5 Rujukan Lomba-Lomba 'Class Meeting' Ketika Ramadan | Smp Pilpay

Class Meeting atau lomba antar-kelas ialah aCaranya yg dilaksanakan di sebuah sekolah untuk mengisi jeda waktu antara ujian (ulangan kenaikan kelas atau penilaian jawaban tahun) dengna waktu pembagian rapor.

Lomba-lomba yg diikuti oleh siswa antar-kelas ini biasanya diselenggarakan oleh OSIS dan kesiswaan. Adapaun jenis lombanya mampu olah raga , lomba permaian tradisional , dan lomba pengetahuan (contohnya cerdas cermat).

Karya Kreatif Pakupapipe SMP PGRI Jenggawah yg mampu digunakan untuk Mengisi Kegiatan 'Class Meeting'


Namun , lomba-lomba mirip biasa di atas tidak mampu diterapkan atau dilaksanakan saat lomba antar-kelas di waktu Ramadan. Khususnya bagi siswa yg muslim. Lomba olahraga , misalnya sepak bola dan basket pasti membutuhkan energi yg lebih , dikhawatirkan Jika dipaksakan dilaksanakan siswa bakal membatalkan puasanya.

Begitu pula dengan lomba tradisional yg Biasanya membutuhkan energi banyak. Misalnya lari karung dan tarik tambang. Lomba ini tidak mampu diterapkan saat bulan Ramadan.

Jika lomba cerdas cermat , masing dimungkinkan untuk dilaksanakan dalam class meeting selama Bulan Ramadan.

Berikut ini altenatif class meeting atau lomba antar-kelas yg pas dilaksanakan selama Bulan Ramadan.

Lomba Cerdas Cermat

Lomba cerdas cermat memang membutuhkan energi , tetapi tidak sebanyak energi yg diperlukan untuk perlombaan fisik. Selama bulan ampunan , lomba ini pas lantaran ialah mampu diatur untuk lomba antara kelas yg satu dengan kelas yg lain.

Selain menumbhkan jiwa kompetisi dalam masing-masing pewakilan kelas , hal ini juga turut mengasah pengetahuan. Sekaligus menyegarkan kembali ilmu yg pernah diujikan beberapa hari sebelumnya.

Namun , lomba cerdas cermat sangat sulit dikemas dengan menarik Jika panitia tidak total mempersiapkannya. Lomba cerdas cermat ialah lomba yg membosankan Jika tidak dikemas dengan baik.

Untuk membuat lomba cerdas cermat menjadi lomba yg menarik untuk ditonton , diperlukan fasilitas pendukung. Misalnya , bel untuk masing-masing kelompok. Panitia juga harus menyiapkan banyak petanyaan bagi masing-masing kelompok yg sedang berlomba. Panitia juga harus bekerja ekstra selama pelaksanaan lomba.

Berbeda dengan lomba tarik tambang , contohnya. Pokok disediakan tambang dan arena , semua tim siap beradu , maka sekian detik atau sekian menit kemudian mampu diketahui pemenangnya. Sementara dalam lomba cerdas cermat , panitia harus memandu jalannya lomba , mengoreksi tanggapan peserta , kemudian memberi nilai. setelah memberi nilai , baru menjumlahkan nilai.

Lomba Salawat

Lomba ini mampu dilakukan Jika sekolah mempunyai alat. Misalnya , mempunyai satu set rebana. Lomba ini cenderung Praktis dilakukan. Masing-masing kelas tinggal menampilkan pembacaan salawat yg diiringi oleh alat musik milik sekolah.

Jika di sekolah tesebut sudah ada ekstrakurikuler hadrah , maka lomba ini sangat mungkin dilaksanakan saat Ramadan. Selain berisi kompetisi , diperlukan juga bernilai ibadah , juga menanamkan pesan kepada siswa bahwa kita semua harus mengisi bulan bulan mulia dengan sebaik mungkin.

Dalam perlombaan ini , diperlukan juri. yg terbaik yg bakal menjadi juara.

Lomba Praktik Salat

Lomba praktik salat ialah lomba yg membosankan pastinya , Jika dilaksanakan penuh. Namun , Jika dikemas dengan menarik , lomba salat mampu menjadi lomba yg menarik sekaligus mendidik.

Kemasan lomba salat supaya menarik ialah dengan menggunakan sistem undian. Berikut ini teknisnya:

1. Panitia menyediakan tiga kelompok kartu , ialah sulit , sedang , mudah.

2. Masing-masing kelompok kartu berisi praktik-praktik salat. Misalnya doa ifitah (sulit) , surat pendek (sedang) , bacaan sujud (mudah).

3. Peserta mengambil kartu , kemudian mempraktikkan sesuai dengan kartu yg dipegang.

4. Praktik ditampilkan di atas panggung. Kemudian dijuri (yg menjadi juri ialah guru agama).

Dengan demikain , lomba praktik salat bakal menarik , dan sesuai untuk mengisi class meeting di bulan Ramadan.

Lomba Hafalan Surat Pendek

Sama halnya dengan lomba salat di atas , Jika dikemas dengan menarik tentu lomba hafalan surat pendek mampu memunculkan antusiasme dari seluruh peserta. Misalnya dengan Caranya menyediakan podium yg keren bagi akseptor lomba.

supaya muncul tantangan , diberi beberapa Caranya dalam membaca surat pendek. Misalnya dengan kartu undian mirip halnya di atas. Bisa juga dengan melanjutkan  awal surat yg dibacakan juri. supaya lebih seru lagi , mampu diadu antara satu kelompok akseptor dengan kelompok yg lain. Atau mampu juga dengan membaca bergilir satu surat yg sama. Dengan demikian pasti bakal semakin seru.

Lomba Menulis Kaligrafi

Kaligrafi ialah Keliru satu jenis seni yg berkembang di dunia Islam. Untuk mengisi lomba antar-kelas selama bulan ampunan , lomba menulis kaligrafi ialah Keliru satu lomba yg pas. Karena tidak perlu menggunakan energi ekstra dan mengeluarkan banyak keringat.

Selain berisi nilai estetis , lomba kaligrafi juga bernilai edukatif. supaya tidak hanya sekadar menggambar dan menuis Indah , akseptor lomba perwakilan kelas mampu mempresentasikan hasil karyanya. Bagik dari segi bentuk dan kandungan isi ayat dari kitab suci yg telah ditulisnya.

Ada lomba yg lain lagi? Silahkan usulkan melalui komentar.

Salam Pustamun!

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Rujukan Lomba-Lomba 'Class Meeting' Ketika Ramadan | Smp Pilpay"

Post a Comment