Perbedaan Jamu Dan Obat Dalam Pembahasan Bahasa Indonesia | Smp Pilpay

Perbedaan Jamu dan Obat


Jamu itu obat , obat itu jamu. Tapi tidak selamanya begitu. Ada perbedaan antara obat dan jamu. Jamu identik dengan ramuan sementara obat identik dengan materi penyembuh dari materi kimia.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia , ada perbedaan yg sangat mencolok antara jamu dan obat.

Ja.mu n obat yg dibuat dari akar-akaran , daun-daunan , dan sebagainya.


Obat n
1 Far materi untuk mengurangi , menghilangkan penyakit , atau menyembuhkan seseorang dari penyakit: daun ketepeng sering dibuat -- pencahar;

Makna kata obat yg pertama ini berkaitan dengan kata jamu yaitu ‘sesuatu yg mampu menyembuhkan’.

2 Kim materi kimia (untuk pelbagai keperluan): hendak mencuci potret , tetapi tidak ada -- nya;

Dalam Makna yg kedua ini , kata obat bukan berMakna yg menyembuhkan , tetapi materi kimia yg digunakan untuk. Misalnya , obat nyamuk , Maksud yaitu materi kimia yg diguanakan untuk mengusir nyamuk.

3 ki mesiu; peluru: membuang -- , menembak ke atas (hanya untuk menakut-nakuti dan sebagainya);

Makna kata obat yg ketiga ini yaitu Makna kiasan. Hal ini berkaitan pula dengan ucapan , membuat obat petasan , Maksud yaitu bahan peledaknya. Sebagian orang menyebut mesiu dan materi peledak sebagi obat mercon.

4 ki guna-guna: ia jadi penurut ibarat orang kena --;-- jauh penyakit hampir , pb dalam kesusahan sukar menerima pertolongan; berada dalam kesukaran;

Makna yg keempat dari kata obat ini juga berkaitan dengan kiasan. Meskipun sudah jarang digunakan oleh masyarakat. Lebih banyak menggunakan kata guna-guna daripada obat.

Di sebagian wilayah di Jember (khususnya di tempat selatan) Maksud obat yaitu bahan kimia untuk keperluan pertanian. Misalnya ada kalimat: sudah habis banyak obat , tanamannya tetap jelek.

Maksud yaitu obat anti-hama. Mungkin Maknanya ibarat dengan obat nyamuk. Di sebagian wilayah Jember yg lain (kecamatan Ajung misalnya , tanah tumpah darah penulis blog ini) obat anti-hama tidak disebut obat melainkan racun.

Dari penjelasan di atas , tampak perbedaan antara kata obat dan kata jamu. Jamu identik dengan bahan alami bukan bahan  kimia sementara obat selalu berkaitan dengan materi kimia.

Bakal tetapi , dalam penggunannya ada pula Maksud dengan obat herbal , obat tradisional ini yaitu sinonim jamu.

Keliru satu lagu yg menggunakan kata jamu dalam liriknya adalah:

Suwe ora jamu
Jamu godong telo
Suwe ora ketemu
Temu pisan gawe gelo

Meskipun dalam lirik di atas kata jamu menjadi sampiran dari parikan , tetapi ada isu bahwa jamu itu terbuat dari daun (godong) yaitu jamu godong telo (jamu daun ubi).

Keliru satu lagu yg menggunakan kata obat antara lain:

Kami besar lengan berkuasa saya hebat
Kami sehat tanpa obat
Ayo semangat

(lirik lagu The Changcuters)

Dalam lirik lagu di atas , ada dua Makna kata obat. Yaitu obat penyembuh , sudah sehat tanpa perlu diobati. Makna yg kedua yaitu obat yg identik dengan narkoba. Karena tidak menggunakan obat (narkoba) maka saya sehat , jago , dan kuat.

Sementara itu , dalam penjelasan di Wikipedia , Makna kata jamu lebih luas. Jamu yaitu sebutan obat tradisional Indonesia (bukan hanya jawa) yg juga dikenal dengan herba atau herbal (obat herbal).

Masih dalam keterangan wikipedia berbahasa Indonesia , jamu terbuat dari materi alami dari penggalan tumbuhan baik akar-akaran (rimpang) ibarat jahe , kunyit , kencur , daun-daunan , kulit batang , dan buah. Termasuk juga di dalamnya yaitu biji juga mampu menjadi materi jamu. Bahkan ada pula jamu yg terbuat dari penggalan binatang. Misalnya empedu kambing atau sapi. Empedu ular. Dan tangkur buaya serta kuning telur.

Baik yg terbuat dari tumbuhan atau hewan , pada dasarnya jamu yaitu obat yg terbuat dari materi alami tanpa melalui pabrik farmasi.

Sementara kata obat dalam wikipedia dijelaskan sebagai materi atau zat yg berguna untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan dari penyakit , atau menghilangkan penyakit.

Dalam Makna yg luas , obat tidak harus berbentuk bahan kimia. Misalnya dalam kalimat: cucunya yaitu obat kesepiannya. Jadi , kata obat dalam kalimat tersebut tidak berMakna materi kimia , tetapi sesuatu yg menghilangkan. yg dihilangkan yaitu rasa kesepian.

Kata jamu dan obat meskipun mempunyai kemiripan Makna , tidak berMakna saling sulih (saling menggantikan) sepenuhnya. Misalnya dalam kalimat di atas:

Cucunya menjadi obat kesepian.

Kata obat tidak mampu digantin jamu.

Cucunya menjadi jamu kesepian.** ini kalimat taksa.

Dalam pemakaian di masyarakat , kata jamu identik dengan obat yg diminum. Sementara obat belum tentu diminum. Misalnya , jikalau ada luka maka disebut diobati meskipun mengobatinya dengan ramuan tradisional.

Dari penjelasan di atas mampu diketahui perbedaan-perbedaan antara jamu dan obat yaitu:

Jamu terbuat dari materi alami (bagian tumbuhan atau binatang) , obat terbuat dari materi kimia.

Jamu identik dengan Caranya penggunaan yg diminum , sementara obat mampu diminum mampu digunakan melalui Caranya lain , misalnya obat luka.

Apakah rasa hausmu bakal pengetahuan ihwal jamu dan obat sudah terobati? Ingat ya terobati , bukan terjamui.


Salam Pustamun J

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Jamu Dan Obat Dalam Pembahasan Bahasa Indonesia | Smp Pilpay"

Post a Comment