Makna Abreviasi Saw Dalam Nama Nabi Muhammad | Smp Pilpay

Makna Singkatan SAW dalam Nama Nabi Muhammad SAW


SAW bahu-membahu yaitu singkatan dari Shollallahu alaihi wasallam. Transliterasi dari bahasa Arab صلى  الله  عليه  وسلم .

Bacaan tersebut pada dasarnya yaitu bacaan salawat alias bacaan doa untuk nabi Muhammad , sama halnya dengan nabi-nabi yg lain yg selalu diberi ucapan alaihissalam setelah namanya , atau sering disingkan AS dalam pelafalan bahasa Indonesia , Misalnya Nabi Adam AS.

Makna bacaan salawat shollallahu alaihi wasallam

Sholla (صلى) Maknanya ‘semoga menawarkan rahmat yg agung’
Allah ( الله ) Maknanya ‘Allah’ maksudnya ‘semoga Allah menawarkan rahmat yg tak terkira’
Alaihi  (عليه) Maknanya ‘kepadanya’.Kata ganti –nya atau dia merujuk kepada Nabi Muhammad yg namanya diucapkan terlebih dahulu di depan.
Wasalam (وسلم) Maknanya ‘juga keselamatan’ maksudnya yg ditambahkan selain rahmat , juga keselamatan.

Jadi , Makna  Nabi Muhammad SAW atau Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah ‘Nabi Muhammad , supaya Allah menambah rahmat dan keselamatan yg tak terkira kepadanya’.

Ada pula bacaan salawat yg lebih panjang , biasanya ditambah wa alihi wasohbihi (واله وصحبه) , Maknanya ‘beserta keluarga dan sahabatnya’. Jika ditulis Komplit sallallahu alaihi wasohbihi wasallam Maknanya ‘semoga Allah menambahkan rahmat beserta keselamatan kepadanya (Muhammad) beserta keluarga dan sahabatnya.

Intinya , salawat yaitu doa. Pertanyaannya mengapa kita perlu mendoakan Nabi , toh Nabi sudah barang tentu dirahmati Allah , sudah barang tentu diberi keselamatan oleh Allah di dunia dan akhirat.

Jawabannya , kita –umat islam- perlu mendoakan Nabi sebab yaitu mengharap doa dari Nabi. Karena barang siapa mendoakan Nabi (dalam bentuk salawat) maka jua bakal didoakan oleh Nabi.

Analogi yg lain begini , mirip Nabi itu yaitu gelas yg penuh dengan air , kemudian kita tuangkan air lagi ke gelas itu , nah pasti air itu meluber. Luberan air itulah yg kita harapkan.

Semoga penjelasan mengenai singkatan SAW pada Nama Nabi Muhammad beserta penjelasan Makna shallallahu alaihi wasallam ini menawarkan manfaat.


Salam Pustamun!

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Abreviasi Saw Dalam Nama Nabi Muhammad | Smp Pilpay"

Post a Comment