Makna Sumpah Cowok Bagi Para Pejuang Kemerdekaan Hingga Pelajar Kini | Smp Pilpay

Sumpah Pemuda ialah Tonggak Sejarah , Mengandung Makna yg dalam Bagi Perjuangan Kemerdekaan dan Makna Inspiratif untuk Para Pelajar Kini


Sebelum menjelasakan makna Sumpah Pemuda , mari kita refleksi dulu. Coba jawab pertanyaan berikut ini: Pernah dengar ‘Sumpah Pemuda’? Masih hafal ‘Sumpah Pemuda’ dengan tepat dan akurat?


Sebelum mendalami makna sumpah perjaka , ada baiknya kita ingat dan baca kembali teks sumpah pemuda. Teks sumpah perjaka dalam tabrakan pena ini sudah diadaptasi ejaannya ke dalam Bahasa Indonesia yg disempurnakan.

Kami putra dan putri Indonesia
Mengaku bertumpah darah yg satu
Tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia
Mengaku berbangsa yg satu
Bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia
Menjunjung bahasa persatuan
Bahasa Indonesia

setelah membaca teks Sumpah Pemuda yg benar , maka mampu kita maknai. Karena selama ini , banyak di antara kita yg Keliru dalam memahami Sumpah Pemuda alasannya yakni ialah kesalahan naskah dan diksi (pilihan kata) yg digunakan. Khususnya yg terkahir , bisanya ‘mengaku berbahasa satu , bahasa Indonesia’. Jika memang begitu maknanya mampu berubah sangat jauh.

Untuk tahap pertama , mari kita maknai Sumpah Pemuda seCaranya tekstual , yaitu memahami makna Sumpah Pemuda berdasarkan pilihan kata dalam teks tersebut.

Makna Sumpa Pemuda Bait Pertama:

Dalam bait pertama dijelaskan bahwa , para perjaka waktu itu mengikrarkan bahwa mereka mengakui bahwa Indonesia ialah sebagai satu-satunya tanah air. Tidak ada tanah air (negara) lain yg patut dibel.

Makna Sumpah Pemuda Bait Kedua:

Para perjaka waktu itu mengikrarkan bahwa , Indonesia yg terdiri dari aneka macam macam suku dan bangsa , mulai dari etnis Cina , Arab , India , Jawa , Kalimantan , Makasar , dan semua suku bangsa yg ada di Nusantara melebur menjadi satu sebagai sebuah bangsa yaitu Bangsa Indonesia. Bangsa yg dilekatkan oleh satu persamaan yaitu sesama manusia terjajah yg tinggal di Nusantara , tidak memedulikan warna kulit dan agama apalagi sekadar golongan.

Makna Sumpah Pemuda Bait Ketiga:

Dalam bait ketiga Sumpah Pemuda , diikrarkan bahwa mereka para perjaka kala itu mengikat diri pada satu persamaan , yaitu persamaan pemakaian satu bahasa yg sama di seluruh Nusantara. Meskipun mempunyai bahasa lokasi masing-masing , melebur menjadi satu yaitu sebagai penutur bahasa Indonesia.

Dalam bait ketiga ini , digunakan kata menjunjung bukan mengaku berbahasa satu. Maknanya menjunjung bahasa persatuan. Hal ini menyampaikan bahwa Sumpah Pemuda mempunyai makna penghargaan setinggi-tingginya terhadap bahasa pemersatu , sekaligus mempunyai makna tetap mengakui eksistensi bahasa lokasi. Jika menggunakan kaliamt mengaku berbahasa satu bisa dimaknai meninggalkan kearifan lokalnya.

Penggunaan kata Indonesia dalam Sumpah Pemuda pada 1928 ini juga mempunyai makna yg sangat penting. Kata Indonesia adalah kata yg tabu untuk digunakan di mata para penjajah. Penjajah menyebut Hindia Belanda maknanya Daerah Hindia kekuasaan Belanda. Jadi , penggunaan satu kata saja , yaitu Indonesia mempunyai makna yg sangat penting kala itu.

Makna Sumpah Pemuda dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sumpah Pemuda ialah tonggak bersejarah bagi Indonesia. Bagi perjuangan bangsa Indonesia yg menginginkan kemerdekaan. Jika dilihat dari rangakain insiden sejarah , Sumpah Pemuda menjadi momentum kedua yg menyampaikan bahwa Indonesia ini ialah satu.

Peristiwa pertama yg bermakna sangat penting bagi kesatuan Indonesia ialah lahirnya Budi Utomo yg kemudian hari kelahiran organisasi lintas suku bangsa dan golongan ini dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Ikrar Sumpah Pemuda menjadi tonggak kedua , yg mempunyai makna penegasan bahwa kita semua dari sabang hingga merauke , bahkan dari bangsa yg leluhurnya juga pendatang juga merupakan bangsa Indonesia. Seperti yg telah banyak diketahui bahwa , para pejuang kemerdekaan Indonesia juga ada yg berasal dari keturunan Arab , keturunan China , bahkan keturunan Belanda.

