Inikah Tipe Guru Yang Tidak Akan Dilupakan Siswanya?

Tipe Guru disekolah itu beraneka ragam apalagi nama-nama guru lengkap dengan 'gelar'nya. Karena banyaknya guru sehingga tidak jarang siswa cepat lupa kepada gurunya kecuali guru tersebut punya keahlian khusus atau ciri tersendiri. Mungkin beberapa tipe guru dibawah ini kita sepakati (tidak setuju juga tidak apa-apa) menjadi tipe guru yang tidak akan dilupakan siswanya, mari kita mulai dari tipe yang pertama dan seterusnya;

1. Guru Cantik yang Bikin Siswa Nggak Konsen

SAAT upatrik bendera di Senin pagi, kepala sekolah memperkenalkan aka nada guru baru. Awalnya sih underestimate. “Paling ibarat guru yang lain,” pikirku.

Tapi ketika guru gres itu naik podium untuk memperkenalkan diri, “Wow, cantiknya. Dia tampak bersinar…”

Guru anggun itu kemudian masuk di kelas. Suasana kelas yang panas, tiba-tiba berasa sejuk ketika doi masuk. Ada angin sepoi yang masuk lewat ventilasi. Ada aroma amis yang menyergap lewat jendela.

Dan ketika guru anggun ini mulai bitrik, suaranya terdengar merdu. Saat ia tersenyum, senyumnya ibarat Katrina Kaif. Dan ketika ia berjalan di depan kelas, ia ibarat Putri Indonesia yang berjalan di catwalk.

Yang aneh, kehadiran guru anggun bisa bikin siswa yang biasanya berisik di kelas, pribadi disergap senyap. Tiba-tiba mereka taubat nasuha menjadi siswa baik. :-p

2. Guru Ganteng yang Bikin Siswinya Caper

SELAIN guru cantik, guru ganteng juga bisa memporak-porandakan dunia persilatan. Bedanya, jika guru anggun disukai siswa pria maupun perempuan, guru ganteng hanya jadi idoal siswa wanita tapi jadi musuh siswa pria (kompetitor berat).

Kehadiran guru ganteng juga bisa membuat kelakuan siswi di sekolah berubah. Mereka menampakkan diri jadi lebih cukup umur dari biasanya.

3. Guru Sepuh yang Nggak Pernah Marah

Dia sudah hampir pensiun. Rambutnya sudah memutih. Kacamatanya tebal. Cara ngajarnya pun pelan. Bahkan suaranya hampir tidak terdnegar dari belakang.

Tapi ia guru yang baik, tidak pernah murka di kelas. Saat ada siswa yang gundah ia akan bombing dengan tekun. Kalau ada satu pertanyaan, ia akan menjawab dengan seribu jawaban.

4. Guru Baik Hati yang Suka Traktir

Meskipun honor guru (dulu masih) kecil, ternyata ada guru yang murah hati traktir siswa. Awalnya sih kebetulan. Tapi, kadang itu jadi kebiasaan. Begitu guru baik ini masuk kantin, belasan siswa nimbrung ikut-ikutan makan.

Setelah tamat makan, siswa memasang wajah memelas. Tampangnya distel sebagai warga negara paling tertindas.

Apa boleh buat, guru baik ini harus mbayari lagi.

5. Guru Inovatif

Di sebuah sekolah, biasanya ada guru yang bisa membuat kelasnya begitu menyenangkan. Dia berinovasi membuat kelas ibarat daerah bermain.

Kadang ia suka ngajak ke laboratorium membuat ini itu. Kadang ia ajak siswa ke lapangan untuk mengamati ini dan itu.

6. Pembina Pramuka yang Mau Diajak Camping

Saat peresmian pengurus OSIS, kau buat program malam di sekolah. Untuk memastikan program berjalan lancar, ada guru yang siap sedia menemani kalian di sekolah. Dia rela bergadan untuk awasi kalian. Kalaupun ia gak besar lengan berkuasa menahan kantuk, ia Cuma tidur di sofa ruang tamu.

