Contoh Soal Materi Teks Fantasi Pilihan Ganda Dan Uraian | Smp Pilpay

Dalam sebuah pembelajaran , perlu dilakukan evaluasi sekaligus latihan supaya siswa mampu lebih memahami sebuah materi. Seiring perkembangan zaman yg diikuti dengan perkembangan kurikulum di sekolah materi yg diajarkan pun berubah.

Pada kurikulum 2013 edisi revisi 2016 dan revisi 2017 , materi bahasa Indonesia berubah drastis , meskipun masih terdapat irisan dengan materi pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP 2006). Tidak hanya dari segi materi , perbedaan juga sangat mencolok antara buku teks yg beredar di sekolah. Jika pada kurikulum 2006 buku teks yg beredar sangat bermacam-macam , untuk kurikulum 2013 buku teks yg digunakan oleh siswa seragam , satu jenis. yg dikeluarkan oleh kementerian pendidikan nasional (Kemendikbud).



Dengan seragamnya buku teks siswa , tentu latihan soal yg menjadi tumpuan bagi guru juga sangat terbatas. Meskipun masing-masing guru idealnya mempunyai kemapuan untuk menyusun soal sendiri disesuaikan dengan keadaan siswa , namun adanya tumpuan bentuk dan gaya soal pasti bakal memudahkan seorang guru dalam menyusun soal sesuai dengan materinya.

Selain alasannya yakni kendala tidak adanya buku pembanding yg lain , dalam buku teks siswa Kurikulum 2013 , sama sekali tidak ada latihan soal. yg ada yakni latihan memahami teks. yg banyak yakni melengkapi tabel. Selain itu , ada pula yg berbentuk soal (bahkan buku teks bahasa Indonesia kurikulum 2013 sama sekali tidak menyebut soal) tapi hanya melengkapi serpihan yg rumpang.

Adanya banyak latiha dalam buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 bertujuan untuk melatih akseptor didik supaya lebih memahami teks , bukan sekadar mampu mengerjakan soal. Maka tidak ada latihan soal apalagi teladan soal Semester atau Ulangan Kenaikan Kelas.

Berangkat dari keadaan itu , dalam blog ini disediakan teladan soal materi teks fantasi. Teks fantasi yg digunakan yakni teks fantasi yg ada dalam buku teks.

Contoah soal yg digunaan dalam blog ini yakni teladan soal pilihan ganda dan teladan uraian.

Contoh soal pilihan ganda 1

Bacalah kutipan dongeng fantasi berikut ini!

Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu , biru , dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya Jika ada tiga sobat yg menyukai warna mirip pada kotak itu bakal menerima petualangan indah dan sekaligus menerima berlian itu. Tapi waktu yg diberikan untuk ber pe renta lang hanya satu jam. Anika menyukai warna ungu. Tamika , sobat erat Anika , menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning.

“Saya ingin mencoba petualangan indah itu Bu. Saya punya sobat yg menyukai warna itu ,” Anika meyakinkan ibunya.

Dengan kesepakatan ketiga sobat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu  pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yg serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.

Latar waktu dalam kutipan dongeng di atas terjadi pada....

a. pagi hari
b. sore hari
c. siang hari
d. malam hari


Contoh Soal Pilihan Ganda 2

Latar tempat insiden asing terjadi di ....

a. di langit
b. di kamar ibu
c. di kamar Anika
d. Di dalam kotak

Contoh Soal Pilihan Ganda 3

Kutipan dongeng di atas merupakan serpihan resolusi karena....

a. memperkenalkan tokoh , tabiat , dan latar insiden seCaranya umum.
b. menjelaskan seCaranya detail etika tokoh.
c. ada permasalahan yg muncul dalam insiden tersebut.
d. permasalahan yg ada dalam dongeng di atas sudah diselesaikan.

Materi Tentang Teks Cerita Fantasi lainnya mampu dilihat di sini: Klik untuk Mendownload Materi Teks Fantasi Komplit

Bacalah Kutipan Cerita Fantasi Berikut ini!

Cimun yakni seorang anak yg suka membaca , tak pernah ia melewatkan seharipun waktunya untuk membaca. Maka dari itu , setiap istirahat , ia selalu berkunjung ke perpustakaan. Buku yg paling suka ia baca yakni sejarah. Terutama ihwal sejarah nasional Indonesia , baik sejarah raja-raja dan kerajaan nusantara hingga sejarah sekitar perang kemerdekaan.

Kali ini ia membaca ihwal buku teks sejarah ihwal pemberontakan PKI di Madiun. Saat membaca halaman ke-9 , Cimun merasa ada yg memanggil , "Bung! Ayo sembunyi!" begitu menoleh ke belakang ternyata di tidak ada di perpustakaan sekolah. Dia melihat sekeliling sedang terjadi pertempuran sengit antara pemberontak PKI dan Tentara Republik Indonesia.

Contoh Soal Pilihan Ganda 4

Dari kutipan dongeng di atas mampu diketahui ihwal hal-hal berikut ini , kecuali....

a. Nama tokoh
b. Latar peristiwa
c. Masalah yg dihadapi
d. Penyelesaian


Contoh Soal Pilihan Ganda 5

Watak tokoh di atas mempunyai etika yg suka membaca dengan alasan....

a. Tidak suka ke kantin.
b. Bisa pergi ke zaman pemberontakan PKI.
c. Selalu membaca setiap hari.
d. Sedang membaca buku sejarah

Contoh Soal Pilihan Ganda 6

Hal asing (fantasi) yg terdapat dalam kutipan dongeng di atas adalah....

a. Bisa ke kantin.
b. Bisa kembali ke zaman dahulu.
c. Bisa membaca buku.
d. Bisa dipanggil 'Bung'

Demikian teladan soal pilihan ganda teks fantasi. Semoga bermanfaat.

Contoh Soal uraian mampu diunduh (download) melalui link berikut ini: Contoh Soal Uraian

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Materi Teks Fantasi Pilihan Ganda Dan Uraian | Smp Pilpay"

Post a Comment