Teks dongeng fantasi mempunyai struktur sebagai berikut: Orientasi , Komplikasi , dan Resolusi. Orientasi ialah pecahan awal dongeng yg berisi pemaparan seCaranya umum tokoh , budpekerti , latar , dan gambaran umum peristiwa.
Selanjutnya pecahan Komplikasi ialah pecahan yg memaparkan (menceritakan) peristiwa-peristiwa yg dialami oleh tokoh dalam sebuah teks dongeng fantasi. Rangkain-rangkaian kejadian ini semakin meruncing (masalah semakin tegang dan krusial).
setelah permasalahan hingga pada puncaknya , (biasanya tokoh utama bakal kalah atau bakal mati) , ditutup dengan resolusi yaitu pecahan tamat cerita. Jika alhasil senang , maka tokoh utama sanggup merampungkan masalah dan bakal hidup bahagia. Sementara Jika tamat jelek , tokoh utama dalam dongeng sanggup saja diceritakan gagal merampungkan misi atau bahkan diakhiri dengan meninggalnya tokoh utama.
Masing-masing teks dongeng fantasi mempunyai bagian-bagian di atas. Termasuk di antaranya ialah teks dongeng fantasi yg berjudul , 'Belajar dengan Gajah Mada'. Komplikasi dalam teks dongeng fantasi ini berisi masalah-masalah yg berupa pertanyaan-pertanyaan dan jawaban dari para tokohnya.
Berikut ini daftar masalah yg menjadi pecahan komplikasi teks cerit fantasi 'Belajar dengan Gajah Mada':
1) Dani , Ardi , dan Handi masuk ke lorong waktu yg ada di Candi Trowulan.
2) Terdengar suara yg memberikan bahwa Dani , Ardi , dan Handi dipanggil oleh leluhur.
3) Gajah Mada menanyakan hal yg telah dilakukan Dani , Ardi , dan Handi.
4) Jawaban Dani , Ardi , dan Handi tidak sanggup diterima alasannya ialah ialah hanya mementingkan kepintaran.
5) Jawaban kedua Dani , Ardi , dan Handi tidak sanggup diterima oleh Gajah Mada hanya mementingkan kebaikan diri sendiri.
6) Karena masih belum sanggup menjawab , maka Ardi , Dani , dan Handi tidak sanggup dikembalikan ke masanya.
Daftar masalah di atas sanggup dirujuk pecahan komplikasi dalam teks dongeng fantasi 'Belajar dengan Gajah Mada' berikut ini:
“Tolooong ,“ tiba-tiba terdengar suara Handi berteriak minta tolong. Dani dan Ardi yg berada tidak jauh dari lokasi itu segera berlari menghampiri. Betapa kagetnya mereka berdua melihat Handi berada di sebuah lubang dan hanya kelihatan tangannya. Dengan reflek Ardi dan Dani menarik berusaha menolong Handi. Tapi “Aaahh...! terdengar teriakan keras dan mereka bertiga terseret masuk ke lubang itu.
“Dimana kita??” Ardi bertanya sambil menatap tembok sekelilingnya yg memancarkan kemilau keemasan.
“Tempat apa ini?” Handi dan Dani bertanya hampir bersamaan.
Tiba-tiba , di hadapan mereka , muncul laki-laki bertubuh kekar.
“Kalian bertiga saya panggil untuk menemui leluhurmu!” laki-laki tegap itu berujar dengan penuh wibawa. Ketiga anak itu terbelalak.
“Sii aa .. pa Bapak?” sambil gemetar Handi memberanikan diri untuk bertanya.
“Aku yg berjanji tak bakal makan buah palapa sebelum Nusantara bersatu ,” jawab laki-laki itu dengan mata tajam menatap ke arah tiga anak yg masih ketakutan itu.
“Gaajah Maada ...!” suara ketiganya mirip tercekat.
“Ya benar akulah Gajah Mada yg sejak muda berusaha keras berlatih untuk menjadi orang mempunyai kegunaan ,” suara laki-laki itu dengan sangat berwibawa.
