July 02, 2018 Barisan Bilangan, Matematika Rekreasi, Teori Bilangan Matematika Rekreasi Dalam Pembelajaran Aspek Bilangan Lima mitos sesat seputar matematika Tetapi yang menjadi kelemahan pemakaian kata matematika rekreasi atau rekreasi matematika ini setiap proses pembelajaran ialah sebab tidak semua bahan matematika yang ada di kurikulum kita sanggup dibawakan setrik rekreasi. Menurut Jakim Wiyoto, S.Si pada ketika Bimtek Online PPPPTK matematika tahap 4 menyampaikan Rekreasi Matematika diartikan sebagai atrik yang menyenangkan yang membangkitkan minat siswa mempelajari dan memahami konsep matematika.Tetapi sehabis rekreasi matematika ini diartikan ada persoalan yang berkembang yaitu 'menyenangkan' bagi setiap individu-individu itu berbeda. Misalnya untuk beberapa orang pertanda teorema matematika diatas kertas ialah sesuatu yang menyenangkan tetapi untuk sebagian lagi itu ialah hal yang membosankan. Untuk persoalan 'menyenangkan' yang berbeda, disinilah letak tugas seorang guru yang sangat besar yaitu menentukan bahan yang cocok dibawakan setrik rekreasi atau bukan. Saya sendiri sebagai seorang guru matematika menganggap matematika rekreasi itu ialah matematika kreatif, sebab matematika rekreasi lebih banyak didominasi memperlihatkan persoalan dan solusi yang tidak biasa. Masalah dan solusi yang tidak biasa hanya dihasilkan oleh orang-orang kreatif dengan bermatematika setrik kreatif. Untuk yang bukan guru matematika mempelajari matematika rekreasi ini juga menjadi masukan yang sangat bagus, sebab ini sanggup menjadi the power to surprise sebagai seorang guru yang bukan matematika tetapi sanggup bermatematika dengan kreatif. Berbagai topik matematika sanggup kita bawakan setrik rekreasi, berikut beberapa topik matematika rekreasi perihal bilangan. 1. Bilangan tepat [perfect numbers]Suatu bilangan disebut bilangan tepat apabila jumlah semua pembagi sejatinya sama dengan bilangan itu sendiri. Pembagi sejati [proper divisor] dari suatu bilangan ialah semua pembagi/faktor dari bilangan tersebut selain bilangan itu sendiri. Misalnya pembagi sejati dari 8 ialah 1, 2, dan 4. Contoh: 28 merupakan bilangan sempurna sebab jumlah semua pembagi sejatinya yaitu 1 + 2 + 4 + 7 + 14 = 28 sama dengan bilangan itu sendiri. Rekreasi: Coba cari bilangan tepat yang lain? 2. Bilangan amicable [friendly numbers]Dua bilangan dinamakan bilangan amicable jikalau jumlah dari pembagi-pembagi sejatinya dari salah satu bilangan sama dengan bilangan yang lainnya. Bilangan 220 dan 284 merupakan pola bilangan amicable. Untuk memperlihatkan bahwa kedua bilangan 220 dan 284 ialah bilangan amicable ialah sebagai berikut: Pembagi-pembagi sejati 220 ialah 1, 2, 4, 5,10, 11, 20, 22, 44, 55, dan 110. Jumlah Pembagi-pembagi sejati 220 ialah 1 + 2 + 4 + 5 + 10 + 11 + 20 + 22 + 44 + 55 + 110 = 284. Sedangkan pembagi-pembagi sejati 284 ialah 1, 2, 4, 71, 142. Jumlah Pembagi-pembagi sejati 284 ialah 1 + 2 + 4 + 71 + 142 = 220. Rekreasi: Coba cari bilangan amicable yang lain? 3. Barisan bilangan Fibonacci [Fibonacci Number] Barisan Bilangan Fibonacci ialah 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, ... Sebagai pemanis Anda juga sanggup membaca keajaiban bilangan fibonacci versi Arthur Benjamin. Rekreasi: Berikut ini diberikan sebuah persoalan perkembangbiakan sepasang marmut. Pada awal bulan Januari 2011 Angga membeli sepasang bayi marmut [jantan dan betina]. Seandainya bayi marmut menjadi sampaumur sehabis tepat satu bulan dan setiap tepat satu bulan sepasang marmut sampaumur akan memiliki sepasang bayi marmut. Bila tidak ada marmut yang mati, ada berapa pasang marmut [berapa pasang marmut sampaumur dan berapa pasang bayi marmut] yang dimiliki Angga pada awal bulan Januari, Februari, Maret, dan seterusnya hingga awal bulan Desember? 