July 18, 2018 Bank Soal, Kompetensi Siswa, Olimpiade Soal Dan Pembahasan Olimpiade Matematika Sma Hasil Kreatifitas Siswa SMA Negeri 2 Lintongnihuta angkatan I dengan nama Simon Putra Aekhela memperlihatkan sebuah hasil kreatifitasnya, yaitu pembahasan soal-soal matematika. Pesannya yakni "coba bapak diskusikan dengan teman-teman bapak". Nah, sebab pesannya menyerupai itu jadi disini coba kita diskusikan hasil kreatifitasnya sebab sebagai seorang guru memiliki siswa yang kreatif yakni hal yang menyenangkan. Beberapa goresan pena sebelumnya yaitu OSP matematika 2013, Pertanyaan jarak titik ke bidang dan alat peraga terbuat dari kertas yakni goresan pena yang inspirasi awalnya yakni dari siswa. Ada apa dengan Simon Putra? kenapa beliau menjadi materi omongan kali ini?. Jawabnya Simon mengerjakan soal-soal matematika dengan trik yang tidak biasa. Yang tidak biasa! Dengan trik biasa gimana ya? jikalau yang biasa itu siswa membahas soal dan menuliskannya di buku atau kertas selembar tetapi Simon mengerjakan soal matematikanya dengan menggunakan power point. Satu poin penting lainnya yakni bahwa beliau mengerjakan ini tanpa diberikan perintah artinya beliau dapat dikatakan kreatif. Agar tulisannya tidak hanya melulu cerita, kita bahas satu soal yang dibahas Simon, Tentukan nilai dari: $ \left ( 1-\frac{2}{3} \right )\left ( 1-\frac{2}{5} \right )\left ( 1-\frac{2}{7} \right )\left ( 1-\frac{2}{9} \right ) \cdots \left ( 1-\frac{2}{2013} \right ) $ Pembahasan: $ \left ( 1-\frac{2}{3} \right )\left ( 1-\frac{2}{5} \right )\left ( 1-\frac{2}{7} \right )\left ( 1-\frac{2}{9} \right ) \cdots \left ( 1-\frac{2}{2013} \right ) $ $ =\left ( \frac{3}{3}-\frac{2}{3} \right )\left ( \frac{5}{5}-\frac{2}{5} \right )\left ( \frac{7}{7}-\frac{2}{7} \right )\left ( \frac{9}{9}-\frac{2}{9} \right ) \cdots \left ( \frac{2013}{2013}-\frac{2}{2013} \right ) $ $ =\left ( \frac{1}{3} \right )\left ( \frac{3}{5} \right )\left ( \frac{5}{7} \right )\left ( \frac{7}{9} \right ) \cdots \left ( \frac{2011}{2013} \right )$ $ =\frac{1}{3} \cdot \frac{3}{5} \cdot \frac{5}{7} \cdot \frac{7}{9} \cdots \frac{2011}{2013}$ $ =\frac{1}{\not{3}} \cdot \frac{\not{3}}{\not{5}} \cdot \frac{\not{5}}{\not{7}} \cdot \frac{\not{7}}{\not{9}} \cdots \frac{\not{2011}}{2013}$ $ =\frac{1}{2013}$ Untuk melihat hasil kreatifitas Simon setrik lengkap [Data Disini]. Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif; Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn Subscribe to receive free email updates:
0 Response to "Soal Dan Pembahasan Olimpiade Matematika Sma Hasil Kreatifitas Siswa"
Post a Comment