“Apa yg sudah kamu lakukan untuk menyiapkan dirimu supaya menjadi orang mempunyai kegunaan ,” mata laki-laki itu lekat menatap Handi. Kemudian ia beralih memegang bahu Ardi dan Dani. “Saya berusaha menjadi juara kelas dengan mencar ilmu tiap hari ,” Ardi menjawab agak terbata-bata.
“Saya mencar ilmu tiap malam sehingga saya selalu rangking satu di sekolah ,” Handi menyahut.
“Saya les semua mata pelajaran sehingga selalu mendapatkan prestasi Matematika tertinggi di kelasku ,” Dani menimpali jawaban teman-temannya.
“Belum cukup , kalian semua harus menambahkan jawaban lagi dengan benar untuk sanggup dikembalikan ke lokasi semula ,” laki-laki itu semakin mendekat. Ketiga anak itu berpikir keras untuk mengungkapkan hal terbaik apa yg telah diperbuat selama ini. setelah satu jam berpikir keras Handi membuka pembiCaranyaan.
“Saya selalu berusaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah dan merampungkan peran tepat waktu ,” Handi memulai mengajukan ide.
“Saya berusaha bekerja keras dan tidak mencontek waktu ujian ,” kata-kata Ardi meluncur deras.
“Saya mendengarkan sahabat yg tidak sama pendapat dan meresponnya dengan santun ,” Dani bertutur dengan lancar.
Nah , Jika dirangkum dalam sebuah daftar kejadian atau duduk kasus , maka urutannya mirip yg telah disampaikan di atas.
Bagian komplikasi hanya berisi duduk kasus , tidak berisi penyelesaiannya. Maka penyelesaian terdapat pada pecahan resolusi , yg terdapat dalam postingan selanjutnya yaitu: Resolusi dan Penyelesaian Teks Cerita Fantasi 'Belajar dengan gajah Mada'
Silahkan Download , baca , dan kreasikan teks fantasimu sendiri ya....
Selanjutnya pecahan Komplikasi ialah pecahan yg memaparkan (menceritakan) peristiwa-peristiwa yg dialami oleh tokoh dalam sebuah teks dongeng fantasi. Rangkain-rangkaian kejadian ini semakin meruncing (masalah semakin tegang dan krusial).
setelah permasalahan hingga pada puncaknya , (biasanya tokoh utama bakal kalah atau bakal mati) , ditutup dengan resolusi yaitu pecahan tamat cerita. Jika alhasil senang , maka tokoh utama sanggup merampungkan masalah dan bakal hidup bahagia. Sementara Jika tamat jelek , tokoh utama dalam dongeng sanggup saja diceritakan gagal merampungkan misi atau bahkan diakhiri dengan meninggalnya tokoh utama.
Masing-masing teks dongeng fantasi mempunyai bagian-bagian di atas. Termasuk di antaranya ialah teks dongeng fantasi yg berjudul , 'Belajar dengan Gajah Mada'. Komplikasi dalam teks dongeng fantasi ini berisi masalah-masalah yg berupa pertanyaan-pertanyaan dan jawaban dari para tokohnya.
Berikut ini daftar masalah yg menjadi pecahan komplikasi teks cerit fantasi 'Belajar dengan Gajah Mada':
1) Dani , Ardi , dan Handi masuk ke lorong waktu yg ada di Candi Trowulan.
2) Terdengar suara yg memberikan bahwa Dani , Ardi , dan Handi dipanggil oleh leluhur.
3) Gajah Mada menanyakan hal yg telah dilakukan Dani , Ardi , dan Handi.
4) Jawaban Dani , Ardi , dan Handi tidak sanggup diterima alasannya ialah ialah hanya mementingkan kepintaran.
5) Jawaban kedua Dani , Ardi , dan Handi tidak sanggup diterima oleh Gajah Mada hanya mementingkan kebaikan diri sendiri.
6) Karena masih belum sanggup menjawab , maka Ardi , Dani , dan Handi tidak sanggup dikembalikan ke masanya.
