Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp/Mts | Smp Pilpay

Teks mekanisme adalah jenis teks yg berisi mekanisme atau Caranya atau tahapan yg sanggup dilakukan oleh pembaca. Teks mekanisme ada untuk membantu pembaca dalam melakukan , membuat , atau melakukan suatu hal.

Ada tiga teks mekanisme yg dibahasa dalam gesekan pena ini , yaitu teks mekanisme yg berjudul: Caranya Memainkan Angklung; Caranya Membuat Obat Radisional Insomnia; dan Caranya Melakukan Gerakan Tari Tor-Tor.

Makara , masing-masing teks mekanisme mempunyai tujuan sendiri. Berikut ini adalah pembahasan mengenai tujuan sebuah teks mekanisme di atas.

Kita lihat tujuan teks mekanisme di atas sanggup dilihat dari judulnya. Bandingkan ketiga judul tersebut. Pasti diawali dengan kata 'Caranya'. Makara ada kemiripannya , semuanya adalah Caranya untuk. Tinggal disesuaikan dengan judul teksnya.

Judul teks mekanisme yg pertama adalah Caranya Memainkan Angklung berMakna teks tersebut mempunyai tujuan untuk memandu orang lain untuk memainkan alat musik angklung dengan urutan yg tepat.

Judul teks mekanisme yg kedua adalah Caranya Membuat Obat Tradisional Insomnia berMakna teks mekanisme tersebut bertujuan untuk membantu pembaca biar sanggup membuat obat tak sanggup tidur seCaranya tradisional  dengan langkah-langkah yg tepat.

Judul teks mekanisme yg ketiga adalah Caranya Melakukan Gerakan Tari Tor-tor. Teks mekanisme tersebut mempunyai tujuan biar pembaca sanggup mengikuti gerakan tari Tor Tor.

Selain mempunyai judul yg seolah-olah , yaitu sama-sama Caranya , teks mekanisme tersebut juga mempunyai kemiripan lain yaitu berisi point-point yg harus dilakukan. Ada yg menggunakan simbol bundar , ada pula yg menggunakan angka untuk mengatakan tahapan pembuatannya.

Berdasarkan persamaan teks mekanisme tersebut , ada persamaan lain yg ada pada teks mekanisme di atas , yaitu masing-masing tahapan dan langkah-langkah yg harus dilakukan tidak sanggup diubah urutannya. Jika urutannya diubah maka mekanisme yg dilakukan tidak bakal sukses. Misalnya dalam teks mekanisme yg berjudul Caranya Membuat Obat Radisional Insomnia langkah  nomro dua dan nomor 1 tidak sanggup ditukar tempatnya. Bayangkan saja jika sebuah akar kelapa ditumbuk dulu , baru dipoton , masing-masing 4 cm , maka hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

Karena sama-sama mempunyai tujuan , maka bakal ada hasil yg didapat dari ketiga teks mekanisme di atas.

Demikian penjelasan mengenai tujuan sebuah teks prosedur. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp/Mts | Smp Pilpay"

Post a Comment