Kata-Kata Ultah (Ulang Tahun) Dalam Bahasa Indonesia Dan Bahasa Lainnya | Smp Pilpay

Ultah alias Ulang Tahun ialah pengulangan tanggal dan bulan yg sama untuk memperingati waktu kelahiran , waktu pelantikan , waktu pembentukan , dan momen atau insiden penting lainnya.

Dalam bahasa Indonesia , kata-kata ultah biasanya juga identik dengan HUT , Perbedaan ulatah ialah singkatan lebih tepatnya merupakan akronim dari Ulang Tahun , sementara HUT ialah singkatan dari Hari Ulang Tahun.


Kata Ultah identik dengan penggunaan dalam peringatan hari kelahiran seseorang. Misalnya kata-kata ‘Met Ultah ya’ sering kita baca , dan kita dengar , juga sering kita produksi sendiri.

Kata HUT identik dengan peringatan ultah negara , tepatnya Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Biasanya juga ditulis dalam bentuk singkatan yaitu HUT RI. Biasanya , gesekan pena kata HUT RI dipakai pada spanduk-spanduk peringatan hari kemerdekaan. Pada dasarnya peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia , juga disebut sebagai hari kelahiran Indonesia.

Tetapi tidak ada yg menulis ‘Met Ultah ya negaraku’ atau kata ‘Selamat Ultah ya Indonesiaku’. Cenderung tidak diterima.

Kata Ultah identik dengan kata ‘traktirannya’ dan kata ‘selamat ya’. Sementara kata HUT identik dengan kata ‘Dirgahayau’. Sebenarnya apa sih Makna kata dirgahayu. Sementara berbagai yg menulis ‘Dirgahayu Indonesiaku’. Juga bahkan ada yg menulis ‘Dirgahayu Ke-71 Indonesiaku’.

Kata dirgahayu ada dalam KBBI Pusat Bahasa edisi Keempat tahun 2008 halaman 332. Kata dirgahayu mempunyai Makna tunggal yaitu berumur panjang (biasanya ditujukan kepda negara atau organisasi yg sedang memperingati hari jadinya). Untuk negara untuk mempeingati hari kemerdekaannya. Kata dirgahayu merupakan kelas kata adverbia.

Kaprikornus , Jika ada kata-kata Dirgahayu ke-71 Indonesiaku ini merupakan pola kata yg Keliru. Jika ditulis panjang ‘berumur panjang ke-71 Indonesiaku’ jadi umur panjang ada yg 1 , ada yg kedua hingga ada yg ke-71.

Maka , untuk mengatakan kata-kata ultah untuk negara susunan kalimat yg tepat adalah: HUT RI ke-72 , Dirgahayu Indonesiaku.

Tetapi kata dirgahayu hanya identik dengan negara , hanya identik dengan Indonesia. Untuk organisasi , biasanya tidak identik dengan kata hut atau dirgahayu.

Untuk memperingati hari kelahiran atau hari jadi sebuah organisasi sudah mempunyai kata-kata pengganti ultah yg spesifik dan sudah menjadi ciri khas masing-masing.

Kata-kata ultah untuk kampus , misalnya menggunakan kata Dies Natalis. Misalnya peringatan ultah Universitas Jember , maka aCaranya peringatannya disebut dengan Dies Natalis Universitas Jember ke 52.

Untuk organisasi kemasyarakatan , masing-masing ormas mempunyai kata yg khas juga. Misalnya NU dan tubuh otonomnya mulai dari Muslimat NU , GP Ansor , Fatayat NU , dan IPNU serta IPPNU juga tubuh otonom lainnya pasti menggunakan kata Harlah untuk Mengubah kata ultah untuk peringatan hari lahirnya. Harlah ialah akronim dari HarLahir.

Untuk ormas Muhammadiyyah , yg didirikan oleh Kiai Ahmad Dahlan , biasa dipakai kata Milad. Misalnya Milad Muhammadiyah. Lebih keren menggunakan kata milad memang dari pada menggudanakan ultah , harlah , atau dies natalis , karena dalam kata milad ada huruf m dan huruf d , yg ada juga dalam kata muhammadiyah.

Tidak hanya Muhammadiyah , badan otonomnya di bidang wanita , pelajar , dan kepemudaannya , juga menggunakan kata milad untuk menggantikan kata ultah.

Akhir-akhir ini , juga ada kata dan istilah baru yg identik dengan kata ultah , yaitu kata Dies Maulidiyah. Jelas ini perkawinan antara Dies Natalis dan Milad atau Maulid. Kata Dies Maulidiyah biasanya dipakai oleh kampus atau universitas yg mendasarkan dan menyelenggarakan pendidikan serta berbasis agama Islam.

Selain itu ada kata mulud , maulid , dan natal yg sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Mulud , Maulid identik dengan hari ulang tahun Nabi Muhammad yg diperingati sebagai hari besar Umat Islam. Sementara natal , Maknanya juga kelahiran , Maknanya juga sama dengan kata ulang tahun.

Sementara natal adalah hari peringatan ulang tahun Yesus Kristus yg menjadi hari raya umat Kristen dan Katolik.

Kata-kata ultah dalam bahasa Inggris identik denga kata anniversary.

Saat menggunakan kata anniversary gunakan angka di depan kata tersebut alasannya susunan dalam bahasa Inggris memang begitu. Misalnya , perinatan hari jadi pertama ditulis first anniversary. Kata tersebut juga biasa ditulis 1st Anniversary.

Kata-kata selamat ultah dalam bahasa Jawa menggunakan sugeng ambal warsa dibaca: sugeng ambal warso.

Kaprikornus , sinonim kata ultah dalam bahasa Indonesia ialah milad , maulud , natal , harlah , dies natalis. Sementara kata dirgahayu bukan sinonim kata ultah.

Ada yg ultah atau hari jadi atau malah jadian? Silahkan pilih kata mana yg lebih tepat untuk mengucapkan selamat ulang tahun.


Untuk kau , yg ulang tahun hari ini , Selamat Ulang Tahun , Ya... Semoga sehat sejahtera selamanya.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kata-Kata Ultah (Ulang Tahun) Dalam Bahasa Indonesia Dan Bahasa Lainnya | Smp Pilpay"

Post a Comment