Daftar masalah di atas sanggup dirujuk pecahan komplikasi dalam teks dongeng fantasi 'Belajar dengan Gajah Mada' berikut ini:
Bagian Komplikasi Teks Cerita Fantasi Belajar dengan Gajah Mada
“Tolooong ,“ tiba-tiba terdengar suara Handi berteriak minta tolong. Dani dan Ardi yg berada tidak jauh dari lokasi itu segera berlari menghampiri. Betapa kagetnya mereka berdua melihat Handi berada di sebuah lubang dan hanya kelihatan tangannya. Dengan reflek Ardi dan Dani menarik berusaha menolong Handi. Tapi “Aaahh...! terdengar teriakan keras dan mereka bertiga terseret masuk ke lubang itu.
“Dimana kita??” Ardi bertanya sambil menatap tembok sekelilingnya yg memancarkan kemilau keemasan.
“Tempat apa ini?” Handi dan Dani bertanya hampir bersamaan.
Tiba-tiba , di hadapan mereka , muncul laki-laki bertubuh kekar.
“Kalian bertiga saya panggil untuk menemui leluhurmu!” laki-laki tegap itu berujar dengan penuh wibawa. Ketiga anak itu terbelalak.
“Sii aa .. pa Bapak?” sambil gemetar Handi memberanikan diri untuk bertanya.
“Aku yg berjanji tak bakal makan buah palapa sebelum Nusantara bersatu ,” jawab laki-laki itu dengan mata tajam menatap ke arah tiga anak yg masih ketakutan itu.
“Gaajah Maada ...!” suara ketiganya mirip tercekat.
“Ya benar akulah Gajah Mada yg sejak muda berusaha keras berlatih untuk menjadi orang mempunyai kegunaan ,” suara laki-laki itu dengan sangat berwibawa.
“Apa yg sudah kamu lakukan untuk menyiapkan dirimu supaya menjadi orang mempunyai kegunaan ,” mata laki-laki itu lekat menatap Handi. Kemudian ia beralih memegang bahu Ardi dan Dani. “Saya berusaha menjadi juara kelas dengan mencar ilmu tiap hari ,” Ardi menjawab agak terbata-bata.
“Saya mencar ilmu tiap malam sehingga saya selalu rangking satu di sekolah ,” Handi menyahut.
“Saya les semua mata pelajaran sehingga selalu mendapatkan prestasi Matematika tertinggi di kelasku ,” Dani menimpali jawaban teman-temannya.
“Belum cukup , kalian semua harus menambahkan jawaban lagi dengan benar untuk sanggup dikembalikan ke lokasi semula ,” laki-laki itu semakin mendekat. Ketiga anak itu berpikir keras untuk mengungkapkan hal terbaik apa yg telah diperbuat selama ini. setelah satu jam berpikir keras Handi membuka pembiCaranyaan.
“Saya selalu berusaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah dan merampungkan peran tepat waktu ,” Handi memulai mengajukan ide.
“Saya berusaha bekerja keras dan tidak mencontek waktu ujian ,” kata-kata Ardi meluncur deras.
“Saya mendengarkan sahabat yg tidak sama pendapat dan meresponnya dengan santun ,” Dani bertutur dengan lancar.
Nah , Jika dirangkum dalam sebuah daftar kejadian atau duduk kasus , maka urutannya mirip yg telah disampaikan di atas.
Bagian komplikasi hanya berisi duduk kasus , tidak berisi penyelesaiannya. Maka penyelesaian terdapat pada pecahan resolusi , yg terdapat dalam postingan selanjutnya yaitu: Resolusi dan Penyelesaian Teks Cerita Fantasi 'Belajar dengan gajah Mada'
Silahkan Download , baca , dan kreasikan teks fantasimu sendiri ya....
0 Response to "Komplikasi Dan Rangkaian Insiden Kisah 'Belajar Dengan Gajah Mada' | Analisis Teks Kisah Fantasi | Smp Pilpay"
Post a Comment