Lain waktu, kalian buat peresmian bantara di gunung. Letaknya tidak mengecewakan jauh juga dari sekolah. Biar sangar, kendaraan yang digunakan pun bukan bis, tapi truk terbuka. Guru yang satu ini juga gak keberatan ikutan naik gunung. Dia bersusah payah meniti jalan naik turun di hutan.

Kenangan yang paling susah dilupakan yaitu ketika malam hari kalian bikin api unggun. Atriknya bakar-bakar dan pentas seni. Di luar dugaan, ia ikut sibuk nyapkan jagung. Saat pentas seni, ia juga menyumbangkan sebuah lagu dengan iringan gitar akustik.

7. Guru Seni yang Pinter Nyanyi

Guru ibarat ini biasanya tampak hebat ketika ada program perpisahan. Sebagai orang yang punya talent di bidang seni, ia jadi orang sibuk. Dia ikut nata panggung, urus sound system, bahkan nyusun atrik.

Saat program dimulai, ia pun menyumbang beberapa lagu.

8. Wali Kelas yang Rajin Home Visit

Di luar dugaan, ketika kalian seminggu nggak masuk sekolah sehabis jatuh dari motor, ada guru yang tiba ke rumah.

Guru itu memarkrir motornya di halaman rumah, salaman dengan kedua orang tua, bahkan ngobrol hingga berjam-jam.

Saat itulah kalian lihat, sifatnya di sekolah ternyata berbeda dengan ketika di rumah. ia lebih humoris daripada biasanya.

9. Guru IPA yang Jadul Tapi Jenius

Ada guru yang suka pakai stelan tahun 80-an. Kacamatanya tebal. Rambutnya belah tengah semenjak dulu.

Tapi di balik penampilannya yang jadul, ternyata ia punya hobi baca yang luar biasa. Saat kalian mulai ngobrol dengan dia, kalian gres rasakan ia punya pengetahuan perihal astronomi, filsafat, bahkan sepak bola.

10. Guru BK yang Nyaman Buat Curhat

Ada beberapa guru BK di sekolah. Tapi nggak tahu kenapa, guru BK yang satu ini lebih nyaman diajak cerita.

Awalnya kalian ngobrol sama guru ini alasannya yaitu telat masuk. Tapi usang kelamaan, kalian malah curhat perihal kondisi keluarga. Lama kelamaan kalian juga dongeng perihal kekerabatan asmara.

Yang aneh, di depan guru seprti ini kalian nggak canggung buat nangis. Kalian bisa mewek di depannya dengan nyaman.

11. Guru Killer yang Suka Nyuruh Lari Keliling Lapangan

Selain guru “protagonis”, ada juga guru “antagonis” yang selalu dikenang siswanya. Salah satunya guru killer.

Ini jenis guru yang suka pasang tampang serem ketika di kelas. Dia masuk kelas sempurna waktu. jika ada sisw ayang telat masuk ia bakal bilang “Tutu pintu dari luar!”

Nah, guru ini juga suka nyuruh siswa lari keliling lapangan, berjemur di lapangan ketika tengah hari, bahkan push up.

Waktu dieksekusi sih rasanya dongkol. Tapi sehabis lulus, rasanya kangen juga sama guru yang satu ini. Pengin main ke rumahnya dan push up di depannya.

12. Guru Jomblo yang Suka Nyepik Siswinya

Ada guru muda. ia masih jomblo. Nggak tahu kenapa, ketika ngajar pandangan matanya tertuju ke salah satu siswi.

Bukan Cuma itu, sesekali guru muda yang satu ini juga makan siang bareng di kantin. Bahkan ia rela pulang sore ketika si siswi anggun ikutan ekstrakurikuler.

Anda punya tipe guru lain selain yang disebutkan diatas, atau tipe yang mana dari guru Anda yang masih diingat. Mari membuatkan kisah di dunia yang hampir faktual ini. [Portal Semarang]

Lihat video kemampuan guru Humbang Hasundutan bernyanyi yang diatas rata-rata;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inikah Tipe Guru Yang Tidak Akan Dilupakan Siswanya?"

Post a Comment