menarik. Maka dari itu , saya menanyakan lagu apa yg sedang ngetop di belum cukup umur muda. Istri saya menjawab , Surat Cinta untuk Starla.



Maka , saya langsung meminta lirik lagu Surat Cinta untuk Starla. Kebetulan sebelumnya ia sudah searching (menelusur) di mesin pencari. Maka saya tinggal menulis lriknya.

Berikut Lirik Lagu Surat Cinta untuk Starla.

Surat Cinta untuk Starla

Kutuliskan kenangan perihal
Caranyaku menemukan dirimu
Tentang apa yg membuatku Praktis
Berikan hatiku padamu

Takkan habis sejuta lagu
Untuk menceritakan cantikmu
Kan teramat panjang puisi
Tuk menyuratkan cinta ini

Telah habis sudah cinta ini
Tak lagi tersisa untuk dunia
Karena tlah ku habiskan
Sisa cintaku hanya Buatmu

Aku pernah berpikir tentang
Hidupku tanpa ada dirimu
Dapatkah lebih indah dari
yg kujalani sampai kini

Aku selalu bermimpi tentang
Indah hari renta bersamamu
Tetap manis rambut panjangmu
Meskipun nanti tak hitam lagi

Bila habis sudah waktu ini
Tak lagi berpijak pada dunia
Telah saya habiskan
Sisa hidupku hanya Buatmu

Bila musim berganti
Sampai waktu terhenti
Walau dunia membenci
Ku kan tetap di sini

Untuk memahami makna lagu Surat Cinta untuk Starla di atas , perlu melalui parafrase liriknya. Berikut ini referensi parafrase liriknya. Parafrase tidak hanya mirip ini , mampu menggunakan kata-kata lain asal memudahkan memahami makna sebuah lirik lagu.

Parafrase Lagu Surat Cinta Untuk Starla

(telah) Kutuliskan (semua) kenangan (indah) perihal
Caranyaku (untuk) menemukan (rasa cintaku pada) dirimu
Tentang apa (saja) yg membuatku Praktis (untuk)
(mem-)Berikan hatiku (dan segala rasaku) padamu

Takkan habis (rasa cintaku dengan) sejuta lagu
(lagu yg kugunakan) Untuk menceritakan cantikmu
Kan teramat panjang puisi (yg harus tertulis)
(un)Tuk menyuratkan (menulis rasa) cinta(ku) ini

Telah habis sudah (rasa) cinta ini
Tak (ada) lagi (yg) tersisa untuk (hal lain di) dunia
Karena tlah ku habiskan
Sisa cintaku hanya (kuberikan) Buatmu

Aku pernah (sempat) berpikir tentang
(apa jadinya) Hidupku (jika) tanpa ada dirimu (di sampingku)
Dapatkah (hidup ini) lebih indah dari
yg (telah) kujalani sampai kini

(cintaku ,) Aku selalu bermimpi tentang
Indah(nya) hari tua(ku) (jika hidup) bersamamu
(dirimu yg) Tetap manis (dengan) rambut panjangmu
Meskipun nanti (rambutmu) tak hitam lagi (dan sudah memutih)

Bila (telah) habis (usiaku nanti dan) sudah (selesai) waktu (hidupku) ini
(Kakiku) Tak lagi berpijak pada (tanah) (dan meninggal) dunia
(aku tak menyesal , karena) Telah saya habiskan
(seluruh) Sisa hidupku hanya untuk (mencintai)mu

Bila (nanti) musim (telah) berganti
Sampai waktu (kehidupan) terhenti
Walau (orang di seluruh) dunia membenci(ku)
Ku (a)kan tetap (ada) di sini (untuk mencintaimu)

Dari parafrase di atas , mampu diketahui makna surat cinta untuk starla adalah sebagai berikut:
“Semua kenangan dan kejadian yg indah perihal wanita pujaan hatinya , sudah membuatnya lupa dan tidak peduli dengan apapun dan siapapun di dunia. Dia hanya merasa nyaman Saat mampu hidup bersama sampai tua. Meskipun semua orang di dunia membenci , ia bakal tetap setia menemani kekasihnya.”

Sekian , analisis makna lagu surat cinta untuk starla.


Salam Pustamun!

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analisis Makna Lagu Surat Cinta Untuk Starla | Smp Pilpay"

Post a Comment