4. Persegi asing [magic squares]Susunan bilangan-bilangan berbentuk persegi dimana jumlah bilangan-bilangan pada setiap baris, setiap kolom, dan setiap diagonalnya ialah sama disebut persegi ajaib. Perhatikan gambar diatas yaitu persegi yang didalamnya terdapat susunan bilangan-bilangan 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, dan 18. Apa yang menarik pada gambar disamping? Coba Anda Jumlahkan bilangan-bilangan yang terdapat pada setiap baris, setiap kolom dan setiap diagonal. Apa yang terjadi? Ternyata jumlah bilangan-bilangan pada setiap baris, setiap kolom, dan setiap diagonalnya sama besar yaitu 30. Rekreasi: Coba tentukan 9 bilangan yang akan disusun dalam persegi asing 3x3. Sebagai pemanis untuk persegi asing 4x4 [Lihat Disini] 5. Trik matematika menebak angkaUntuk trik matematika ini mungkin banyak versi, di postingan berikutnya mungkin akan kita coba sajikan trik-trik matematika dalam hal menebak angka. Dasar permainan ini ialah harus paham sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah, operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan, sifat-sifat operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan dalam pemecahan masalah. Dalam pembelajaran, bahan ini sanggup dipakai untuk memotivasi siswa. Dalam trik matematika yang disajikan Anda diminta untuk menyidik mengapa trik tersebut berlaku dan bagaimana alur penalarannya. Di bawah ini diberikan pola isyarat dan ilustrasi yang sanggup Anda praktekkan eksklusif di dalam pembelajaran. Anda membacakan instruksinya satu persatu dari isyarat langkah pertama hingga dengan langkah ke keempat. Di langkah kelima Anda yang menebak karenanya sesuai dengan yang ada pada kolom ilustrasi langkah kelima. Mengapa sanggup demikian? Kunci pertama dari trik ini ada pada isyarat langkah kedua. Saat menambahkan suatu bilangan pilihlah bilangan dengan dua digit yang apabila ditambah dengan bilangan pertama [yang terdiri dari dua digit antara 50 dan 100] karenanya lebih dari 100. Mengapa? Karena pada isyarat yang ketiga harus menyoret angka ratusannya. Angka ratusan yang mungkin ialah 1, sebab penjumlahan dua bilangan yang masing-masing memiliki dua digit karenanya niscaya kurang dari 200. Pada langkah ketiga Anda harus menyoret angka ratusannya dan menambahkan kebilangan yang terbentuk dari dua digit yang tersisa, ini berarti anda mengurangi 100 dan menambah 1 sama dengan mengurangi 99, ini merupakan kunci yang kedua. Penyelesainya selalu merupakan hasil dari pengurangan 99 dengan bilangan yang ditambahkan pada instruksilangkah kedua. Rekreasi: Rancanglah permainan trik matematika untuk menebak angka, mulailah dari operasi aljabar sederhana. Demikian klarifikasi sederhana persoalan matematika rekreasi perihal bilangan. [Modul Matematika Sekolah Menengah Pertama Program Bermutu 'Pemanfaatan Matematika Rekreasi Dalam Pembelajaran Matematika di SMP' Tahun 2011] Sebagai pemanis Anda sanggup menemukan Matematika Rekreasi pada buku Math Wonders to Inspire Teachers and Students, silahkan download disini. Video pilihan khusus untuk Anda 😊 mari kita lihat kreativitas siswa ini, membuat lagu dengan matematika; Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn Subscribe to receive free email updates:
0 Response to "Matematika Rekreasi Dalam Pembelajaran Aspek Bilangan"
Post a Comment