July 19, 2018 Kompetensi Guru, Kurikulum, Kurikulum 2013 Peta Bahan Matematika Sma Kurikulum 2013 SMA, SMP dan SD. Sekarang kita coba membuatkan Peta Materi Kurikulum 2013. Peta Materi - Matematika - Kelas X - Semester I1. Memecahkan problem yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma 1.1 Menggunakan hukum pangkat, akar, dan logaritma 1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma2. Memecahkan problem yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat 2.1 Memahami konsep fungsi 2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat 2.3 Menggunakan sifat dan hukum wacana persamaan dan pertidaksamaan kuadrat 2.4 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat 2.5 Merancang model matematika dari problem yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat 2.6 Menyelesaikan model matematika dari problem yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya3. Memecahkan problem yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel 3.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan adonan linear dan kuadrat dalam dua variabel 3.2 Merancang model matematika dari problem yang berkaitan dengan sistem persamaan linear 3.3 Menyelesaikan model matematika dari problem yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya 3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar 3.5 Merancang model matematika dari problem yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel 3.6 Menyelesaikan model matematika dari problem yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannyaPeta Materi - Matematika - Kelas X - Semester II4. Menggunakan budi matematika dalam pemecahan problem yang berkaitan dengan pernyataan beragam dan pernyataan berkuantor 4.1 Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya 4.2 Menentukan nilai kebenaran dari suatu per-nyataan beragam dan pernyataan berkuantor 4.3 Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan beragam atau pernyataan berkuantor yang diberikan 4.4 Menggunakan prinsip budi matematika yang berkaitan dengan pernyataan beragam dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah5. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan problem 5.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri 5.2 Merancang model matematika dari problem yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri 5.3 Menyelesaikan model matematika dari problem yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya 6. Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga 6.1 Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga 6.2 Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga 6.3 Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tigaPeta Materi - Matematika - Kelas XI - Semester I1. Menggunakan hukum statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan problem 1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive 1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya 1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya 1.4 Menggunakan hukum perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan problem 1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan 1.6 Menentukan peluang suatu insiden dan penafsirannya 2. Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya 2.1 Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu 2.2 Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus 2.3 Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus3. Menyusun persamaan bulat dan garis singgungnya 3.1 Menyusun persamaan bulat yang memenuhi persyaratan yang ditentukan 3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada bulat dalam banyak sekali situasi 1. Melakukan pengolahan, penyajian dan penafsiran data 1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta pemaknaannya 1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta pemaknaannya 1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya Peta Materi - Matematika - Kelas XI - Semester II4. Menggunakan hukum sukubanyak dalam penyelesaian problem 4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk memilih hasil bagi dan sisa pembagian4.2 Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan problem 5. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi 5.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi 5.2 Menentukan invers suatu fungsi 6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan problem 6.1 Menjelaskan setrik intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga 6.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri 6.3 Menggunakan konsep dan hukum turunan dalam perhitungan turunan fungsi 6.4 Menggunakan turunan untuk memilih karakteristik suatu fungsi dan memecahkan problem 6.5 Merancang model matematika dari problem yang berkaitan dengan ekstrim fungsi 6.6 Menyelesaikan model matematika dari problem yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya 2. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi 2.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi 2.2 Menentukan invers suatu fungsi 3. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan problem 3.1 Menghitung limit fungsi aljabar sederhana di suatu titik 3.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar 3.3 Menggunakan sifat dan hukum turunan dalam perhitungan turunan fungsi aljabar 3.4 Menggunakan turunan untuk memilih karakteristik suatu fungsi aljabar dan memecahkan problem 3.5 Merancang model matematika dari problem yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar 3.6 Menyelesaikan model matematika dari problem yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar dan penafsirannya2. Menggunakan kaidah pencacahan untuk memilih peluang suatu insiden dan penafsirannya 2.1 Menggunakan sifat dan hukum perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan problem 2.2 Menentukan ruang sampel suatu percobaan 2.3 Menentukan peluang suatu insiden dan menafsirkannya Peta Materi - Matematika - Kelas XII - Semester I1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan problem 1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu 1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana 1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas tempat di bawah kurva dan volum benda putar 2. Menyelesaikan problem kegiatan linear 2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel 2.2 Merancang model matematika dari problem kegiatan linear 2.3 Menyelesaikan model matematika dari problem kegiatan linear dan penafsirannya3. Menggunakan konsep matriks, vektor, dan transformasi dalam pemecahan problem 3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk mengatakan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain 3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2 3.3 Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel 3.4 Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan problem 3.5 Menggunakan sifat-sifat dan operasi perkalian skalar dua vektor dalam pemecahan problem 3.6 Menggunakan transformasi geometri yang sanggup dinyatakan dengan matriks dalam pemecahan problem 3.7 Menentukan komposisi dari beberapa transformasi geometri beserta matriks transformasinya1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan problem sederhana 1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu 1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana 1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas tempat di bawah kurva2. Menyelesaikan problem kegiatan linear 2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel 2.2 Merancang model matematika dari problem kegiatan linear 2.3 Menyelesaikan model matematika dari problem kegiatan linear dan penafsirannya3. Menggunakan matriks dalam pemecahan problem 3.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk mengatakan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain 3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2 3.3 Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel1. Menyelesaikan problem kegiatan linear 1.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel 1.2 Merancang model matematika dari problem kegiatan linear 1.3 Menyelesaikan model matematika dari problem kegiatan linear dan menafsirkan solusinya2. Menggunakan matriks dalam pemecahan problem 2.1 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk mengatakan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain 2.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2 2.3 Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabelPeta Materi - Matematika - Kelas XII - Semester II4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan problem 4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri 4.2 Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian 4.3 Merancang model matematika dari problem yang berkaitan dengan deret 4.4 Menyelesaikan model matematika dari problem yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya 5. Menggunakan hukum yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan problem 5.1 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan problem 5.2 Menggambar grafik fungsi eksponen dan logaritma 5.3 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma sederhana 4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan problem 4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri4.2 Merancang model matematika dari problem yang berkaitan dengan deret 4.3 Menyelesaikan model matematika dari problem yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya3. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan problem 3.1 Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian 3.2 Merancang model matematika dari problem yang berkaitan dengan deret 3.3 Menyelesaikan model matematika dari problem yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya 3.4 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri 3.5 Memecahkan problem yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya Meskipun peta bahan kurikulum 2013 sudah dikeluarkan oleh pemerintah, tetapi kesan kurikulum ini yaitu kurikulum yang terlalu dipaksakan masih kelihatan, yaitu peta bahan diatas belum dikelompokkan bahan mana yang masuk kategori IPA, IPS atau BAHASA. Apalagi matematika salah satu pelajaran paling rumit pemakaiannya di kurikulum 2013 tingkat SMA, alasannya matematika masuk kategori Wajib, Pilihan Kelompok Peminatan, dan/atau Pilihan Lintas Minat. Semoga pemerintah dengan segera memperjelas kurikulum 2013 ini. [http://belajar.kemdiknas.go.id] Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Mengerjakan pembagian pecahan pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif; Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn Subscribe to receive free email updates:
0 Response to "Peta Bahan Matematika Sma Kurikulum 2013"
Post a Comment