Contoh Teks Prosedur Dengan Kalimat Saran Dan Larangan | Smp Pilpay

Sebuah teks mekanisme merupakan teks yg berisi Caranya dan langkah-langkah untuk membuat sesuatu dan  atau melakukan sesuatu. Nah , untuk menerima hasil yg maksimal dalam membuat maupun melakukan sesuatu , diperlukan teks yg Komplit. Selain harus Komplit strukturnya juga harus Komplit isinya.

Teks mekanisme harus Komplit dengan saran dan larangan biar mampu membuat dan melakukan suatu hal dengan hasil yg maksimal. Kalimat saran dalam teks mekanisme diperlukan untuk menyarankan hal-hal atau alternatif tindakan yg terbaik. Sementara kalimat larangan dalam teks mekanisme diperlukan biar tidak sampai terjadi hal-hal yg berakibat jelek selama proses melakukan maupun membuat sesuatu dalam teks prosedur.



Berikut ini yakni acuan teks mekanisme yg mengandung saran juga ada larangannya.

Contoh Teks Prosedur: Caranya Mematikan Mengubah Kartu Memori SD dengan Benar

Hal yg selalu berkaitan dengan telepon selular yakni kartu memori eksternal (micro SD). Kartu memori eksternal berfungsi untuk menyimpan data tambahan. Ada kalanya kita perlu Mengubah kartu tersebut dari telepon kita.  Beginilah langkah-langkah Mengubah kartu memori dengan benar.

1. Tutup semua aplikasi telepon seluler kita

2. Tekan tombol 'power' sampai ada keterangan telepon mati.

3. Buka casing dan baterai , jangan buka baterai dikala telepon masih menyala.

4. Buka memori eksternal seCaranya perlahan , sebaiknya buka dengan ujung kuku jangan menggunakan benda tajam.

5. Memasang kartu memori eksternal yg gres , sebaiknya pastikan bahwa kartu tersebut bersih.

6. Memasang kembali baterai dan casing telepon.

7. Hidupkan telepon dengan menekan tombol power , jangan buka aplikasi sampai pembacaan kartu benar-benar selesai.

Telepon gres mampu digunakan dikala pembacaan (scanning) kartu memori dan penyimpanan benar-benar selesai. Dengan demikian , kerja telepon selular kita mampu lebih maksimal. Jika sayang pada telepon kita , maka lakukan hal ini dengan bijaksana , selamat mencoba!

Dalam acuan teks mekanisme yg berjudul Caranya Mengubah kartu memori SD dengan benar di atas , terdapat dua kalimat saran dan dua kalimat larangan.

Kalimat saran terdapat pada kalimat (langkah) 4 dan langkah 5. Dalam langah tersebut , disarankan untuk menggunakan kuku , dan disarankan biar kartu memori yg hendak dipasang bersih.

Adapun larangan terdapat pada langkah 4 dan langkah 7. Larangan yg digunakan dalam acuan teks mekanisme di atas , mengingatkan biar dikala melakukan sebuah mekanisme tidak berakibat fatal. Misalnya pelarangan menggunakan benda tajam , tidak boleh lantaran mampu merusak komponen telepon.

Pengguna telepon selular juga tidak boleh membuka aplikasi dikala perangkat belum benar-benar siap. Hal ini tidak boleh lantaran mampu mengganggu kinerja telepon. Jika sudah terganggu mampu jadi merusak keseluruhan sistem yg ada dalam telepon tersebut.

Demikian acuan teks mekanisme yg ada kalimat saran dan kalimat larangan di dalamnya.

Subscribe to receive free email updates:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Teks Prosedur Dengan Kalimat Saran Dan Larangan | Smp Pilpay"

Post a Comment