Makna 'Burung' Dalam Bahasa Indonesia | Smp Pilpay

Pernah dengar kata 'burung'?

Apa konstruksi makna yg ada pada benak Anda saat mendengar kata 'burung'?

Dalam bahasa Indonesia yg telah dibakukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia , istilah burung mempunyai tiga klarifikasi , yaitu:

  1. n binatang berkaki dua , bersayap dan berbulu , dan biasanya mampu terbang;  
  2. n sebutan jenis unggas (biasanya yg mampu terbang)    
  3. n cak kemaluan laki-laki 
(Lihat: kbbi.kemdikbud.go.id)
Pengambaran Sederhana Animasi Burung di Senja Hari


Dua Makna yg pertama , merujuk pada istilah biologi yg berkaitan dengan ilmu hewan (zoologi). Yaitu menjelaskan tentang burung yg bersinonim dengan unggas. 

Dimensi maknanya , burung yaitu hewan yg mampu terbang. Meskipun bersayap dan berkaki dua , tetapi tidak mampu terbang , tidak disebut burung. Meskipun dari ordo avian.

Burung mempunyai makna simbolis yg kuat. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di banyak negara. Di Indonesia , burung menjadi lambang negara , Burung Garuda , meskipun merupakan makhluk mitologi , burung garuda tidak ada wujud aslinya.

Sebagian partai juga menggunakan 'burung' sebagai lambang. Misalnya Partai Demokrat , menggunakan burung elang yg membawa lambang mercy Partai Demokrat. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yg kelahirannya dibidani oleh Prabowo Subionto juga menggunakan gambar kepala burung (garuda) sebagi simbol partainya.

Tidakn sedikit pula produk yg menggunakan burung sebagai logo dan simbolnya. Transjakarta menggunakan elang bondol sebagai logonya , produk kacang ada yg menggunakan burung sebagai namanya , maskapai penerbangan Indonesia juga menggunakan burung sebagai namanya , alasannya yakni yaitu identik dengan terbang. Ada maskapai Garuda , dan Merpati.

Burung , juga digunakan di negara lain. Mitologi Yunani yg balasannya menyebar ke seluruh dunia melalui majemuk rekonstruksi seni baik berupa ukiran pena maupun film dan teater. Dalam mitologi eropa ini , dikenal burung phoenix , burung api yg abadi.

Negara adikuasa , Amerika Serikat juga menggunakan burung sebagai lambang negaranya. Elang Amerika. 

Penggunaan 'burung' sebagai lambang oleh masyarakat modern , juga menjadi tindak lanjut 'penghormatan' terhadap burung oleh leluhur-leluhurnya. Dalam cerita rakyat  bangsa Indonesia dikenal tokoh 'Jatayu'. Tokoh burung raksasa dalam pewayangan , yg berhati mulia dan sudi menolong orang yg baik. Karena potongan dari pewayangan , tokoh 'Jatayu' pasti juga dikenal di India. 

Kaprikornus , pada dasarnya , burung sebagai makhluk yg dihormati dikenal dan digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Mengapa 'burung' digunakan sebagai simbol atau lambang , tentu alasannya yakni yaitu mempunyai makna yg baik. Berikut ini makna penggunaan burung sebagai simbol atau lambang atau logo.

1. Burung yaitu hewan yg mampu terbang. Terbang tinggi sekali menguasai angkasa. Maka penggunaan burung sebagai lambang menjadi simbol harapan bahwa sesuatu tersebut (organisasi , partai , produk , perusahaan) mampu terbang tinggi menembus angkasa.

2. Burung yaitu hewan dengan pengelihatan tajam , maka diharapkan membawa makna menjadi sebuah badan yg disimbolkan tersebut sebagai lembaga atau badan yg awas terhadap perkembangan zaman.

3. Burung yaitu hewan yg setia (merpati) , digunakan sebagai simbol kesetiaan.

4. Burung yaitu hewan yg kekal (phoenix) maka diharapkan menjadi simbol keabadian bagi penggunanya.

5. Burung juga menjadi simbol bagi keindahan dan kemerduan , maka juga digunakan sebagai logo perusahaan komunikasi 'twitter'.

Makna Negatif Burung

Burung selain mempunyai makna kasatmata , juga mempunyai konotasi negatif sebagai kata ganti untuk kemaluan orang laki-laki. Lambang burung juga digunakan oleh para kartunis untuk menggambarkan keadaan 'alat kelamin' yg kesakitan.

Masih banyak pula konteks yg mengatakan penggunaan kata 'burung' sebagai alat kelamin laki-laki. Mungkin tidak perlu dibahas di sini. 

Makna Burung dalam Bahasa Lain

Kata yg dieja 'burung' tidak hanya dikenal dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa tempat , bahasa Madura , juga dikenal istilah 'burung'.

Tolos apa burung? Jika kalimat di samping diucapkan oleh orang Madura , maka Maknanya adalah: Jadi apa gagal?

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna 'Burung' Dalam Bahasa Indonesia | Smp Pilpay"

Post a Comment