Makna Pelakor Sinonim Dan Antonimnya | Smp Pilpay

Belakang ini , postingan Maknakel wacana Makna Maknakel di blog ini banyak yg melihat. Banyak yg mencari dengan kata kunci pelakor. Mungkin lantaran dunia maya sedang dihebohkan dengan isu wacana seorang Maknas yg dituduh menjadi pelakor.

Bukan dilema siapa pelakornya , bukan dilema korban pelakornya? Karena blog ini ialah blog bahasa tentu pelakor dijelaskan dari segi bahasa. yg menjadi dilema (menurut saya) ialah pelakor diantonimkan dengan 'istri sah'.


Hal ini tampak dalam ilustrasi foto sebuah portal isu online berikut ini:

pelakor | sumber gambar: style.tribunnews.com
Dalam ilustrasi di atas , ditulis antara 'Pelakor' dan 'Istri Sah'. Makara , seakan-akan , pelakor ialah lawan kata alias antonim dari 'istri sah'. Maka , mampu disimpulkan bahwa 'pelakor' mempunyai sinonim 'selingkuhan' bahkan mampu jadi disebut 'istri tidak sah'.

Lalu , apakah benar bahwa pelakor itu Maknanya 'selingkuhan' dan 'istri tidak sah'? Menurut saya Makna pelakor yg demikian kurang tepat. Sesuai dengan Makna dalam kepanjangannya , pelakor ialah perebut laki orang , atau wanita perebut suami orang. Tapi bukan selingkuhan. Bukan pula 'istri tidak sah'.

Selingkuhan ialah orang yg ditutupi keberadaannya tapi masih menjalin hubungan. Maksudnya begini , seorang suami sudah mempunyai istri , tapi mempunyai selingkuhan. Memang sebagian cintanya direbut , tapi si suami masih menjadi suami bagi istrinya , tanpa meninggalkan si istri.

Sementara Jika disebut lawan dari istri yg sah , berMakna istri yg tidak sah , belum tentu juga. Istri sah mampu dimaknai dari dua sisi , dari hukum perkawinan negara juga dari hukum perkawinan agama. Jika sebuah kesepakatan nikah dicatatkan di kantor urusan agama , maka itu ialah istri sah. Begitu pula seorang istri kedua , ketiga , keempat , atau selingkuhan Jika dicatatkan di KUA maka itu istri sah , meskipun juga disebut pelakor.

Selanjutnya , istri hanya satu pun , Jika tidak dicatatkan di KUA , dan tidak melalui janji nikah , melainkan hanya hidup bersama dan berkeluarga , juga mampu disebut istri tidak sah. Apakah pasangan suami istri yg begini mampu disebut sebagai pelakor? Jika pelakor Maknanya ialah istri tidak sah.

Pelakor , berdasarkan ekonomis saya , ialah seorang wanita yg dengan sengaja menyayangi suami orang. Kemudian , si suami meninggalkan istri pertamanya kemudian memilih hidup dan menjadi suami orang lain.

Entahlah , yg terperinci pelakor dan selingkuhan itu sama. Sama-sama menyakitkan bagi keluarga dan istri sah yg pertama. Sekali lagi , jangan sampai ada pelakor di antara kita.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Pelakor Sinonim Dan Antonimnya | Smp Pilpay"

Post a Comment