Jadi Sumpah Pemuda mempunyai makna menyatunya gerakan perjuangan Indonesia menjadi satu tujuan , yaitu merdekanya Indonesia. Jika perjuangan kemerdekaan sebelumnya sebatas pada perjuangan wilayah sendiri oleh para raja , maka sesudah Sumpah Pemuda , arah perjuangan kemerdekaan Indonesia memeiliki tujuan yg pasti.

Selain daripada itu , adanya Sumpah Pemuda juga memliki makna sebagai pemersatu para tokoh , apalagi yg muda-muda bahwa mereka ialah orang Indonesia yg berhak dan harus memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Seperti yg disampaikan oleh Asvi Warman Adam , dalam Keliru satu bukunya , para peserta Kongres Pemuda yg kemudian melahirkan Sumpah Pemuda ternyata banyak yg tidak lancar berbahasa Indonesia , lebih lancar berbahasa Belanda alasannya yakni ialah memang tidak pernah diajarkan di sekolah. Tetapi dengan penegasan bahwa menjunjung bahasa persatuan , maka semua pihak harus menghargai bahasa Indonesia sebagai pemersatu.

Pengikraran Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia kemudaian diwujudkan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia melalui ranah diplomasi. Anggota dewan rakyat (DPR-nya Hindia Belanda) yg waktu itu terdiri dari perwakilan pemerintah Hindia Belanda dan perwakilan pribum. Para anggota dewan dari pribumi berpidato menggunakan Bahasa Indonesia , padahal ini dilarang. Tetapi mereka tetap menggunakan bahasa Indonesia. Ini wujud pemaknaan sumpah perjaka dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya sesudah memahami makna Sumpah Pemuda seCaranya pilihan kata dan dalam kaitannya dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia , selanjutnya kita juga harus memahami makna sumpah perjaka bagi para pelajar. Pelajar yg menjadi generasi penerus bangsa. Bangsa yg tonggak berdirinya dimulai dari Budi Utomo yg dirangkai dengan insiden sumpah pemuda.

Makna Sumpah Pemuda Bagi Para Pelajar

Pelajar ialah generasi penerus bangsa yg harus memahami sejarahnya supaya semakin cinta terhadap negaranya. Keliru satu insiden yg mampu dan harus dijadikan teladan bagi para perjaka sekarang ini ialah insiden sumpah pemuda. Bukan hanya hafal teksnya saja , para perjaka Saat ini harus juga memahami maknanya. Makna sumpah perjaka yg sesuai dengan konteks kekinian.

Sumpah Pemuda sebagai Inspirasi Cinta Tanah Air

Para pelajar Saat ini mampu memaknai sumpah perjaka sebagai Keliru satu wangsit dalam menyayangi negeri ini. Dengan memaknai sumpah perjaka seCaranya mendalam , para pelajar bahwa Indonesia ini terdiri dari banyak suku dan bahasa tetapi mampu dipersatukan dalam bendera Indonesia.

Sumpah Pemuda sebagai Inspirasi Rela Berkorban

Kerela-berkorbanan yg mampu dicontoh dari para peserta kongres perjaka yg menghasilkan ikrar sumpah perjaka ialah keberaniannya dan kecerdikannya.

Dalam kongres perjaka pada 1928 , para perjaka mempertaruhkan nyawa dan karirnya. Tapi demi Indonesia hal itu tetap mereka lakukan.

Kecerdasan yg terkandung dalam teks Sumpah Pemuda maupun proses yg mengiri penyusunannya juga patut dicontoh. Mereka , para perjaka Saat itu mampu menyiasati aturan yg ketat dari pemerintah Hindia Belanda yg melarang perjuangan merongrng pemerintahan.

Kecerdikannya juga tampak dengan penggunaan biola sebagai pelantun Indonesia. Pengunaan Biola Saat sumpah perjaka untuk mengecoh pemerintah hindia Belanda. Dalam lirik lagu Indonesia Raya terdapat kata merdeka yg berulang-ulang. Sehingg , jikalau itu dinyanyikan dengan syairnya maka dipastikan bakal ditangkap oleh polisi Belanda yg sedang berjaga.


Demikain penjelasan singkat ihwal makna sumpah pemuda. Baik makna sumpah perjaka bagi perjuangan kemerdekaan , maupun makna sumpah perjaka bagi para cerdik balig cukup akal dan pelajar.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Sumpah Cowok Bagi Para Pejuang Kemerdekaan Hingga Pelajar Kini | Smp Pilpay"

Post a Comment