Temukan Dan Simpulkan Saran Dalam Teks Prsedur Membuat Batik Tulis | Smp Pilpay

Teks Prosedur 'Membuat Batik Tulis' merupakan Keliru satu teladan teks prosedur yg terdapat dalam buku teks pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 7 SMP/MTs.

Berikut ini yaitu teks Komplit Membuat Batik Tulis yg di dalamnya terdapat kalimat-kalimat saran.


Membuat Batik Tulis

Proses pembuatan batik tulis yaitu proses yag membutuhkan teknik , ketelitian , dan kesabaran yg tinggi. Batik sebagai warisan budaya yg agung perlu kita lestarikan. Dengan latihan yg tekun dan semangat melestarikan budaya , kita mampu mencar ilmu membuat batik tulis. Rincian bahan dan langkah membuat batik tulis diuraikan berikut.

Bahan dan alat pembuatan batik tulis

1. canting (alat tulis lilin yg digunakan untuk menutupi teladan dan motif batik)
2. pensil pola
3. kain mori putih (kain sutra atau kain katun)
4 lilin malam (wax)
5. Kompor atau alat pemanas lilin malam.
6. bahan pewarna kain

Langkah-langkah Pembuatan Batik Tulis

1. Siapkan kain mori , kemudian buatlah motif di atas kain tersebut dengan menggunakan pensil.

2. setelah motif selesai dibentuk , sampirkan atau letakkan kain pada gawangan dengan posisi melebar supaya Praktis dibatik.

3. panaskan malam/lilin ke dalam wajan dengan api kecil hingga malam/lilin mencair sempurna. Untuk menjaga supaya suhu kompor/anglo stabil Agarkan api tetap menyala kecil.

4. Ambil sedikit malam yg sudah cair dengan menggunakan canting , tiup-tiup sebentar supaya tidak terlalu panas kemudian torehkan canting dengan mengikuti motif.  Dalam proses ini harus dilakukan dengan hati-hati supaya jangan hingga malam yg cair menetes di atas  permukaan kain sebab yaitu bakal memengaruhi motif batik. Canting untuk potongan halus , atau kuas untuk potongan yg berukuran besar. Proses ini bertujuan supaya ada saat pencelupan bahan ke dalam larutan pewarna potongan yg diberi lapisan malam tidak terkena pewarna.

5. setelah semua motif yg tidak ingin diberi warna tertutup oleh malam , kemudian celupkan kain ke dalam larutan pewarna. Proses ini merupakan pewarnaan pertama pada potongan yg tidak tertutup oleh malam. Sebaiknya , pencelupan dimulai dengan warna muda , dilanjutkan dengan warna lebih tua atau gelap pada tahap berikutnya.

6. Jemur kain yg telah diwarnai hingga kering.

7. setelah kering dilakukan proses pelorodan yaitu dengan Caranya lilin dikerik dengan pisau kemudian kain direbus sebetulnya dengan air yg telah diberi soda abu. Proses ini bertujuan menghilangkan lapisan malam sehingga motif yg telah digambar menjadi terlihat jelas. Jika diinginkan beberapa warna pada batik yg kita buat , proses mampu diulang beberapa kali tergantung pada jumlah yg yg kita inginkan.

8. setelah kain bersih dari malam , dilakukan kembali proses pembatikan dengan penutupan malam , pewarnaan kedua , dan seterausnya. Begitu terus diulangi mirip proses sebelumnya sebanyak jumlah warna yg diinginkan.

9. setelah beberapa kali proses pewarnaan , kain yg telah dibatik dicelupkan ke adonan air dan soda bubuk yg membunuh warna yg menempel pada batik. Hal ini untuk menghindari kelunturan.

10. Proses terakhir rendam batik dalam air hambar dan dijemur sebelum mampu digunakan.


Adapun kalimat saran yg terdapat dalam teks prosedur membuat batik tulis adalah:

a) Dalam proses ini harus dilakukan dengan hati-hati supaya jangan hingga malam yg cair menetes di atas permukaan kain.

Kalimat di atas merupakan kalimat saran yg terdapat dalam teks prosedur membuat batik. Pembatik yg ingin mencoba membuat batik disarankan supaya hati-hati supaya karenanya sempurna.

b) Untuk menjaga supaya suhu anglo stabil Agarkan api tetap menyala kecil.

Kalimat di atas juga merupakan saran supaya Praktis dalam membuat batik.

c) Sebaiknya pencelupan dimulai dengan warna muda , dilanjutkan dengan warna lebih tua atau gelap pada tahap berikutnya.

Kalimat di atas terang merupakan kalimat saran sebab yaitu terdapat kata 'sebaiknya'. Jelas itu merupakan saran yg disampaikan penulis kepada para pembaca. 

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Temukan Dan Simpulkan Saran Dalam Teks Prsedur Membuat Batik Tulis | Smp Pilpay"

Post a Comment