Daftar Ki Kd (Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar) Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 7 (Vii) | Smp Pilpay

Jika dalam Kurikulum 2006 (KTSP) dikenal istilah Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) , maka dalam Kurikulum 2013 (KTSP) istilah yg digunakan yaitu KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) , alias KI dan KD.

Perbedaannya lagi yakni , jikalau dalam KTSP nomor KD seuai dengan urutan SK sementara dalam K13 nomor KD ada dua jenis , yaitu yg diawali dengan angka 3 , ada pula yg diawali dengan angka 4. Makara , ada KD 3.1 dan 4.1. Keduanya (KD 3.1 dan 4.1) yaitu satu kesatuan yg tidak mampu dipisahkan. Kepala 3 membuktikan bahwa inti pelajaran tersebut yaitu pengetahuan , sementara kepala 4 membuktikan bahwa ini pelajaran tersebut terletak pada aspek keterampilan. 


Untuk lebih jelasnnya silakan simak dan download daftar KI dan KD pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs berikut ini.



KI KD yg terdapat di sini yaitu KI dan KD mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 7 SMP/MTs


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA SMP/MTs  KELAS VII

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi , yaitu (1) kompetensi perilaku spiritual , (2) perilaku sosial , (3) pengetahuan , dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler , kokurikuler , dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual , yaitu “Menghargai dan menghayati fatwa agama yg dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial ,  yaitu  “Menunjukkan perilaku jujur , disiplin , tanggung jawab , peduli (toleransi , gotong royong) , santun , dan percaya diri dalam berinteraksi seCaranya efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) , yaitu keteladanan , penyesuaian , dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta keperluan dan keadaan peserta didik. 

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan mampu digunakan sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan abjad peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.


3.  Memahami pengetahuan (faktual , konseptual , dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan , teknologi , seni , budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata

 4.  Mencoba , mengolah , dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan , mengurai , merangkai , memodifikasi , dan membuat) dan ranah gila (menulis , membaca , menghitung , menggambar , dan mengarang) sesuai dengan yg dipelajari di sekolah dan sumber lain yg sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR

3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi perihal objek (sekolah , tempat wisata , tempat bersejarah , dan atau suasana pentas seni lokasi) yg didengar dan dibaca

4.1    Menjelaskan isi teks deskripsi   objek (tempat wisata , tempat bersejarah , pentas seni lokasi , kain tradisional , dll) yg didengar dan dibaca seCaranya verbal , tulis , dan visual

3.2    Menelaah struktur dan kebahasaan dari  teks deskripsi perihal objek (sekolah , tempat wisata , tempat bersejarah , dan⁄atau suasana pentas seni lokasi) yg didengar dan dibaca

4.2    Menyajikan data , gagasan , kesan dalam bentuk teks deskripsi perihal objek (sekolah , tempat wisata ,  tempat bersejarah , dan⁄atau suasana pentas seni lokasi)  seCaranya tulis dan ekspresi dengan memperhatikan struktur , kebahasaan baik seCaranya ekspresi maupun tulis
3.3    Mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yg dibaca dan didengar
4.3    Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yg didengar dan dibaca seCaranya verbal , tulis , dan visual

3.4    Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yg dibaca dan didengar
4.4    Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk dongeng imajinasi seCaranya ekspresi dan tulis dengan memperhatikan struktur , penggunaan bahasa , atau aspek lisan 

3.5    Mengidentifikasi teks mekanisme perihal Caranya melakukan sesuatu  dan Caranya membuat (Caranya  memainkan alat musik/tarian lokasi , Caranya membuat kuliner khas lokasi , dll.) dari aneka macam sumber yg dibaca dan didengar 

4.5  Menyimpulkan isi teks mekanisme perihal Caranya memainkan alat musik lokasi , tarian lokasi , Caranya membuat cinderamata ,  dan/atau kuliner khas lokasi) yg dibaca dan didengar  

3.6    Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks mekanisme perihal Caranya melakukan sesuatu dan Caranya membuat (Caranya memainkan alat musik/tarian lokasi , Caranya membuat kuliner khas lokasi , dll.)  dari aneka macam sumber yg dibaca dan didengar

4.6    Menyajikan  data rangkaian kegiatan  ke dalam bentuk teks mekanisme (tentang Caranya memainkan alat musik lokasi , tarian lokasi , Caranya membuat cinderamata , dll) dengan memperhatikan struktur , unsur kebahasaan , dan isi seCaranya ekspresi dan tulis

3.7    Mengidentifikasi informasi dari   teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan yg dibaca atau diperdengarkan

4.7    Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yg dibaca dan didengar

3.8    Menelaah  struktur , kebahasaan , dan isi teks laporan hasil observasi yg berupa buku  pengetahuan  yg dibaca atau diperdengarkan 

4.8    Menyajikan  rangkuman teks laporan hasil observasi yg berupa buku pengetahuan  seCaranya ekspresi dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan  3.9  Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yg dibaca

4.9  Membuat peta pikiran/sinopsis perihal isi buku nonfiksi/buku fiksi yg dibaca

3.10  Menelaah kekerabatan unsur-unsur     dalam buku fiksi dan nonfiksi  

4.10  Menyajikan tanggapan seCaranyalisan , tulis , dan visualterhadap isi buku fiksi/nonfiksi yg dibaca

3.11  Mengidentifikasi  informasi (kabar , keperluan , usul , dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yg dibaca dan didengar

4.11  Menyimpulkan isi (kabar , keperluan , usul , dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yg dibaca atau diperdengarkan

3.12  Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yg dibaca dan didengar

4.12  Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks ,  kebahasaan , dan isi

3.13   Mengidentifikasi informasi (pesan , rima , dan pilihan kata) dari puisi  rakyat (pantun , syair , dan bentuk puisi rakyat setempat) yg dibaca dan didengar

4.13  Menyimpulkan isi puisi  rakyat (pantun , syair , dan bentuk puisi rakyat setempat) yg disajikan dalam bentuk tulis dan lisan 

3.14  Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun , syair , dan bentuk puisi rakyat setempat) yg dibaca dan didengar

4.14 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun , syair , dan bentuk puisi rakyat setempat) yg dibaca dan didengar

3.15 Mengidentifikasi informasi perihal fabel/legenda lokasi setempat yg dibaca dan didengar

4.15  Menceritakan kembali isi dongeng fabel/legenda lokasi setempat yg dibaca/didengar

3.16  Menelaah  struktur dan kebahasaan fabel/legenda lokasi setempat yg dibaca dan didengar


4.16  Memerankan isi fabel/legenda   lokasi setempat yg dibaca dan didengar 

Berdasarkan daftar di atas , mampu diketahui bahwa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia terdapat 16 KD.

Untuk mendownload (mengunduh) , silakan masuk ke halaman Download kemudian klik tombol 'Perangkat Pembelajaran'.

Bagaimana menurut Pembaca Pustamun , apakah kompetensi di atas mampu diajarkan dan diterapkan dalam pendidikan di kelas?

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Ki Kd (Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar) Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 7 (Vii) | Smp Pilpay"

Post a Comment