Kebiasaan Buruk Yang Dapat Bikin Otak Lemot

Anda pernah merasa kemapuan otak kita semakin menurun, mungkin kebiasaan-kebiasaan berikut ini Anda lakukan setrik berlebihan. Apa saja kebiasaan yang tidak baik itu, mari kita simak satu persatu.

Nggak Mau Sarapan
Banyak orang yang nyepelein sarapan. Udah biasa nggak sarapan, yaa udah aja. Padahal kalo nggak ada masakan yang masuk ke tubuh di pagi hari sanggup mengakibatkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak. Karena itu, otak juga lemot.

Makan Berlebihan
Kebalikan dari yang di atas, ternyata terlalu banyak makan juga nggak boleh. Ini sanggup bikin pembuluh otak jadi mengeras. Karena itu, makanlah dalam porsi yang normal. Biasakan menahan diri dengan trik berhenti makan sebelum kau kekenyangan. Jangan sampe udah kenyang masih nambah terus. Nanti jadinya otak kau juga jadi lambat mikirnya.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Zat Gula
Kebiasaan buruk bangsa kita yang lain yaitu porsi nasi dalam masakan terlalu banyak. Itu salah satu mengakibatkan asupan gula terlalu banyak. Padahal terlalu banyak asupan kadar gula akan menghalangi perembesan protein dan gizi. Tubuh jadi kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

Polusi Udara
Ternyata otak juga sanggup terkena dampak serius akhir polusi udara. Soalnya otak yaitu belahan tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu usang berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.

Berpikir terlalu keras saat sedang sakit
Kadang-kadang sebagian orang merasa nggak betah tiduran aja pas lagi sakit. Mereka berusaha melaksanakan pekerjaan yang memeras otak. Atau ada juga yang mencar ilmu waktu tubuh lagi nggak fit. Ini sanggup juga menimbulkan otak nggak efektif. Sebaiknya istirahat total dan jangan forsir otak anda.

Minum Minuman Beralkohol
So pasti, minuman yang satu ini sanggup bikin orang kecanduan. Bisa bikin teler sekaligus melayang dalam kenikmatan. Tapi bahayanya gede banget. Bukan cuma sanggup merusak hati tapi juga otak sekaligus.

Kurang Tidur
Tidur memperlihatkan kesempatan otak untuk istirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Apalagi kalo kau suka begadang sampe pagi. Itu amat sangat nggak baik, bukan hanya buat kesehatan setrik umum, tapi juga buat otakmu. Meski begitu, jangan juga kebanyakan tidur. Soalnya kebanyakan tidur sanggup membuat kau jadi pemalas. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari, semoga sehat dan bugar.

Menutup kepala saat sedang tidur
Kebiasaan yang satu ini mungkin dilakukan segelintir orang aja. Tapi ini kebiasaan yang nggak bener. Yaitu tidur dengan kepala yang ditutupi. Menurut para mahir kesehatan, ini merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya. Soalnya karbon dioksida yang diproduksi selama tidur jadi terkonsentrasi. Akibatnya otak jadi tercemar. Jangan heran jikalau usang kelamaan otak menjadi rusak. Akhirnya lemot juga.

Kurangnya Stimulasi Otak
Kalo tubuh lagi sehat, jangan juga otak nggak dipake buat mikir. Karena berpikir yaitu trik terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir sanggup bikin otak menyusut dan akhirnya nggak berfungsi maksimal. Membaca, denger musik dan bermain (catur, scrabble, dll) sanggup bikin otak kau berpikir aktif dan kreatif.

Jarang Bitrik
Ada pepatah yang menyampaikan “diam itu emas”. Karena itu berdiam diri dan jadi pendengar yang baik dianggap sebagai sikap terpuji. Padahal percakapan intelektual sanggup membawa imbas anggun buat kerja otak. Kaprikornus jangan terlalu besar hati jadi pendiam. Obrolan
yang bermutu anggun banget lho buat kesehatan dan kecerdasaran otak kamu.

Terlalu Lama Menggunakan HP
Penggunaan handphone belakangan ini dah begitu luar biasa. Mulai anak Taman Kanak-kanak sampe kakek nenek kini udah nggak abnormal dengan alat
komunikasi ini. Tapi kau tau nggak sih kalo benda ini berbahaya buat kesehatan. Soalnya gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh HP sanggup bisa menghambat perkembangan otak.

Terlalu banyak menonton Televisi
Nonton tv itu emang asyik dan menyenangkan. Kadang kau sanggup lupa waktu kan kalo udah di depan pesawat televisi. Ternyata kebiasaan ini nggak anggun buat otak kita. Sebaiknya dikurangin deh waktu nonton televisinya.

dari beberapa hasil penelitian diatas mungkin ada beberapa hal yang sanggup kita perbaiki. Jika ada beberapa hal yang tidak sanggup kita hilangkan, ada baiknya kita melaksanakan olahraga otak semoga kinerja otak kita sanggup terjaga.

Punya anak atau saudara yang duduk di kursi SD atau SMP, coba berikan permainan tangram siapa tahu beliau suka. Hasil kreativitas anak dari permainan tangram sanggup diliha pada video berikut;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebiasaan Buruk Yang Dapat Bikin Otak Lemot"

Post a Comment