July 19, 2018 Kompetensi Guru, Kurikulum, Kurikulum 2013 Peta Bahan Matematika Smp Kurikulum 2013 SMA, SMP dan SD. Sekarang kita coba berkenalan dengan Peta Materi Kurikulum 2013. Peta Materi - Matematika - Kelas VII - Semester I1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan dilema 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bundar dan pecahan1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bundar dan pecahan dalam pemecahan masalah2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel 2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya 2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar 2.4 Menyelesaikan persamaan linear satu variabel 2.5 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan dilema 3.1 Membuat model matematika dari dilema yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel 3.2 Menyelesaikan model matematika dari dilema yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel 3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan dilema aritmetika sosial yang sederhana 3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalahPeta Materi - Matematika - Kelas VII - Semester II4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan dilema 4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya 4.2 Memahami konsep himpunan bab 4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan suplemen pada himpunan 4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram Venn 4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah5. Memahami korelasi garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta memilih ukurannya 5.1 Menentukan korelasi antara dua garis, serta besar dan jenis sudut 5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk kalau dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain5.3 Melukis sudut 5.4 Membagi sudut6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta memilih ukurannya 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga menurut sisi dan sudutnya 6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang 6.3 Menghitung keliling dan luas berdiri segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan dilema 6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbuPeta Materi - Matematika - Kelas VIII - Semester I1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus1.1 Melakukan operasi aljabar 1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya 1.3 Memahami korelasi dan fungsi 1.4 Menentukan nilai fungsi 1.5 Membuat skema grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius 1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus2. Memahami sistem persa-maan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan dilema 2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel 2.2 Membuat model matematika dari dilema yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel 2.3 Menyelesaikan model matematika dari dilema yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan dilema 3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk memilih panjang sisi-sisi segitiga siku-siku 3.2 Memecahkan dilema pada berdiri datar yang berkaitan dengan Teorema PythagorasPeta Materi - Matematika - Kelas VIII - Semester II4. Menentukan unsur, bab lingkaran serta ukurannya4.1 Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran 4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran 4.3 Menggunakan korelasi sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan dilema 4.4 Menghitung panjang garis singgung komplotan dua lingkaran 4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta memilih ukurannya5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya 5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas 5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas Peta Materi - Matematika - Kelas IX - Semester I1. Memahami kesebangunan berdiri datar dan penggunaannya dalam pemecahan dilema 1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen 1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen 1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta memilih ukurannya 2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola 2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola2.3 Memecahkan dilema yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola3. Melakukan pengolahan dan penyajian data 3.1 Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya 3.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran4. Memahami peluang bencana sederhana 4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan 4.2 Menentukan peluang suatu bencana sederhanaPeta Materi - Matematika - Kelas IX - Semester II5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan dilema sederhana 5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar 5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bundar dan bentuk akar 5.3 Memecahkan dilema sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan dilema 6.1 Menentukan teladan barisan bilangan sederhana 6.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri 6.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri 6.4 Memecahkan dilema yang berkaitan dengan barisan dan deret[http://belajar.kemdiknas.go.id/] Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif; Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn Subscribe to receive free email updates:
0 Response to "Peta Bahan Matematika Smp Kurikulum 2013"
Post a Comment